...
apakah ibu hamil boleh puasa
5-min read

Bolehkah Ibu Hamil Berpuasa? Simak Hukumnya Berikut Ini!

apakah ibu hamil boleh puasa

Apakah Ibu hamil boleh puasa? Yuk, cari tahu dulu hukumnya menurut agama Islam di sini!

Puasa adalah salah satu hal yang wajib dilakukan oleh umat Islam setiap bulan Ramadan. Namun, terkadang ada beberapa faktor yang memperbolehkan seseorang untuk tidak melakukan puasa.

Beberapa di antaranya ialah wanita yang sedang menstruasi, hamil, atau menyusui. Hal ini juga didasari oleh beberapa alasan kesehatan yang akan memengaruhi tubuh wanita saat kondisi tertentu.

Lalu, apakah ibu hamil boleh puasa? Akankah aman untuk kondisi bayi dalam tubuh? Simak terus artikel berikut ini, ya!

Hukum Ibu Hamil Berpuasa dalam Agama Islam

Ingin tau hukum ibu hamil berpuasa dalam Islam? Temukan jawabannya di sini!

hukum ibu hamil berpuasa dalam agama Islam
Source: The Bump

Islam memberikan keringanan bagi beberapa golongan yang diperbolehkan untuk tidak melakukan puasa. Hal ini didasari oleh dalil Al-qur’an surah Al-Baqarah ayat 184 yang menyebutkan bahwa orang yang sedang sakit dan melakukan perjalanan jauh diizinkan untuk tidak berpuasa.

Dalil tersebut juga diperkuat oleh hadis riwayat Anas bin Ka’b di mana Rasulullah SAW bersabda bahwa Allah SW. tidak mewajibkan puasa bagi para musafir (orang yang melakukan perjalanan jauh), ibu yang sedang hamil, dan ibu menyusui anaknya.

Berdasarkan dalil di atas, maka ibu yang sedang hamil dan menyusui boleh untuk tidak berpuasa. Namun, tetap diwajibkan untuk membayar hutang puasa tersebut di hari lain setelah bulan Ramadan.

Namun, ada dua kondisi yang dikecualikan bagi ibu hamil, yaitu:

  • Bila yang merasa sakit dan lemah adalah ibunya, maka ibu tersebut hanya diwajibkan untuk mengganti puasa di hari lain.
  • Jika yang lemah adalah janin atau kandungannya yang apabila jika melakukan puasa dapat membahayakan janin, maka ibu boleh untuk tidak berpuasa dan mengganti puasa di luar bulan Ramadan yang ditambah dengan membayar fidyah (denda yang harus dibayar seorang muslim jika meninggalkan puasa).

Hukum Ibu Hamil Berpuasa Menurut Kesehatan

Lalu, bagaimana hukum ibu hamil yang berpuasa jika dilihat dari sudut pandang kedokteran? Apakah ibu hamil boleh puasa? Simak informasi di bawah ini, ya!

hukum Ibu hamil berpuasa menurut kesehatan
Source: IndyStar

Berdasarkan sudut pandang medis, ibu hamil yang berpuasa selama kehamilannya dikhawatirkan dapat menimbulkan masalah kesehatan yang akan memengaruhi dirinya maupun bayinya. Hal ini dikarenakan saat berpuasa, seseorang tidak akan mengonsumsi makanan dan minuman selama kurang lebih 12 jam.

Hal tersebut juga akan membuat ibu hamil yang berpuasa berisiko mengalami penurunan gula darah ke tingkat yang tidak sehat. Meskipun begitu, sebenarnya ibu hamil boleh saja menjalankan ibadah puasa.

Namun, yang perlu diingat ialah saat menjalankan ibadah puasa, kondisi ibu dan janin harus dalam keadaan optimal atau tidak ada masalah. Selama ibu dan kandungannya dinyatakan sehat oleh dokter, maka ibu hamil diperbolehkan untuk berpuasa.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika seorang ibu hamil memeriksa kondisi kesehatan diri dan juga janinnya ke dokter terlebih dahulu sebelum menjalani ibadah puasa.

Info wajib baca: Hukum Sikat Gigi saat Puasa, Bikin Batal Nggak?

Tips Berpuasa saat Hamil

Bagi kamu para ibu hamil yang diperbolehkan untuk berpuasa, kamu bisa melakukan beberapa tips di bawah ini!

tips berpuasa saat hamil
Source: Orami

1. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi

Tips puasa saat hamil yang pertama ialah dengan mengonsumsi makanan sehat dan gizi seimbang saat sahur dan berbuka puasa. Pastikan bahwa hidangan sahur dan buka puasa mengandung nutrisi dan gizi yang seimbang mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Selain itu, menyajikan makanan yang tinggi serat juga penting selama berpuasa agar tubuh terasa kenyang lebih lama dan mencegah terjadinya sembelit saat hamil. Jadi, buat kamu yang lagi berpuasa saat hamil, jangan lupa konsumsi makanan sehat dan minum air putih yang banyak saat sahur dan buka puasa, ya!

2. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Selain mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, memenuhi kebutuhan cairan tubuh juga merupakan hal yang tak kalah penting, terutama bagi ibu hamil yang berpuasa. Untuk ibu hamil, disarankan meminum air putih sebanyak 2-3 liter yang setara dengan 10 gelas per hari agar terhindar dari dehidrasi saat berpuasa.

Tidak hanya air putih, ibu hamil juga dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan segar untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Hindari juga minuman dingin yang dapat memicu naiknya asam lambung dan dianjurkan untuk mengonsumsi teh hangat atau air putih hangat untuk melepas dahaga.

Info wajib baca: Persiapan Bulan Ramadhan Apa Saja? Cek 6 Kewajiban Ini Biar Nggak Bolong Puasanya!

3. Istirahat yang cukup

Ibu hamil cenderung merasa cepat lelah karena adanya perubahan kondisi fisik pada tubuh. Untuk mengatasi rasa lelah saat menjalankan ibadah puasa, ibu hamil perlu melakukan istirahat yang cukup.

Waktu tidur yang dianjurkan bagi ibu hamil saat berpuasa ialah 7-9 jam setiap malam. Selain itu, ibu hamil yang sedang berpuasa dapat meluangkan waktunya selama kurang lebih 15-20 menit untuk tidur siang agar tubuh terasa lebih segar.

4. Batasi melakukan aktivitas yang berat

Tips selanjutnya untuk ibu hamil saat berpuasa ialah dengan membatasi diri melakukan aktivitas yang berat. Aktivitas fisik berat yang dilakukan oleh ibu hamil saat berpuasa akan membuatnya mudah merasa lelah.

Tidak hanya itu, aktivitas fisik berat juga menjadi pantangan bagi ibu hamil karena dapat memicu cedera pada perut hingga kontraksi dini. Jika tetap ingin melakukan olahraga saat berpuasa, maka disarankan untuk melakukan jenis olahraga ringan dan mudah seperti senam ibu hamil, yoga, atau jalan kaki.


Nah, sekarang kamu udah tau, kan, hukum berpuasa bagi ibu hamil menurut agama Islam dan kesehatan serta tips berpuasa saat hamil. Jika kamu merupakan seorang ibu hamil yang ingin menjalankan ibadah puasa, ketahui dan pastikan terlebih dahulu kondisi kamu dan janin kamu dalam keadaan sehat dan optimal, ya!

Kalau kamu punya tips lain untuk berpuasa saat hamil, boleh tinggalkan infonya di kolom komentar, ya! Selamat menjalani ibadah puasa dan semangat puasanya, gaes!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Solo Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare