...
cara membuat es doger
5-min read

Cara Membuat Es Doger yang Dijamin Bikin Seger!

cara membuat es doger

Panas-panas enaknya minum yang seger-seger, kan? Begini cara membuat es doger paling mudah.

Meneguk minuman yang menyegarkan sehabis berpanas-panasan atau saat cuaca terik memang jadi sebuah kenikmatan tersendiri. Siapa, sih, yang nggak suka makan atau minuman yang seger-seger? Varian minuman seperti es yang memiliki rasa dan topping seperti es doger pasti jadi pilihanmu buat menghalau cuaca dan suhu panas di dalam tubuh.

Nggak cuma buat santapan saat cuaca panas terik, kamu juga bisa jadikan es doger sebagai menu untuk berbuka puasa. Pasti seger banget, dong, sehabis haus, lapar, dan tenggorokan kering selama puasa, disegarkan lagi sama es doger. Enak!

Pengenalan tentang Es Doger

cara membuat es doger
Source: Tribun-medan.com

Kamu yang mager beli es doger ke luar rumah karena cuaca panas yang rasanya menusuk atau mau coba-coba bikin minuman es yang menyegarkan satu ini, berikut ada resep membuat es doger yang dijamin bikin kamu jadi seger lagi!

Sebelum masuk ke cara membuat es doger, nih, kita kenalan dulu sama makanan penutup atau dessert yang manis ini! Es doger adalah salah satu jenis es yang berasal dari Indonesia. Jenis minuman es ini memiliki rasa yang unik dan sangat segar.

Es doger biasanya terbuat dari susu cair, sirup, parutan kelapa, ditambah dengan tape, ketan hitam, dan sagu mutiara. Biasanya, orang-orang juga suka menambahkan beberapa buah-buahan untuk memberikan rasa yang lebih segar dan enak lagi. Es asli Indonesia ini menggabungkan rasa manis dan gurih dalam satu mangkuk dingin.

Asal usul nama es doger sendiri mengacu kepada jajanan yang biasa disuguhkan pada Pertunjukan Doger. Doger adalah sebutan untuk penari perempuan Ronggeng di wilayah Dermasuci, Dermayon/Indramayu, Subang, Cirebon. Jadi secara nggak langsung, makanan yang satu ini daerah asalnya adalah Cirebon.

Walaupun makanan yang satu ini berasal dari Cirebon, tapi kamu pasti sudah sering melihat banyak sekali penjual es doger di pinggir-pinggir jalan maupun di gerai makanan. Selain beli, kamu juga bisa coba bikin sendiri di rumah, lho!

Info wajib baca: 6 Cara Bikin Es Buah yang Segar dan Enak!

Bahan yang Diperlukan untuk Membuat Es Doger

Minuman yang satu ini sudah jadi kesukaan banyak orang di Indonesia, selain rasanya yang unik, es doger juga nggak kalah menyegarkan dari minuman-minuman kekinian seperti minuman boba atau smoothies. Apalagi kalau jadi salah satu pilihan santapan berbuka, mantap banget!

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat es doger cukup mudah ditemukan. Kamu cuma perlu menyiapkan segelas air putih, gula pasir, dan beberapa bungkus susu kental manis. Kalau kurang suka susu kental manis, kamu bisa ganti dengan menambahkan sedikit madu atau sirop ke dalamnya.

Selain itu, topping-nya juga bisa berupa ketan, atau buah-buahan, pastinya bisa bikin es doger buatanmu lebih enak! Yang udah nggak sabar, yuk, simak resep membuat es doger yang mudah dan sederhana berikut ini.

Cara Membuat Es Doger yang Mudah

Kamu bisa membuat sendiri minuman es doger yang menyegarkan dengan mudah, namun tetap terasa enak. Simak bahan yang diperlukan untuk membuat es doger sendiri di rumah dengan mudah berikut ini.

Bahan

  • 150 ml sirup cocopandan
  • 250 ml air
  • 2 cup santan (ukuran 65 ml)
  • Sejumput garam
  • 1 butir kelapa muda
  • 100 gr sagu mutiara
  • 600 ml air untuk rebus mutiara
  • 2 cup kecil tape ketan
  • 4 iris manisan mangga

Cara membuat:

  1. Campurkan sirop cocopandan, air, santan, dan garam. Rebus sambil diaduk hingga mendidih.
  2. Dinginkan lalu masukkan dalam wadah dan simpan dalam freezer selama minimal 6 jam.
  3. Didihkan air, masukkan sagu mutiara. Masak selama 5 menit lalu diamkan 30 menit. Didihkan lagi selama 3 menit.
  4. Kerok kelapa muda dan potong potong manisan mangga (bisa diganti tape singkong).
  5. Keluarkan es dari kulkas, lalu kerok dengan scoop es krim dan masukkan ke gelas saji.
  6. Tambahkan sagu mutiara, kelapa muda, tape ketan, dan potongan mangga di atas es kerok tadi.
  7. Bisa ditambahkan es batu supaya manisnya pas. Sajikan.

Info wajib baca: Cari Menu Buka Puasa? Simak Cara Membuat Cendol dan Resep Praktisnya di Sini!

Tips dan Trik Membuat Es Doger yang Enak

meses
Source: Sprinklesbakeandparty.co.za

Setelah mengetahui cara membuat es doger yang mudah dilakukan sendiri di rumah, kamu bisa mengikuti beberapa tips dan trik berikut ini biar es doger buatanmu makin enak:

  1. Pilihlah susu cair yang segar dan pastikan kalau susu yang kamu gunakan tidak basi. Susu cair atau susu kental manis yang basi akan memberikan rasa yang tidak enak pada es doger buatanmu.
  2. Gunakan gula pasir pada susu cair. Gula pasir akan lebih mudah larut dibandingkan gula batu atau gula jawa. Gula pasir juga akan memberikan rasa yang lebih manis pada es doger buatanmu.
  3. Kamu bisa menambahkan es krim kesukaanmu, dan pastikan es krim yang digunakan harus benar-benar dingin agar saat disajikan es doger tidak meleleh terlalu cepat.
  4. Kamu bisa menambahkan topping yang bervariasi selain tape, misalnya buah-buahan kesukaan, irisan roti, atau meses.


Gimana, cara membuat es doger tadi cukup mudah, kan? Kamu sendiri masih bisa berkreasi dengan menambahkan es krim, atau topping lainnya sesuai dengan selera kamu. Nggak perlu repot-repot cari atau nunggu tukang es doger lewat, deh, kalau kamu ngikutin resep ini sudah bisa bikin es doger sendiri dengan mudah!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare