...
cara pinjam uang di dana
5-min read

Kamu BU? Intip Cara Pinjam Uang di Dana yang ‘Sat Set Sat Set’ di Sini

cara pinjam uang di dana

Simak tiga cara pinjam uang di Dana ini buat kamu yang sedang kepepet.

Kamu sadar nggak kalau sekarang harga kebutuhan semakin lama terus semakin menanjak? Berhubung kebutuhan hidup juga semakin bertambah, ya, uang pun menjadi salah satu hal yang harus dimiliki demi bertahan hidup.

Di sisi lain, nih, ada (banyak) orang yang tetap berlaku konsumtif meski penghasilannya tak seberapa. Bahkan, beberapa di antaranya tak jarang rela melakukan pinjam uang ke lintah darat untuk mendapatkan dana dengan cepat dan berakhir diteror penagih utang demi memenuhi keinginan sesaat maupun gaya hidup selangit. Ngeri!

Nah, buat kamu yang terpaksa banget mau pinjam uang, kini sudah banyak opsi pay later dan aplikasi pinjaman online. Dengan proses instan mereka dapat membantu kamu untuk menambah saldo tabungan. Salah satunya Dana sebagai aplikasi dompet online yang juga dapat menjadi solusi alternatif kamu dalam meminjam uang dengan mudah dan sat set sat set.

Dana dan Ketentuan Pemakaian

cara pinjam uang di dana
Source: Metroandalas.co.id

Siapa, sih, yang nggak tahu Dana? Dana adalah aplikasi dompet digital yang populer di kalangan anak muda, terutama yang suka jajan. Pasalnya, sejak pandemi ini, tuh, kebanyakan tempat makan hanya menerima pembayaran cashless atau tanpa uang tunai. Alhasil, penggunaan kartu debit/kredit maupun aplikasi dompet digital untuk transfer uang semakin digemari demi mencegah kontak langsung.

Nah, Dana merupakan salah satu solusi pembayaran cashless, bahkan kamu juga dapat pinjam uang di Dana! Tersedia pula akun premium yang punya lebih banyak fasilitas dan fitur menguntungkan bagi penggunanya.

Siapa saja yang bisa bikin akun Dana? Ternyata semua orang yang sudah download aplikasi dan mendaftarkan nomor ponselnya bisa, lho. Tapi, untuk bisa menggunakan lebih banyak fasilitas di aplikasi Dana, kamu harus upgrade akunmu ke Dana Premium, yaitu dengan melakukan verifikasi KTP.

Tenang saja, kamu tetap bisa pinjam uang ratusan ribu bahkan jutaan rupiah tanpa harus upgrade akun Dana ke premium, kok. Penasaran? Baca terus cara pinjam uang di Dana di artikel ini sampai habis, ya.

Info wajib baca: 7 Tips Menabung Harian Biar Nggak Boncos saat Tengah Bulan | Disiplin adalah Kunci!

Risiko pinjam uang di dana

1. Adanya risiko gagal bayar

Jika kamu tidak mampu melunasi pinjaman sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditetapkan, kamu akan dikenai sanksi berupa denda harian dan biaya tambahan. Jadi usahkan bayar pinjaman tepat waktu, ya.

2. Ketergantungan

Perlu dipertimbangkan juga risiko ketergantungan pada pinjaman uang online. Karena hal ini dapat membuat kamu tergantung pada pinjaman dan kesulitan dalam mengelola keuangan dengan baik.

3. Penipuan

Mengingat pinjaman uang dapat dilakukan secara online, terdapat risiko besar terhadap potensi penipuan yang perlu diwaspadai. Oleh karena itu, pastikan untuk memahami semua persyaratan dan ketentuan sebelum mengajukan pinjaman melalui aplikasi DANA.

Kelebihan Pinjam Uang di Dana

1. Proses pengajuan pinjaman mudah dan cepat

Saat mengajukan pinjaman uang melalui Dana, kamu tidak perlu melewati proses yang rumit. Selain itu, prosesnya juga tidak memerlukan waktu yang lama seperti meminjam uang di bank.

2. Jangka waktu pembayaran yang fleksibel

Kamu juga memiliki jangka waktu yang fleksibel untuk pengembalian pinjaman sesuai dengan kemampuan pembayaran. Selain itu, juga dapat disesuaikan dengan penghasilan bulanan kamu.

3. Bunga yang terjangkau

Aplikasi Dana menawarkan suku bunga rendah dan pembayaran yang terjangkau kepada semua pengguna. Sehingga kamu tidak perlu khawatir tentang pembayaran bulanan yang berat.

4. Keamanan yang bisa dipercaya

Dana merupakan aplikasi dompet digital terpercaya yang telah banyak digunakan oleh banyak orang. Ini dapat memberikan kepercayaan dan rasa aman bagi para peminjam dalam mengajukan pinjaman uang.

Cara Pinjam Uang di Dana yang Bebas Ribet

cara pinjam uang di dana
Source: Money Kompas.com

Cara pinjam uang di Dana sebenarnya cukup mudah dan simpel, juga dapat dilakukan siapa saja asalkan mempunyai akun Dana yang terdaftar. Untuk cara pinjam uang di Dana sendiri ada tiga metode sebagai berikut:

1. Cara pinjam uang di Dana tanpa KTP

Seperti yang sudah dibahas di awal, kamu dapat meminjam uang di Dana tanpa menggunakan akun premium, simak cara pinjam uang di Dana tanpa KTP yang satu ini, gaes!

  • Unduh dan install aplikasi Dana di ponsel pintar kamu.
  • Masuk ke aplikasi Dana, dan registrasi akun Dana kamu sebagai akun baru.
  • Pilih menu “Minta”, lalu atur nominal uang yang kamu butuhkan.
  • Salin link Dana kamu dan kamu dapat menyebarkannya ke media sosial atau kepada orang yang ingin meminjamkan uangnya ke kamu.
  • Kamu tinggal menunggu dan mengecek apakah saldo Dana sudah terisi atau belum.

Info wajib baca: Nongkrong Anti Bokek, Ini 7 Rahasia Cara Menghemat Uang

2. Cara pinjam uang di Dana Premium

cara pinjam uang di dana
Source: YouTube Dana

Khusus satu ini dapat digunakan oleh kamu yang sudah atau ingin menggunakan akun Dana Premium. Cara pinjam uang di Dana Premium kurang lebih sama dengan poin sebelumnya, namun kamu perlu mendaftarkan akun Dana-mu ke premium.

  • Masuk ke aplikasi Dana, registrasi akunmu dan masukkan data-data yang diminta.
  • Setelah melakukan registrasi, akun kamu akan ter-upgrade ke premium.
  • Pilih menu “Request” atau “Minta”, lalu atur nominal uang yang kamu butuhkan.
  • Masukkan nominal dana yang kamu butuhkan di kolom “set ammount” atau “atur jumlah”.
  • Kamu dapat mengisi kolom catatan, atau melewatinya jika dirasa tidak perlu.
  • Setelahnya akan muncul QR Code, nah, kamu bisa membagikan QR Code tersebut kepada orang yang ingin meminjamkan uang atau ke akun media sosial yang kamu miliki.
  • Kamu tinggal menunggu dan mengecek apakah saldo Dana kamu sudah terisi.

3. Lewat Shopee Pay Later

Betul, kamu dapat pinjam uang di Dana lewat Shopee Pay Later. Berikut cara pinjam uang di Dana lewat Shopee Pay Later:

  • Buka aplikasi Dana dan masuk ke profil, lalu salin nomor kamu yang tertaut dengan akun Dana tersebut.
  • Buka aplikasi Shopee, lalu ketik “Top Up Dana” di kolom pencarian, maka akan muncul akun-akun yang menyediakan jasa tersebut lalu pilih salah satu toko.
  • Setelah memilih, kirimkan nomor kamu melalui opsi chat penjual dan tunggu hingga dibalas, atau masukkan nomor di kolom catatan saat ingin melakukan check out.
  • Masukkan atau pilih jumlah saldo Dana yang mau kamu top up, lalu masukkan ke keranjang atau klik “beli sekarang”.
  • Sebelum menekan “check out”, pilih metode pembayaran Shopee Pay Later, tapi pastikan saldo Shopee Pay Later kamu cukup, ya!
  • Setelah itu, kamu tinggal menunggu top up kamu diproses oleh pihak penyedia jasa.


Nah, itu tadi tiga cara pinjam uang di Dana, mudah bukan? Tapi, tentunya kamu juga harus hati-hati dan bertanggung jawab dalam meminjam uang, baik dari orang lain maupun penyedia jasa pinjaman online. Jangan lupa diganti atau dibayar sesuai tanggal jatuh tempo, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Medan Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare