...
empal gentong cirebon
5-min read

Empal Gentong Cirebon, Kuliner Istimewa Wajib Coba!

empal gentong cirebon

Siapa yang penasaran dengan empal gentong Cirebon? Cari tahu asal-usulnya di sini, yuk!

Nama makanan empal gentong tentu bukan menu asing di telinga. Ada banyak resto yang menjual makanan satu ini yang berasal dari Kota Udang, Cirebon.

Tapi, jangan mentang-mentang Cirebon dapat julukan tersebut, kamu lantas mengira kalau makanan khas Cirebon selalu berbahan dasar udang. Salah banget itu!

Empal gentong Cirebon menggunakan daging sapi dengan kuah yang kaya rasa. Belum pernah mencicipinya? Mending simak beberapa informasi tentang empal gentong berikut ini agar kamu nggak terlalu penasaran lagi.

Sejarah Empal Gentong Cirebon

empal gentong cirebon
Source: DISBUDPARPORA KABUPATEN CIREBON

Empal gentong adalah makanan Timur Tengah yang dibawa ke Cirebon dan diadaptasi menggunakan cita rasa lokal oleh para pendatang dari Arab maupun kesultanan Cirebon terdahulu. Pada akhirnya makanan satu ini pun menjadi ciri khas makanan di Cirebon.

Awalnya, tuh, daging yang digunakan untuk memasak adalah daging kerbau. Bermula ketika Sunan Gunung Djati (Syarif Hidayatullah) yang sangat menghargai toleransi antarumat beragama sedang berada di wilayah Cirebon untuk menyiarkan agama Islam.

Pada masa itu, kebanyakan warga asli kota Cirebon beragama Hindu, yang di mana menurut kepercayaan agama tersebut, sapi adalah hewan yang disakralkan. Oleh karena itu empal gentong pada awal mula kemunculannya berbahan dasar daging kerbau agar tidak terjadi perselisihan antarumat beragama.

Namun, seiring berjalannya waktu dan semakin meluasnya ajaran Islam di Cirebon, serta segenap perubahan yang terjadi di Cirebon, sekarang daging yang digunakan untuk memasak empal gentong adalah daging sapi.

Info wajib baca: 8 Makanan Khas Bogor Wajib Coba hingga Jajanan yang Legendaris

Yang Istimewa dari Empal Gentong Cirebon

Setelah menyimak sedikit sejarah dari makanan khas Cirebon, sekarang saatnya kamu menyimak alasan mengapa empal gentong Cirebon begitu istimewa. Yuk, disimak!

Asal usul nama

empal gentong cirebon
Source: Katadata

Empal adalah daging sapi yang dipotong pipih lalu direbus dan dibumbui sebelum digoreng. Namun, kalau empal gentong sendiri sedikit berbeda, lho.

Empal yang dimaksud adalah bagian dari sapi yang dipotong-potong seperti usus, babat, dan daging dengan sedikit lemak, lalu dimasak dengan kuah bersantan berwarna kekuningan.

Rasanya? Sudah pasti enak!

Tempat untuk memasak

empal gentong cirebon
Source: Republika

Sesuai namanya, keistimewaan pertama dari empal gentong adalah tempat yang digunakan untuk memasaknya berupa gentong. Eits, tapi yang digunakan bukan sembarang gentong! Tempat memasaknya adalah gentong atau periuk yang terbuat dari tanah liat.

Kenapa menggunakan periuk dari tanah, min? Soalnya, gaes, waktu dulu makanan ini muncul, belum ada peralatan masak dari besi atau logam. Makanya gentong ini dipakai untuk merebus seluruh bahan makanan yang digunakan untuk membuat empal gentong.

Bahan bakar memasak

Bahan Bakar Memasak
Source: Pegipegi

Selain tempatnya unik, cara memasak makanan khas Cirebon yang satu ini juga terhitung unik. Ya, empal gentong Cirebon dimasak menggunakan kayu bakar. Dan… kayunya pun tidak sembarangan! Biasanya orang menggunakan kayu dari pohon mangga dan kayu asam.

Tujuan memasak menggunakan kedua bahan bakar kayu tersebut, yaitu untuk mempertahankan cita rasa yang sudah dibangun dari para pembuat empal gentong.

Beberapa orang masih mempertahankan tradisi memasak lama, namun nggak sedikit juga yang sudah beralih menggunakan kompor gas beserta panci atau dandang.

Info wajib baca: 5 Rekomendasi Laksa Tangerang, Ada yang Legendaris!

Cita rasa yang khas

Cita Rasa yang Khas
Source: Okezone Travel

Masakan mirip gulai yang berisi daging sapi dengan kuah santan, dan campuran usus, babat, serta kikil ini, bukannya disukai oleh orang-orang tanpa alasan. Kira-kira kenapa, tuh?

Orang-orang menyukai masakan yang satu ini karena cita rasanya khas dan nikmat. Gurihnya empal gentong berasal dari kuah bersantan dengan tekstur agak kental, sementara bumbu yang meresap karena dimasak menggunakan gentong semakin manambah kelezatannya.

Biasanya, sih, orang-orang menikmati empal gentong dengan nasi panas atau lontong. Bagi kamu yang suka pedas juga bisa nambahin sambal ke dalam kuahnya biar rasanya makin nikmat!

Tempat Menikmati Empal Gentong

Buat kamu yang ada rencana untuk mengunjungi Kota Udang ini, jangan sampai melewatkan untuk mencicipi makanan khas Cirebon yang satu ini. Makan empal gentong Cirebon terkenal di mana? Berikut beberapa pilihan tempatnya:

  • Empal Asem Empal Gentong H. Apud Jln. Ir. H. Juanda No.24, Battembat, Kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Buka setiap hari pukul 09.00 – 21.00.
  • Empal Gentong Mang Darma Jln. P. Diponegoro No.23, Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat. Buka setiap hari pukul 07.00 – 21.00.
  • Empal Gentong Amarta Jln. Ir. H. Juanda No.37, Battembat, Kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Buka setiap hari pukul 09.00 – 21.00.


Gimana, setelah menyimak beberapa informasi dari empal gentong Cirebon di atas, kamu jadi pengen makan empal gentong, gak, nih? Makanan yang satu ini tentu memiliki cita rasa tersendiri yang bikin banyak orang jadi fans-nya. Apakah termasuk kamu juga?

Kalau kamu sedang jalan-jalan di Kota Cirebon, jangan sampai kelewatan untuk nyicipin makanan khas Kota Udang yang satu ini, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Cirebon Murah

Kost Bandung Murah

Kost Semarang Murah

Info Kost Sleman Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare