...
cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg
5-min read

Cara Menurunkan Berat Badan 60 Kg Menjadi 45 Kg, Simak Caranya di Sini!

cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg

Yuk catat dan praktikkan cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg berikut ini!

Menurunkan berat badan bukan perkara mudah, apalagi jika kamu nggak konsisten melakukannya. Tapi, cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg ini bisa menjadi panduan bagi kamu yang ingin memiliki tubuh ideal.

Ya, ternyata ada cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg yang dinilai mudah untuk dikerjakan dan bisa menjadi kebiasaan sehari-hari. Kuncinya memang ada di niat. Ditambah rutinitas diet yang menyenangkan kerap menjadi hal lain yang memengaruhi konsistensi menurunkan berat badan.

Info wajib baca: Cara Memutihkan Badan Secara Alami dan Cepat dalam 1 Minggu, Bisakah?

Cara Menurunkan Berat Badan 60 Kg Menjadi 45 Kg dengan Praktis dan Cepat

cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg
Source: Sindonews

1. Menentukan pengurangan kalori harian

Cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg yang selanjutnya adalah menentukan jumlah pengurangan kalori harian di mana lemak sejumlah 1 kg mampu memberikan energi sekitar 7.700 kalori. Hal ini berarti, apabila berat yang ingin kamu turunkan dalam satu minggu adalah 1kg, maka kamu perlu mengurangi asupan sebesar 7.700 kalori setiap minggunya.

Hal ini dapat kamu lakukan dengan mengurangi asupan kalori yang kamu konsumsi atau membakarnya dengan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga.

2. Menentukan jumlah asupan kalori harian

Kebutuhan kalori tubuh manusia idelanya sekitar 2.700-2.750 kalori untuk pria dan 2.200-2.250 kalori untuk wanita. Sehingga apabila kamu ingin mengurangi 1 kg dalam satu minggu, maka dianjurkan untuk mengkonsumsi kurang lebih 1.500 kalori/hari untuk pria dan 1.200 kalori/hari untuk wanita.

3. Cara menurunkan berat badan 60 Kg menjadi 45 Kg: Membuat jadwal menu (Meal Plan)

Membuat rencana menu (meal plan) salah satu cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg yang perlu kamu lakukan. meal plan ini dapat mempermudah kamu dalam melaksanakan diet yang lebih teratur dan sistematis. Dengan adanya meal plan, kamu dapat mengatur asupan harian saat kamu diet. Selain itu, kamu juga dapat menyusun menu sendiri sesuai selera dan aktivitas yang sering kamu lakukan.

4. Olahraga dan latihan ketahanan

Menjadi lebih aktif seiring dengan perubahan pola makan akan memberimu peluang bagus dalam hal penurunan berat badan dan mempertahankannya. Jadi, olahraga adalah pilihan terbaik.

Kamu bisa latihan ketahanan, yakni jenis latihan yang menggunakan ketahanan untuk otot dan membangun kekuatan dan daya tahan.

Latihan ketahanan sangat bermanfaat untuk meningkatkan massa tubuh dan meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh saat istirahat, sehingga penurunan berat badan lebih mudah dalam jangka panjang.

Faktanya, dikutip dari VinMec International Hospital, satu ulasan menemukan bahwa 10 minggu latihan ketahanan dapat meningkatkan massa tubuh tanpa lemak sebesar 1,4 kg, mengurangi massa lemak sebesar 1,8 kg, dan meningkatkan metabolisme sebesar 7%.

5. Pola makan untuk diet

Dalam membuat meal plan untuk menerapkan cara menurunkan berat badan yang satu ini, ada beberapa ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. hal ini akan membantu proses penurunan berat badan kamu agar berjalan lancar dan tidak menyiksa.

Nah, kamu dapat menghilangkan semua menu cemilan seperti kue, cookies, gorengan, dan semacamnya karena dinilai memiliki kalori yang tinggi. Konsumsi sumber energi utama seperti protein dan lemak. Pilih protein yang rendah lemak seperti ikan, daging tanpa lemak, hingga ayam tanpa kulit.

Pastikan untuk menghindari lemak jenuh seperti gorengan yang akan membuat kolesterol meningkat. Usahakan untuk mengkonsumsi karbohidrat, jika ingin mengkonsumsi kacang-kacangan, gunakan kacang yang masih berbentuk utuh (masih memiliki kulit ari).

Karena dinilai mengandung serat serta nutrisi yang bermanfaat yang dapat mencegah kamu mengkonsumsi terlalu banyak kalori. Utamakan konsumsi protein, buah, dan sayuran sebagai menu utama. Hal ini akan sangat membantu karena kamu akan merasakan kenyang untuk waktu yang lebih lama.

Konsumsi air putih yang cukup setiap hari pun juga merupakan cara menurunkan berat badan ini. Hal ini dikarenakan air putih akan memperlancar proses metabolisme tubuh kamu sekaligus membersihkan tubuh kamu dari sisa-sisa metabolisme yang disebabkan dari menu yang memiliki protein yang tinggi.

Cara Menurunkan Berat Badan 60 Kg Menjadi 45 Kg: Menu Diet yang Bisa Kamu Coba dalam Seminggu

cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg
Source: Shopee

1. Hari pertama

Pada hari pertama, tujuan dari diet kamu adalah melakukan perubahan pola makan secara bertahap. Dalam memulainya, cobalah konsumsi buah-buahan untuk memenuhi asupan gizi harian kamu.

Kenapa kok, gitu? Hal ini dikarenakan buah-buahan dan sayuran kaya akan serat yang jauh lebih bersahabat bagi sistem pencernaan kamu. Sebagai alternatif, kamu bisa mengonsumsi kentang sebagai pengganti nasi di pagi hari.

Selain itu, di hari pertama ini kamu hanya dibolehkan makan buah-buahan apa saja kecuali pisang. Disarankan banget, nih, untuk mengonsumsi lebih banyak buah melon dan semangka yang kandungan airnya tinggi.

2. Hari kedua

Lanjut pada hari kedua, kamu bisa memasukkan sayur-sayuran dalam daftar menu diet sehat. Sayur apa saja baik, segar maupun dimasak sebentar. Bisa banget dimasak tumis, sup, ataupun rebus, dan kukus, lho. Dibuat pecel atau karedok juga boleh asalkan bumbu kacangnya sedikit saja, ya. Nggak ada batasan untuk jumlah ataupun jenis sayuran, makanlah hingga kenyang.

Info wajib baca: Cara Menghitung Kalori Makanan yang Tepat, Biar Tetap Sehat!

3. Cara menurunkan berat badan 60 Kg menjadi 45 Kg: Hari ketiga

Memasuki hari ketiga, kamu bisa mengkombinasikan menu sayuran dan buah-buahan. Nggak ada batasan untuk jumlahnya, yang penting kamu jangan sampai lapar. Eits, tetapi tetap kamu nggak boleh mengonsumsi buah pisang.

Selain itu, kombinasi menu sayuran dan buah-buahan tersebut tentunya untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit. Hindari sayur yang dimasak dengan minyak, serta kurangi garam dan gula pada sayur. Jangan lupa, pastikan untuk mengonsumsi sayur dengan cara dikukus, ya!

4. Hari keempat

Di hari keempat ini, saatnya kamu harus mengonsumsi pisang sebanyak 8 buah ditambah 3 gelas susu dalam sehari. Makanan lain tidak diperbolehkan. Jika kamu alergi terhadap susu sapi (lactose intolerance), gantilah dengan susu kedelai. Lalu, kalau kamu tidak suka makan pisang, bisa diganti dengan jambu biji masak, kiwi, atau melon.

Alternatif lainnya, kamu juga bisa mengonsumsi yogurt atau milkshake. Pastikan kamu tidak mengonsumsi makanan tersebut secara berlebihan, ya!

5. Menu diet seminggu turun 10 kg, Hari kelima

Pada hari kelima, kamu akan merasakan berat badan mulai turun secara bertahap. Nah, oleh karena itu, ksmu diperbolehkan untuk mengonsumsi 5 sendok nasi di pagi hari. Lebih baik lagi jika kamu hanya mengonsumsi kentang dan telur rebus. Untuk makanan lainnya, kamu bisa menambahkan lalapan dan tomat. 

Selanjutnya, kamu juga bisa memilih menu hari kelima ini adalah 500 g daging sapi dan 6 buah tomat untuk konsumsi tiga kali makan utama. Daging burger atau daging cincang dibolehkan.

Daging sapi bisa diganti dengan daging ayam tanpa kulit atau tempe bagi yang vegetarian. Bila tidak suka tomat, kamu bisa menggantinya dengan belimbing manis.


Nah, itulah penjelasan mengenai cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg. Apabila kamu ingin menurunkan berat badan dari 60 kg menjadi 45 kg, cara-cara di atas bisa banget, nih, kamu terapkan. Tetap semangat dan semoga berhasil, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Yogyakarta Murah

Kost Semarang Murah

Info Kost Malang Murah

Kost Bandung Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare