...
budaya hidup sehat
5-min read

12 Budaya Hidup Sehat Buat Anak Kost | Sehat Fisik dan Mental!

budaya hidup sehat

Anak kost tetap harus menerapkan budaya hidup sehat, biar nggak gampang tumbang!

Ayo, ngaku, siapa di sini yang dikit-dikit tumbang, stres, atau burnout? Hmm, bisa jadi kamu nggak menerapkan pola hidup sehat, tuh! Emangnya apa, sih, pengertian pola hidup sehat? Ini adalah gaya hidup yang mempertimbangkan semua aspek kondisi kesehatan. Contoh pola hidup sehat misalnya dengan memperhatikan asupan gizi, banyak berolahraga, mengurangi stres, dan masih banyak lagi.

Masih bingung nggak, nih, apa saja yang harus dilakukan biar hidup kamu makin sehat dan berkualitas? Tenang, baca aja artikel ini sampai habis. Ada 10 budaya dan pola hidup sehat yang bisa kamu ikuti dan terapkan, lho. Bye-bye sakit-sakitan dan stres!

Budaya dan Pola Hidup Sehat untuk Jiwa dan Raga

Dari istirahat yang cukup, makan tepat waktu dan bergizi, hingga rajin berolahraga, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mulai budaya hidup sehat!

1. Istirahat yang cukup dan jangan bergadang

budaya hidup sehat
Source: CNN Indonesia

Tim yang suka ngalong dan bergadang, harus mulai kurang-kurangin, nih. Ada banyak banget dampak buruk dari bergadang, lho. Misalnya, peningkatan berat badan sampai obesitas, stres, konsentrasi menurun, bahkan tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan stroke dan serangan jantung! Ngeri banget nggak, tuh, gaes?

Makanya, usahakan tidur sebelum jam 10 malam, dan tidur cukup 7-8 jam sehari, ya!

2. Mulai budaya hidup sehat dengan rajin berolahraga

Kalau sering mageran, sebaiknya kamu mulai ubah kebiasaan itu, karena salah satu kunci budaya hidup sehat adalah dengan rajin berolahraga.

Kalau kamu belum mau olahraga yang berat-berat, kamu bisa mulai dengan rutin workout di kost, jogging keliling kompleks, atau janjian olahraga bareng bestie di akhir pekan. Misalnya berenang, main bulutangkis, atau sepedaan.

3. Makan tepat waktu

budaya hidup sehat
Source: Liputan6.com

Walau kelihatannya sepele, tapi penting banget buat makan tepat waktu, lho, gaes. Itu karena makan tepat waktu dan teratur bisa mencegah kamu mengalami diabetes, tekanan darah tinggi, maag, sampai risiko obesitas.

Kalau makannya telat dan nggak teratur jadwalnya, jam kerja biologis kamu jadi kacau untuk mencerna dan menyerap makanan, lho.

4. Mulai budaya hidup sehat dengan konsumsi makanan yang bergizi

Nggak cuma harus teratur, penting juga buat kamu mengonsumsi makanan yang bergizi. Mulai dari sayur, buah, daging, dan makanan yang mengandung serat, protein, serta vitamin penting lainnya. Yuk, bisa, yuk, dikurangi dulu jajan mi instan, seblak, sama cimolnya.

5. Hindari stres

Source: Unsplash.com

Stres ternyata juga berpengaruh nggak hanya terhadap kesehatan mental, tapi juga kesehatan fisik, lho. Kalau nggak dikelola dengan baik, stres bisa menimbulkan sakit kepala, insomnia, gangguan kecemasan, hingga depresi. Selain itu, stres juga bisa meningkatkan risiko hipertensi, tukak lambung, penyakit kardiovaskular, diare, sembelit, dan penyakit lainnya. Ngeri, kan?

Tapi gimana, ya, cara ngurangin stres? Ada beberapa hal yang bisa kamu coba, nih, misalnya dengan mengalihkan pikiran kamu kepada hal-hal yang kamu senangi, mulai kembali hobi yang sempat ditinggalkan, selalu berpikir positif, membagikan perasaan dan pikiran dengan teman atau orang yang kamu percayai, cukup istirahat, dan konsumsi makanan sehat.

Kamu juga bisa ikut kelas meditasi dan yoga untuk menenangkan pikiran, nih. Pijet-pijet lucu di salon atau tempat spa juga boleh, lho. Atau kalau mau (dan ada cuannya), liburan aja dulu sebentar buat healing!

Info wajib baca: Nongkrong Anti Bokek, Ini 7 Rahasia Cara Menghemat Uang

Budaya Hidup Sehat Lainnya yang Bisa Kamu Coba

Selain langkah-langkah di atas, masih ada yang bisa kamu coba, nih. Apa saja, ya?

6. Jangan lupa minum air putih

No more mager minum air putih, karena air putih penting banget, lho, buat kesehatan. Air putih berperan besar dalam memaksimalkan kinerja organ-organ tubuh, misalnya ginjal, serta memberikan energi kepada otot, melumasi sendi, membantu penyerapan makanan, dan lainnya.

Kurangnya cairan dan air putih bisa membuat kamu mengalami dehidrasi, penyakit batu ginjal, tekanan darah menurun, hingga infeksi saluran kencing, lho.

7. Hindari rokok dan minuman alkohol

Source: Unsplash.com

Seperti yang kita semua tahu, rokok dan minuman beralkohol nggak baik untuk tubuh kita. Maka dari itu, yuk, mulai hidup sehat dengan menghindari rokok yang berdampak buruk kepada paru-paru dan sistem pernapasan kamu. Selain itu, kurangi juga konsumsi minuman beralkohol, karena dapat meningkatkan risiko tukak lambung dan kerusakan hati.

8. Mulai budaya hidup sehat dengan menjaga kebersihan

Penting juga untuk selalu menjaga kebersihan, baik kebersihan diri maupun kebersihan kamar dan lingkungan. Mandi dua kali sehari, rajin menyikat gigi, dan cuci tangan sebelum makan bisa jadi awal yang baik.

Nah, kalau kamu nggak sempat beres-beres setiap hari, minimal seminggu sekali, deh, kamar disapu, dipel, dan diberesin juga barang-barang yang berceceran. Kalau masih mager juga, tinggal panggil jasa bersih-bersih, sebelum kamar kamu makin kayak kapal pecah. Kalau kata orang, sih, “clean your space, clear your mind” (bersihkan ruangan, lapangkan pikiran).

9. Kurangi konsumsi gula

budaya hidup sehat
Source: Pexels.com

Ngopi terus saban hari, nyemil boba, sampai ngunyah dessert-dessert lucu memang susah dihentikan, ya? Tapi demi masa depan yang lebih sehat dan biar nggak perlu ribet rutin cuci darah karena diabetes dan ginjal, mending kurang-kurangi konsumsi gulanya dari sekarang.

Kamu bisa cari alternatif yang lebih sehat, lho, misalnya ngemil buah, pesan jus, atau salad buah dan sayur yang nggak kalah enaknya! Sekarang juga sudah banyak camilan manis yang rendah gula (low sugar) dan rendah kalori (low calory) yang bisa jadi opsi buat kamu.

10. Konsumsi suplemen bila perlu

Kalau pola hidup sehat di atas masih dirasa kurang buat memaksimalkan kebugaran kamu, bisa dicoba untuk konsumsi suplemen bila perlu. Namun, jangan terlalu ketergantungan dengan suplemen, ya. Konsumsi secukupnya dan saat dibutuhkan saja!

11. Pengaturan waktu dan prioritaskan kesehatan

budaya hidup sehat
Source: Unsplash.com

Manajemen waktu adalah keterampilan penting yang harus dimiliki anak kos. Tentukan prioritas kamu, termasuk waktu untuk belajar, bekerja, bersosialisasi, dan tentu saja, waktu untuk kesehatan.

Hindari menumpuk pekerjaan hingga larut malam dan jadwalkan waktu untuk kegiatan sehat seperti berolahraga dan memasak makanan bergizi.

12. Pentingnya konsistensi

Menerapkan gaya hidup sehat bukanlah tentang melakukan perubahan besar dalam semalam. Konsistensi adalah kuncinya!

Mulailah dengan membuat perubahan kecil dalam kebiasaan harian kamu dan tingkatkan secara bertahap. Dengan bertahan pada komitmen kamu, gaya hidup sehat akan menjadi bagian alami dari rutinitas kamu.

Di-update oleh Velin


Itu dia budaya hidup sehat buat anak kost yang bisa kamu coba. Gampang-gampang banget, kan? Sekarang nggak ada alasan lagi buat malas hidup sehat, deh!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Medan Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare