...
cara bayar bpjs lewat atm bri
5-min read

Mau Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM BRI? Simak Caranya di Sini, Dijamin Anti Gagal!

cara bayar bpjs lewat atm bri

Yuk, pahami cara bayar BPJS Kesehatan lewat ATM BRI.

Membayar iuran BPJS Kesehatan mandiri merupakan suatu kewajiban yang harus ditunaikan bagi setiap pesertanya agar status kepesertaan tetap aktif. Bagi kamu yang ingin membayar iuran BPJS Kesehatan pasti bertanya-tanya bagaimana cara bayarnya. Tenang, di sini kamu akan menemukan hal tersebut terutama bagi yang ingin membayar iuran lewat ATM BRI.

Sebagai informasi, nih, batas waktu pembayaran iuran BPJS Kesehatan setiap bulannya yaitu tanggal 10. Iuran BPJS Kesehatan merupakan sejumlah dana yang harus dibayarkan sesuai dengan kelas yang diikuti oleh peserta BPJS Kesehatan.

Apabila mengacu pada besaran iuran BPJS Kesehatan tahun 2022, nominal iuran yang wajib dibayar oleh peserta BPJS Kesehatan mandiri yaitu, kelas I sebesar Rp150.000, kelas II sebesar Rp100.000, dan kelas III sebesar Rp35.000.

Info wajib baca: Begini Cara Isi Gopay Bebas Ribet, Bisa Lewat M-Banking hingga Pulsa

Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan Lewat ATM BRI dan BRI Mobile Anti Gagal

Source: CNBC Indonesia

Cara bayar iuran BPJS Kesehatan lewat ATM BRI cukup mudah dan cepat, lho. Apabila kamu ingin mengetahui caranya, simak cara lengkapnya di bawah ini ya.

1. Tata cara bayar iuran BPJS Kesehatan lewat ATM BRI

  • Masukkan kartu debit ke mesin ATM BRI.
  • Selanjutnya, pilih menu “Transaksi Tunai”.
  • Pilih “Pembayaran”.
  • Pilih “Lainnya”.
  • Pilih “BPJS”.
  • Pilih “BPJS Kesehatan”.
  • Kemudian, kamu masukkan nomor virtual account (ketik kode 88888 dan 11 angka nomor BPJS Kesehatan).
  • Lalu akan muncul informasi rincian mengenai nama dan cek kesesuaian data peserta.
  • Setelah itu, masukkan jumlah nominal yang sesuai dengan kelas pelayanan kesehatan yang kamu pilih.
  • Selesaikan transaksi sesuai perintah yang tertera di layar monitor.
  • Proses pembayaran iuran BPJS Kesehatan kamu telah selesai.

2. Tata cara bayar iuran BPJS Kesehatan lewat aplikasi BRImo

Source: Money Kompas.com
  • Buka aplikasi BRImo di smartphone kamu.
  • Login menggunakan username dan password.
  • Pada halaman utama aplikasi BRImo, klik menu “Lainnya”.
  • Pilih “BPJS”.
  • Klik “Pembayaran Baru”.
  • Pilih jenis BPJS, “BPJS Kesehatan” atau “BPJS Denda”.
  • Masukkan nomor pembayaran BPJS.
  • Kode pembayaran BPJS Kesehatan adalah: 88888 + 11 digit nomor kartu BPJS Kesehatan. Untuk keterlambatan pembayaran, kode pembayaran BPJS Kesehatan adalah 88881 + 11 digit nomor kartu BPJS Kesehatan.
  • Pilih “Lanjut” dan masukkan PIN BRImo. Proses pembayaran BPJS Kesehatan kamu telah selesai.

Jenis-jenis Tarif Iuran BPJS Kesehatan yang Berlaku Mulai Februari 2023

Kalau tadi kamu sudah tahu cara bayar iuran BPJS kesehatan menggunakan ATM BRI dan aplikasi BRImo. Ada informasi juga, nih, terkait jenis-jenis tarif iuran BPJS Kesehatan yang mulai berlaku pada Februari 2023 ini. Kamu penasaran? Simak selengkapnya di bawah ini ya.

1. Iuran bagi peserta penerima bantuan iuran (PBI)

Bagi kamu yang merupakan peserta PBI, iuran BPJS Kesehatan yang dikenakan yaitu sebesar Rp42.000 per orang per bulan. Dan iuran tersebut tentunya akan dibayarkan pemerintah.

2. Iuran bagi peserta pekerja penerima upah (PPU)

Yang kedua ada PPU, iuran BPJS Kesehatan ini bagi peserta yang sedang bekerja di lembaga pemerintahan, di antaranya yaitu pegawai negeri sipil (PNS), anggota TNI, Polri, pejabat negara, dan juga pegawai pemerintah non-pegawai negeri akan dipotong sebesar 5% (lima persen) dari gaji per bulan, dengan rincian 4% (empat persen) dibayar pemberi kerja dan 1% (satu persen) dibayar peserta.

3. Iuran bagi Peserta pekerja penerima upah (PPU)

Masih sama seperti sebelumnya yaitu PPU, tetapi yang ini bagi peserta PPU yang merupakan pegawai atau karyawan di BUMN, BUMD, dan Swasta. Bagi kamu yang bekerja di sektor tersebut akan dikenai sebesar 5% (lima persen) dari gaji atau upah per bulan, dengan rincian 4% (empat persen) dibayar oleh pemberi kerja dan 1% (satu persen) dibayar oleh peserta.

4. Iuran bagi peserta keluarga tambahan PPU

Kalau yang ini kamu sudah tahu belum, nih? Iuran BPJS Kesehatan jenis ini adalah untuk keluarga tambahan PPU yang terdiri atas anak ke-4 dan seterusnya, ayah, ibu, dan mertua, besaran iuran sebesar 1% (satu persen) dari gaji atau upah per orang per bulan, dan tentunya dibayar oleh pekerja penerima upah, ya.

5. Iuran bagi peserta kelompok masyarakat bukan pekerja (BP)

Yang kelima ada iuran BPJS Kesehatan BP, iuran ini yaitu bagi peserta kelompok peserta sektor informal yang tidak memiliki penghasilan tetap, dan terbagi atas dua kelompok yaitu sebagai peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP).

Untuk jenis kepesertaan ini, peserta dapat memilih kelas atau besaran iuran BPJS sesuai yang diinginkan.

  • Kelas 1 sebesar Rp150.000 per orang per bulan
  • Kelas 2 sebesar Rp100.000 per orang per bulan
  • Kelas 3 sebesar Rp35.000 per orang per bulan

Sebenarnya untuk iuran peserta kelas 3 yaitu sebesar Rp35.000, tetapi pemerintah memberikan subsidi iuran sebesar Rp7.000.

6. Veteran dan perintis kemerdekaan

Yang terakhir ada iuran jaminan kesehatan bagi veteran, perintis kemerdekaan, janda, duda, atau anak yatim piatu dari veteran atau perintis kemerdekaan. Iuran jenis ini ditetapkan sebesar 5% (lima persen) dari 45% (empat puluh lima persen) gaji pokok PNS golongan III/A dengan masa kerja 14 tahun per bulan, dan akan dibayar oleh pemerintah.

Untuk tambahan informasi, nih, gaes, sejauh ini belum ada tarif denda atas keterlambatan pembayaran iuran BPJS Kesehatan, namun tunggakan iuran akan membuat status kepesertaan kamu dinonaktifkan secara sementara, lho.

Denda akan dikenakan apabila dalam waktu 45 hari sejak status kepesertaan diaktifkan kembali, peserta tersebut memperolah pelayanan kesehatan rawat inap.


Itu dia cara bayar BPJS lewat ATM BRI dan aplikasi BRImo. Kamu juga sudah dapat bocoran soal besar iuran yang harus dibayarkan setiap bulannya. Apakah kamu sudah pernah mencoba bayar iuran BPJS Kesehatan via ATM? Berbagi cerita pengalamanmu di kolom komentar di bawah, yuk!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Medan Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare