...
dapur cantik sederhana di kampung
5-min read

Intip Tips Bangun Dapur Cantik Sederhana di Kampung Berikut Ini, Yuk!

dapur cantik sederhana di kampung

Bosan sama tampilan dapurmu? Cek tips dan rekomendasi dapur cantik sederhana di kampung ini!

Nggak terasa Lebaran sebentar lagi datang, nih. Kamu sudah mempersiapkan apa aja untuk menyambut Lebaran tahun ini?

Biasanya, sih, kalau mau dekat-dekat Lebaran pasti banyak hal yang dipersiapkan, mulai dari membeli baju baru, kue Lebaran, hampers untuk sahabat maupun kerabat, dan lain-lain. Selain itu, mempersiapkan Lebaran juga bisa dilakukan dengan memodifikasi dapur agar terlihat lebih cantik.

Nah, kalau kamu sedang mencari inspirasi untuk menghias dapur sederhana di kampung, tidak perlu khawatir lagi karena kali ini ada beberapa ide dapur cantik sederhana yang dapat membuat ruang memasak di rumah kamu menjadi lebih menarik dan nyaman.

Mari intip bersama dan jadikan dapur impianmu menjadi kenyataan hanya dengan membuat sedikit perubahan kecil! Yuk, simak terus artikel berikut ini!

Info wajib baca: Unik dan Estetik! Berikut 5 Desain Dapur Sederhana Layaknya di Kampung!

Tips Mempercantik Desain Dapur Secara Kreatif

Bagi kamu yang memiliki rencana untuk memodifikasi dapur kamu, ikuti beberapa tips di bawah ini, yuk!

dapur cantik sederhana di kampung
Source: Eva-Dry

1. Berkreasi dengan pola lantai

Tips yang pertama untuk mempercantik desain dapur minimalis, kamu dapat melakukannya mulai dari berkreasi dengan pola lantai. Lantai konvensional dengan bentuk kotak-kotak mungkin sudah terasa membosankan.

Kamu bisa mencoba cari pola lain, misalnya pola lantai yang memanjang atau motif lantai dengan susunan menarik dan berbeda dari lantai sebelumnya. Dengan cara ini, kamu dapat mempercantik dapur tanpa terkesan berlebihan.

2. Memberikan sentuhan corak pada sudut tertentu

Beberapa orang masih beranggapan bahwa dapur minimalis sederhana berarti dapur dengan warna yang netral seperti misalnya putih, krem, atau abu-abu. Justru, pemilihan warna terlalu netral akan menghilangkan kesempatan dapur untuk dapat terlihat cantik.

Untuk menyuntikkan energi kreatif pada dapur, kamu bisa memilih sudut tertentu yang dapat ditambahkan warna lain agar terhindar dari ruangan terlalu polos atau membosankan. Misalnya, kamu bisa menambahkan elemen rustic (gaya penataan dengan kesan alami) yang akan memberikan kesan edgy atau unik pada dapurmu.

3. Pilih perabotan menarik

Meskipun dapur berfungsi sebagai tempat untuk memasak, bukan berarti tidak dapat memiliki nilai estetikanya sendiri, lho! Nah, kamu bisa menambah nilai estetika dalam dapur melalui pemilihan perabotan yang menarik.

Jika lebih suka rak dapur minimalis, kamu bisa menambah warna alami kayu yang tak akan lekang oleh zaman sampai kapan pun! Apa pun material yang dipilih, kamu bisa coba menambah perabotan yang sesuai seleramu.

Tips Memilih Keramik Dinding Dapur

Biasanya, dinding dapur dibuat dari keramik agar mudah untuk dibersihkan. Yuk, intip tips memilih keramik dinding dapur berikut ini!

Tips Memilih Keramik Dinding Dapur
Source: Orami

1. Pertimbangkan ukuran dan bentuk dapur

Tau nggak, sih, kalau ukuran dan bentuk dapur kamu ternyata saling berkaitan dalam pilihan keramik dinding dapur? Selain memilih ukuran keramik sesuai dengan ukuran luas dinding dapur, kedua hal ini memiliki pengaruh antara satu sama lain, lho.

Untuk dapur kecil, maka kamu bisa memilih keramik dengan warna cerah agar ruangan terlihat lebih luas. Untuk ruangan lebih besar, pilihlah keramik dengan tekstur yang lebih kaya atau warna lebih gelap agar menciptakan suasana makin nyaman.

2. Pertimbangkan fungsi ruangan dapur

Tips memilih keramik dinding dapur selanjutnya ialah dengan mempertimbangkan fungsi ruangan dapur kamu. Jika dapurmu hanya digunakan untuk menyiapkan makanan, maka kamu bisa pilih keramik dengan warna netral atau sedikit gelap. Untuk dapur khusus masak, kamu bisa menggunakan keramik berwarna lebih cerah.

Info wajib baca: Contoh Keramik Dinding Depan Rumah, Biar Makin Cakep

4 Desain Dapur Cantik dan Sederhana di Kampung

Nah, berikut ini beberapa contoh desain dapur cantik dan sederhana di kampung untuk inspirasi kamu!

1. Desain kampung industrial

Desain Kampung Industrial
Source: Parboaboa

Salah satu desain modern yang cukup ngetren saat ini yaitu hunian industrial yang unik. Nah, konsep dapur industrial ini juga sangat cocok untuk diterapkan di dapur.

Desain dapur cantik sederhana di kampung ini cenderung menggunakan bahan atau material dan elemen yang kasar dengan kesan unfinished, alias belum rampung. Konsep desain dapur industrial tetap memberikan kesan dapur seperti di kampung namun terlihat estetik dan kekinian di waktu yang bersamaan.

2. Desain dapur tradisional Jawa

dapur cantik sederhana di kampung
Source: interiordesign.id

Kalau bicara soal budaya Jawa, biasanya juga berkaitan dengan bahan-bahan perkayuan. Desain dapur tradisional Jawa ini didominasi oleh material berkayu dengan alat-alat dapur yang juga terkesan tradisional.

Seperti misalnya cobek yang terbuat dari kayu, kursi dan meja kayu, serta alat-alat dapur lainnya yang bersifat tradisional sehingga menambah kesan seperti di kampung halaman. Nah, buat kamu yang memiliki dapur cantik sederhana di kampung, gaya dapur tradisional Jawa ini bisa jadi salah satu inspirasi untuk mempercantik dapurmu.

3. Desain dapur cantik sederhana di kampung ala Korea

Dapur cantik sederhana di kampung ala budaya Korea
Source: Pinterest

Kalau kamu sering nonton drama Korea, pastinya kamu sering lihat, kan, desain dapur yang biasanya suka ditunjukkan di serial drama atau film Korea. Bukan hanya drakor atau K-pop saja yang sedang populer di masyarakat, melainkan segala hal yang berbau Korea termasuk soal desain interior.

Kebanyakan orang Korea juga menggunakan material kayu untuk perabotan dapur mereka. Nah, furnitur kayu ini juga bisa menambahkan kesan lebih ‘homey‘ pada dapur mungilmu. Tertarik buat mencobanya nggak, gaes?

4. Desain dapur cantik sederhana di kampung bujet murah

desain dapur sederhana
Source: dekoruma.com

Untuk desain dapur yang sederhana dan murah ini, kamu bisa membuat kabinet dapur tanpa pintu. Hal ini akan membantu penghematan biaya pembuatan untuk mempercantik dapurmu.

Material kayu yang biasa dijadikan kabinet dapur punya harga yang cukup mahal, sehingga kamu bisa menggunakan solusi untuk masalah ini dengan memilih kabinet tanpa pintu atau menggunakan kabinet plastik yang harganya jauh lebih murah.


Itu dia beberapa rekomendasi dapur cantik sederhana di kampung yang bisa dijadikan sebagai inspirasi jika kamu berencana mempercantik dapurmu, khususnya untuk persiapan Lebaran tahun ini. Sejauh ini persiapan Lebaran kamu sudah sampai mana? Boleh share di kolom komentar, ya, gaes!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare