...
Arti ramadan mubarak
5-min read

Arti ‘Ramadan Mubarak’ dan Contoh Penggunaannya, Jadi Lebih Siap Menyambut Bulan Ramadan!

Arti ramadan mubarak

Sudah tahu belum apa arti Ramadan Mubarak? Coba pahami lewat artikel ini, ya.

Jelang bulan Ramadan, arti Ramadhan Mubarak mulai banyak dicari. Ucapan Ramadan Mubarak ini biasanya diucapkan di antara sesama umat muslim untuk menyambut bulan yang suci, yaitu bulan Ramadan. Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah dan kemuliaan, serta setiap amal sholih dan ibadah akan dilipatgandakan.

Pada bulan yang mulia ini, umat Islam tidak hanya sekadar puasa dalam menahan rasa lapar dan haus, tetapi juga berlomba-lomba dalam kebaikan untuk menguatkan iman serta takwa.

Dalam suasana gembira umat muslim untuk menyambut bulan Ramadan, terdapat berbagai ucapan yang disampaikan kepada teman maupun sanak keluarga. Ucapan Ramadan Mubarak yang sering terdengar menjelang bulan puasa, ternyata mengandung doa dan harapan.

Tapi, apakah kamu sudah mengetahui apa makna ucapan menyambut Ramadan tersebut dan bagaimana penggunaannya dalam kalimat? Coba simak selengkapnya di sini, ya!

Info wajib baca: 4 Lagu Ramadhan dari Maher Zain untuk Menemani Bulan Ramadan Kamu, Sudah Pernah Dengar?

Arti Ramadan Mubarak dan Contohnya

arti ramadan mubarak
Source: Freepik

Kalau kamu sudah tahu kalimat ini sering diucapkan saat bulan Ramadan? Yuk, pahami arti dan contoh penggunaannya di sini.

1. Arti Ramadan Mubarak

Ramadan mubarak artinya Ramadan berkah atau Ramadan yang diberkahi. Ucapan ‘Ramadan Mubarak’ berasal dari bahasa Arab. Ramadan jadi bulan yang penuh berkah karena pada bulan ini, Allah SWT mewajibkan umat muslim untuk berpuasa, di mana pintu surga dibuka selebar-lebarnya sementara pintu neraka ditutup rapat-rapat.

Ramadan juga jadi bulan yang penuh kemuliaan karena pada bulan ini merupakan waktu diturunkannya Al-Qur’an sebagai kitab suci pedoman dan petunjuk hidup umat manusia. Bulan yang penuh rahmat ini jadi waktu yang tepat bagi umat muslim beribadah, bertobat, dan mohon ampunan kepada Allah SWT.

Sehingga, kalimat ‘Ramadan Mubarak’ menjadi doa atau harapan agar orang yang menjalankan puasa diberikan banyak keberkahan oleh Allah. Hal ini sesuai sabda Nabi Shallahu’ alaihi wa sallam dalam hadis riwayat Ahmad di bawah ini:

“Telah datang kepada kalian Ramadan, bulan mubarak (bulan yang diberkahi). Allah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya. Pintu-pintu surga dibuka padanya. Pintu-pintu Jahim (neraka) ditutup. Setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi.” ~HR. Ahmad, shahih

2. Contoh penggunaan Ramadan Mubarak dalam kalimat ucapan

arti ramadan mubarak
Source: The Hans India

Setelah mengetahui pengertian Ramadan Mubarak, selanjutnya kamu harus mengetahui bagaimana cara menggunakannya dalam kalimat lengkap. Begini contoh penggunaaan kalimatnya ketika diucapkan kepada sesama umat muslim untuk saling mendoakan keberkahan.

  • Ramadhan Mubarak, semoga Allah melimpahkan berkah kepadamu.
  • Semoga pada bulan yang suci ini, Allah curahkan rahmat dan hidayah kepada kita semua. Ramadan Mubarak.
  • Ramadan Mubarak untuk kita semua, semoga Allah mengampuni dosa kita dan menuntun kita untuk menjalani bulan suci dengan penuh lapang dada.
  • Ramadan Mubarak, semoga Allah menjadikan kita sebagai orang yang beriman
  • Ramadan Mubarak. Semoga Ramadan ini menjadikan kita sebagai insan yang bertakwa seterusnya.

Contoh Ucapan Ramadan yang Lainnya

Selain memberi ucapan Ramadan Mubarak, ada juga kalimat lain yang bisa kamu sampaikan menjelang bulan puasa, nih, coba cek di bawah ini.

1. Ramadan Kareem

ucapan ramadan kareem
Source: Ayo Indonesia

Tak hanya Ramadan Mubarak, ucapan yang dapat digunakan dalam menyambut bulan Ramadhan, umat muslim juga sering mengucapkan ‘Ramadan Kareem’ atau ‘Marhaban ya Ramadan’. Kalau kalimat itu, kamu sudah tahu belum artinya?

‘Ramadan Kareem’ atau Ramadhn Karim berarti Ramadan yang pemurah atau Ramadan yang murah hati. Apabila diterjemahkan dari bahasa Arab, Ramadan Kareem diartikan sebagai ‘Ramadan yang murah hati’. Jika ‘Ramadan Kareem’ disampaikan atau diucapkan kepada orang lain, maka dapat diartikan seseorang mengucapkan ‘semoga Ramadan bermurah hati kepada Anda’.

Nah, gara-gara arti tersebut, maka pengucapan Ramadan Kareem dinilai kurang tepat untuk menyambut bulan Ramadan. Arti dari ucapan tersebut seakan dipahami bahwa bulan Ramadan-lah yang memberikan kemurahan hati, dan itu bertentangan dengan syariat Islam, di mana yang memberikan dan melimpahkan kemurahan di bulan Ramadan hanyalah Allah SWT.

Selain itu, ada juga yang mengucapkan dengan kalimat ‘Marhaban Ya Ramadan’ yang diambil dari kata raheb yang memiliki arti luas atau lapang. Kalimat tersebut digunakan untuk menyambut bulan Ramadan sebagai tamu yang ditunggu-tunggu umat muslim dengan penuh rasa gembira dan berlapang dada.

Contoh ucapan Ramadan Kareem: Ramadan Kareem. Semoga Bulan Suci ini memberkahi Anda dan keluarga dengan kebersamaan dan kebahagiaan dan semua amal baik, doa Anda diterima oleh Allah SWT.

Info wajib baca: Lirik Lagu Ramadhan Tiba untuk Menyambut Bulan Ramadhan, Kamu Sudah Hafal?

2. Contoh kalimat ucapan Ramadan lainnya

  • Hati yang terluka mungkin masih membekas, semoga di bulan suci Ramadan ini dapat dimaafkan, selamat menunaikan ibadah puasa.
  • Mari siapkan jiwa raga untuk menjemput keagungan Lailatul Qadar dan kita semua menjadi pilihan-Nya untuk mendapati rahmat dan magfirah-Nya dan kembali menjadi hamba yang dikasihi. Marhaban ya Ramadan.
  • Tiada hari seindah Jumat, tiada kata seindah zikir, tiada ibadah seindah salat, tiada bulan seindah Ramadan dan tiada hari dinanti yaitu hari nan fitri. Salam Ramadan al Mubarak.
  • Bulan suci kembali tiba, Alhamdulillah. Kesempatan datang kembali dan momen yang tepat menyucikan diri dari segala dosa. Tanpa basa basi, mohon dimaafkan segala kesalahan.
  • Sebelum cahaya padam, sebelum hidup akan berakhi., Sebelum pintu taubat tertutup, dan sebelum Ramadan datang, mohon maafkan lahir dan juga bathin. Marhaban ya Ramadan.

Dan itulah penjelasan mengenai pengertian Ramadan Mubarak. Kamu sudah makin siap, kan, untuk menyambut bulan suci Ramadan?

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Medan Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare