...
cara menghilangkan komedo hitam
5-min read

Dijamin Ampuh, Cek 10 Cara Mudah Menghilangkan Komedo Hitam Ini | Muka Glowing Maksimal!

cara menghilangkan komedo hitam

Cara menghilangkan komedo hitam berikut ini bikin muka kamu selalu cerah!

Kamu tahu nggak, sih? Komedo itu bisa dikategorikan sebagai masalah kulit yang kalau dibiarkan bisa susah kalau ingin dihilangkan, apalagi komedo hitam. Berbeda dari komedo putih, komedo hitam biasanya terjadi ketika pori-pori kulit kamu terbuka dan tersumbat oleh sebum. 

Kalau hal itu terjadi, maka akan terjadi oksidasi pada sel kulit mati dan minyak yang menumpuk sehingga warnanya berubah menjadi hitam. Ih, nggak banget kan?

Selain itu, kalau nggak diatasi dengan cepat dan tepat, maka komedo hitam juga akan menetap lebih lama di kulit. Pokoknya, masalah yang ditimbulkan dari komedo hitam ini bisa lebih parah dari komedo putih, deh.

Terus, gimana caranya biar muka terbebas dari serangan komedo hitam? Biar kamu nggak penasaran dan bertanya-tanya, baca aja terus artikel ini sampai habis, bor!

Info wajib baca: 8 Tips Mengecilkan Perut Buncit dengan Cara Alami | Auto Langsing!

Bahan Alami untuk Cara Mudah Menghilangkan Komedo

masker putih telur
Source: Keepo.me

Kamu mau kulit wajah bersih, tapi lebih memilih buat pake bahan-bahan alami yang ada di rumah? Bisa banget! Berikut ini ada beberapa cara menghilangkan komedo hitam di kulit secara alami dengan bahan-bahan yang pastinya gampang kamu temuin di rumah atau minimarket!

1. Cara menghilangkan komedo hitam: Bubuk kopi

Udah bukan rahasia umum lagi kalo kopi bisa jadi salah satu bahan yang bermanfaat buat kulit wajah kita, salah satunya adalah untuk menghilangkan komedo! Selain bisa dijadikan masker kopi, begini cara pake bubuk kopi untuk ngilangin komedo kamu:

  • Campurkan setengah cangkir minyak kelapa dengan setengah cangkir bubuk kopi.
  • Aduk rata dan segera aplikasikan ke wajah kamu.
  • Pijat wajah secara perlahan dengan gerakan memutar di sekitar area wajah yang terdapat komedo.
  • Biarkan selama lima menit.
  • Bilas dengan air dingin.

2. Lemon dan madu

Bahan-bahan ini dipercaya ampuh buat mengatasi jerawat serta komedo, lho, gaes! Mungkin beberapa dari kamu juga udah pernah nyobain dengan cara langsung ngolesin campuran air dan perasan lemon?

Nah, berikut adalah cara pakai lemon yang dicampurkan dengan madu sehingga berguna untuk menjaga kesehatan kulitmu. Coba, deh!

  • Campurkan perasan lemon dengan satu sendok makan madu dan satu sendok teh gula.
  • Oleskan ramuan tersebut secara merata di tempat-tempat yang terdapat komedo.
  • Setelah itu, pijat dengan gerakan memutar. Lakukan pemijatan selama satu hingga dua menit.
  • Bilas menggunakan air bersih.

3. Cara menghilangkan komedo hitam: Oatmeal

Oatmeal yang buat kita makan itu, min? Iya! Kamu juga ternyata bisa pake oatmeal buat mengatasi masalah komedo. Pasalnya, tekstur yang agak kasar menjadikannya sebagai bahan scrub sempurna untuk mengangkat sel kulit mati dan komedo.

Kamu bisa campurkan oatmeal dengan yoghurt, lalu dijadikan masker. Oleskan masker ini ke wajah atau ke bagian yang mau kamu bersihkan komedonya, diamkan kurang lebih 10 menit, lalu dibilas, deh.

4. Putih telur

Bahan yang satu ini juga bisa kamu temuin di rumah! Kandungan protein yang ada di putih telur nggak cuma ampuh untuk menghilangkan komedo, tapi juga bisa membuat wajah tampak lebih cerah dengan catatan kamu rutin mengulangi pemakaiannya sebanyak dua kali seminggu. Cara pakainya pun gampang, kok, yaitu:

  • Letakkan putih telur dalam sebuah mangkuk.
  • Tambahkan beberapa tetes perasan lemon.
  • Aduk hingga keduanya benar-benar menyatu.
  • Oleskan campuran ini ke seluruh wajah atau sekitar area yang terdapat komedo.
  • Diamkan selama lima menit atau hingga campuran ini mengering.
  • Setelah mengering, pijat wajah untuk merontokkan olesan.

6 Cara Ampuh Menghilangkan Komedo Hitam di Kulit

Biar masalah kulit muka kamu nggak berlarut-larut, yuk, cari tahu juga cara menghilangkan komedo hitam di bawah ini. Dijamin muka kamu akan glowing maksimal, deh.

1. Rutin ngelakuin deep cleansing

cara menghilangkan komedo hitam
Source: Stylo.ID -Grid.ID

Salah satu cara menghilangkan komedo hitam adalah dengan rutin melakukan deep cleansing atau eksfoliasi pada kulit. Bukan cuma mengangkat sel kulit mati, saat kamu rutin lakuin deep cleansing maka ampuh juga buat ngangkat komedo hitam yang menyumbat pori-pori wajahmu secara lembut. 

Namun, untuk menghindari masalah kulit lain, seperti jerawat, kulit kering, hingga mengelupas, kamu juga perlu menggunakan produk sesuai kebutuhan kulit. Kamu dapat memilih jenis sabun cuci muka yang mengandung asam salisilat karena cocok untuk menghilangkan komedo dengan mengangkat kotoran, minyak berlebih, hingga sel kulit mati yang menyumbat pori.

2. Cara menghilangkan komedo hitam: Jangan lupa pakai pelembap pada wajah

pelembap wajah
Source: Alodokter

Memiliki kulit wajah yang terhidrasi dengan baik banyak manfaatnya, lho. Selain muka kamu jadi terlihat lebih sehat dan segar, menjaga kelembapan wajah juga bisa mencegah komedo hitam tumbuh lebih banyak pada kulit. 

Apalagi, kondisi kulit yang memiliki sedikit minyak alami dapat memperparah kondisi kulit, salah satunya dengan memicu lebih banyak komedo hitam pada kulit. Agar manfaat tersebut dapat dirasakan secara maksimal, kamu juga bisa memilih jenis pelembap wajah yang sesuai dengan tipe kulit dan isi dompet.

3. Pilih sunscreen yang tidak memiliki kandungan minyak di dalamnya

cara menghilangkan komedo hitam
Source: Orami

Melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB itu penting banget, gaes! Namun, sebelum itu kamu juga harus perhatikan kandungan dari sunscreen yang dipakai, ya. Soalnya sunscreen untuk jenis kulit sensitif tentu berbeda dari tabir surya untuk kulit normal.

Kalau sunscreen yang ada kandungan minyak di dalamnya, mending nggak usah dipakai, deh. Soalnya, sunscreen tersebut malah dapat menyumbat pori-pori pada kulit yang mana dapat merangsang kulit memproduksi minyak berlebih. Muka apa gorengan, tuh, banyak minyaknya?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, sebum yang berlebih pada kulit juga menjadi salah satu faktor utama munculnya komedo hitam pada wajah. Nah, biar hal itu nggak kejadian di muka kamu, hindari, deh, sunscreen yang ada kandungan minyaknya!

4. Cara menghilangkan komedo hitam: Gunakan masker clay dan charcoal

cara menghilangkan komedo hitam
Source: POPMAMA.com

Masker tanah liat atau clay mask juga bisa membantu mengangkat minyak berlebih penyebab komedo hitam. Untuk menghilangkan komedo hitam, gunakan masker clay seminggu sekali.

Selain masker clay, cara menghilangkan komedo hitam juga bisa kamu lakukan dengan memakai masker charcoal sekali atau dua kali seminggu. Masker charcoal atau arang ini juga dipercaya mampu untuk membantu mengeluarkan minyak dan kotoran yang terjebak di bagian dalam pori-pori kulit kamu.

Info wajib baca: 7 Tips Menabung Harian Biar Nggak Boncos saat Tengah Bulan | Disiplin adalah Kunci!

5. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C

cara menghilangkan komedo hitam
Source: Liputan6.com

Menghilangkan komedo hitam bukan hanya dari luar saja, namun juga perlu usaha dari dalam. Gimana, tuh, caranya? 

Gampang, kok, kamu bisa mengonsumsi makanan yang penuh nutrisi dan kaya akan vitamin C seperti lemon, jeruk, stroberi, brokoli, bayam, dan sayur kale. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam makanan tersebut, dipercaya memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat menangkal radikal bebas dan menghambat pertumbuhan bakteri yang memicu munculnya lebih banyak komedo hitam pada kulit.

Kalau kamu nggak suka makan sayur atau buah, buruan ubah, deh, kebiasaan kamu. Pengen, kan, punya muka yang glowing setiap saat?

6. Lakukan perawatan medis di dermatologis

perawatan medis di dermatologis
Source: Hello Sehat

Terkadang, komedo hitam pada kulit kamu bisa saja memiliki akar yang terlalu dalam, sehingga sangat sulit untuk dihilangkan. Nah, kalau sudah begini, mau nggak mau kamu harus mendapatkan perawatan medis oleh dokter kulit atau dermatologis. 

Nantinya, komedo hitam yang tumbuh di kulit tersebut akan diangkat menggunakan alat khusus, sehingga kotoran yang terperangkap di dalam pori-pori dapat terangkat dengan optimal. Kamu juga harus menghindari mengangkat komedo hitam dengan akar yang mendalam tersebut secara paksa karena malah dapat menimbulkan luka membekas di kulit.

Kalau punya rezeki lebih, nih, boleh banget mempertimbangkan untuk melakukan perawatan menyeluruh ini biar kulit wajahmu benaran bersih, sih, sih!

Updated by Gusti Sania


Nah, itulah cara mudah yang dapat menghilangkan komedo hitam membandel di kulit. Ada juga bahan alami yang bisa kamu gunakan secara rutin agar wajahmu terlihat glowing setiap saat. Gampang banget, kan? Kalau kamu punya informasi atau tambahan cara lainnya, jangan ragu buat tulis di kolom komentar, ya!

Jangan lupa follow akun media sosial Infokost, ya, biar nggak ketinggalan info dan tips paling gres! Ada Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid yang punya banyak konten seru. Yuk, buruan follow!

Cek Info Kost Favorit di Kotamu:

Kost Jakarta Timur Murah

Kost Jakarta Utara Murah

Info Kost Malang Murah

Info Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare