...
kompeten artinya
5-min read

Kompeten Artinya Apa? Simak Pembahasan Lengkapnya di Sini, Yuk!

kompeten artinya

Kompeten artinya apa, sih? Baca pembahasannya di bawah ini!

Ketika kamu sedang melakukan sebuah pekerjaan, kompetensi adalah hal penting yang perlu kamu miliki agar dapat melakukan pekerjaan dengan baik dan benar. Kompetensi bisa berupa pengetahuan, keterampilan, dan keahlian.

Nah, maka dari itu orang yang memiliki suatu kompetensi dapat disebut sebagai orang yang kompeten, lho.

Orang yang kompeten adalah orang yang memiliki pengetahuan dan keterampilan terkait suatu hal atau bidang ilmu. Mau mengetahui arti kompeten lebih detail? Untuk lebih lengkapnya, simak di bawah ini, ya!

Definisi Kompeten

Kompeten artinya apa? Menurut KBBI kompeten adalah cakap (mengetahui), berkuasa memutuskan dan menentukan, serta berwenang.

Kompeten atau kompetensi adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dibutuhkan untuk melakukan suatu pekerjaan atau tanggung jawab secara efektif. Kompetensi terdiri atas tiga komponen: pengetahuan (cognitive), keterampilan (psychomotor), dan sikap (affective).

Pengetahuan adalah pemahaman teoritis tentang suatu bidang, seperti pengetahuan tentang hukum atau peraturan. Sementara keterampilan adalah kemampuan praktikal untuk melakukan sesuatu, seperti menyetir mobil atau berdagang.

Lalu, sikap adalah perilaku tertentu yang ditunjukkan oleh individu, seperti sikap profesional atau sikap kerja sama, terutama di dunia kerja.

Info wajib baca: Meningkatkan Semangat: Tips Motivasi Melamar di Perusahaan yang Sukses

Ciri-ciri Orang Kompeten

kompeten artinya
Source: True ID

Orang yang kompeten adalah orang yang mampu memahami sebuah situasi dengan baik dan mengambil tindakan yang tepat sesuai dengan situasinya. Orang kompeten juga mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan dan memiliki kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain. Berikut beberapa ciri orang kompeten.

1. Kepercayaan diri

Hal pertama yang harus kamu miliki yaitu kepercayaan diri. Dengan memiliki sifat ini maka kamu bisa dibilang kompeten. Cobalah untuk tetap percaya diri dalam situasi dan kondisi apa pun, terlebih lagi kamu juga harus bisa untuk tanamkan optimisme kepada diri sendiri agar mendapatkan konsistensi kepercayaan diri.

2. Attitude yang baik

Tidak ada orang kompeten yang memiliki attitude atau sikap buruk. Perilaku yang baik akan menuai kepercayaan dari orang lain atau rekan kerja. Hal itu tandanya kamu orang yang bisa diandalkan dan dipercaya.

3. Cara bicara yang positif

Seseorang yang memiliki cara bicara yang positif maka termasuk orang kompeten. Hal ini bisa dipelajari dengan cara melatih diri untuk bicara positif dan menguasai public speaking sehingga kamu akan lebih dipercaya orang lain.

Usahakan untuk menghindari perkataan-perkataan negatif ketika sedang berkomunikasi dengan orang lain, dengan mencoba untuk bicara yang positif maka orang lain juga akan lebih menerima kamu dengan baik.

4. Pemikiran terbuka

Salah satu ciri orang kompeten yaitu memiliki pemikiran terbuka. Jika kamu merasa belum memiliki ciri ini, maka cobalah untuk mulai berpikiran terbuka. Kamu bisa memulainya dengan cara menghargai perbedaan, mengenali permasalahan lingkungan, dan menerima kritikan dari orang lain.

5. Ketegasan dalam memutuskan

Ketegasan merupakan hal yang dibutuhkan oleh orang yang kompeten. Kamu perlu jadi orang yang tegas dalam melakukan apa pun termasuk tentang pekerjaan. Ketegasan dalam memutuskan suatu langkah yang telah kamu pilih sebelumnya, itu menjadi suatu hal yang penting untuk kamu pahami. Sebaiknya cobalah untuk pikirkan matang-matang suatu langkah yang akan kamu ambil.

6. Kemandirian

Kemandirian sejatinya harus dimiliki oleh setiap orang. Dengan mandiri, kamu tidak bergantung kepada orang lain dan bertanggung jawab untuk mengurus diri sendiri. Sehingga hal itu juga bisa menjadi bukti apakah kamu orang yang kompeten atau tidak.

Kemandirian juga bisa menunjukkan seberapa dewasa seseorang. Kemandirian bukan hanya dalam hal bekerja atau berkarier, tetapi juga dapat ditunjukkan lewat belajar, berkompetisi, berlomba, dan lain sebagainya. Bahkan hal-hal sederhana seperti mencuci piring setelah makan dan merapikan tempat tidur juga merupakan bentuk kemandirian.

Cara Mengembangkan dan Menjadi Orang yang Kompeten

kompeten artinya
Source: Enerven

Orang yang kompeten adalah orang yang mampu mengerjakan suatu pekerjaan dengan baik dan efektif. Untuk menjadi seorang yang kompeten, kamu harus mampu mengembangkan kemampuan dan melakukan pekerjaan dengan efektif. Berikut adalah beberapa tips untuk mengembangkan dan menjadi orang yang kompeten secara efektif:

1. Mulailah dari mempelajari hal-hal yang kamu sukai. Jika kamu tertarik kepada suatu bidang, kamu akan lebih mudah untuk mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan bidang tersebut. Selain itu, suatu materi pelajaran akan lebih menyenangkan jika kamu tertarik pada bidang akademik.

2. Setelah mempelajari hal-hal yang kamu sukai, mulailah untuk berlatih secara rutin. Hal ini akan membantu kamu untuk mendapatkan kemampuan yang diperlukan untuk bidang tersebut.

3. Ketika kamu sudah rutin mempelajari dan berlatih bidang yang kamu suka dan yang ingin kamu tuju tersebut, maka kamu akan terbiasa dan menjadi andal. Kemudian cobalah untuk membuat list target-target pencapaian yang ingin kamu tuju dalam menekuni bidang tersebut.

Info wajib baca: Kenali Istilah Survivorship Bias: Definisi, Penyebab, Contoh, dan Cara Menghindarinya

Bagaimana Menilai dan Mengukur Tingkat Kompetensi Seseorang?

Tingkat kompetensi seseorang dapat diukur dengan berbagai cara, baik secara formal maupun informal. Cara formal untuk mengukur kompetensi seseorang biasanya melalui penilaian kinerja atau ujian tertentu.

Sedangkan cara informal untuk mengukur kompetensi seseorang bisa dengan melihat bagaimana ia bekerja secara rutin dan seberapa sering ia membuat kesalahan.

Hubungan antara Kompeten dan Kesuksesan di Karir

Kesuksesan di karir adalah hasil akhir dari seberapa baik kamu dapat mengembangkan dan mengoptimalkan kompetensi yang dimiliki.

Hubungan antara kompeten dan kesuksesan di karir sangat erat, lho. Kamu tidak akan pernah bisa sukses tanpa menjadi orang yang kompeten. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk selalu berusaha meningkatkan kompetensi agar dapat memaksimalkan peluang sukses di masa depan.


Itulah arti dari kompeten, dengan memahami hal seputar kompeten tersebut. Semoga kamu bisa menjadi orang yang kompeten dan meraih kesuksesan di masa yang akan datang, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare