...
kost cengkareng
5-min read

5 Info Kost Cengkareng Jakarta Barat Murah, Fasilitas Lengkap dan Dekat Bandara!

kost cengkareng

Lagi cari tempat kost Cengkareng Jakarta Barat yang murah dan nyaman?

Siapa, nih, di antara kalian yang lagi cari kost khususnya di daerah Cengkareng Jakarta Barat? Sekarang, kamu nggak perlu effort ke luar rumah buat cari tempat kost karena kamu bisa mengakses berbagai informasinya melalui internet.

Selain terkenal dengan daerah yang berdekatan dengan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, daerah Cengkareng juga strategis ke beberapa kampus dan perusahaan terkenal, lho. Lalu apa lagi, ya, yang kira-kira dapat kamu temuin di daerah Cengkareng? Yuk, simak informasi di bawah ini!

Asal-Usul Cengkareng

Gimana, sih, asal-usul kata Cengkareng bisa lahir di masyarakat? Agak sedikit panjang, tapi ada penjelasannya, dong, biar kamu nggak penasaran.

asal usul cengkareng
Source: Wikipedia

Meskipun Jakarta terkenal lewat julukan Kota Metropolitan di zaman sekarang, namun sebenarnya di masa lalu kota ini terdiri atas beberapa kumpulan kampung-kampung besar yang disatukan. Kampung-kampung tersebut di antaranya Kampung Cawang, Kampung Melayu, Kampung Kemang, dan Kampung Cengkareng.

Pada masa lalunya, Cengkareng merupakan perkampungan yang didominasi oleh persawahan. Nama Cengkareng sendiri berasal dari bahasa Sunda, yaitu kata ‘cikangkareng’.

Kata “ci” merujuk pada “cai” yang pada umumnya dikaitkan dengan anak sungai, sungai, atau kali, seperti nama Cisadane, Ciliwung, atau Cikeas. Sedangkan kata “kareng” dalam bahasa Sunda berarti burung Enggang atau burung yang parunya bercula.

Jika dilihat dari literasi lain, kata Cengkareng berasal dari kata “Tjankaar” dalam bahasa Belanda yang artinya terkekeh. Untuk penambahan kata “ang” pada Cengkareng ini juga sebenarnya masih belum jelas asal-usulnya, namun seiring dengan berjalannya waktu kata “ang” merujuk kepada peta De Haan menjadi Tjangkaarang.

Seiring perkembangan zaman, nih, Cengkareng telah berkembang pesat. Yang tadinya didominasi oleh kawasan pertanian dan ruang terbuka hijau, kini berganti menjadi pusat perbelanjaan, perumahan, perhotelan, dan kawasan komersil lainnya. Cengkareng semakin istimewa setelah menjadi pintu gerbang untuk melihat bumi Nusantara melalui Bandara Cengkareng (CGK) atau Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Info wajib baca: Pilihan Kost Bandung Jawa Barat di Bawah 1 Juta Buat Pejuang Rantau | Hemat dan Lengkap!

Kampus Populer di Sekitar Cengkareng

Nah, berikut ini beberapa kampus populer yang ada di sekitar Cengkareng.

kampus populer di cengkareng
Source: Freepik

1. Institut Teknologi Telkom Jakarta

Institut Teknologi Telkom Jakarta atau yang biasa disingkat dengan ITTelkom Jakarta ini merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Telkom. Lokasi kampus utamanya terletak di Jalan Daan Mogot KM 11 Cengkareng, Jakarta Barat.

Lokasi tersebut dapat dikatakan strategis karena merupakan jalan protokol penghubung antara provinsi DKI Jakarta di bagian Barat dan juga provinsi Banten. Sedangkan, untuk kampus lainnya berlokasi di Jalan Halimun Raya di kawasan bisnis Setia Budi, Jakarta Selatan.

ITTelkom Jakarta menyediakan 5 program studi dan 1 fakultas yaitu D3 Teknik Telekomunikasi, S1 Teknik Telekomunikasi, S1 Teknologi Informasi, S1 Sistem Informasi, dan S1 Desain Komunikasi Visual. Program studi tersebut memiliki fokus pada penerapan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) di bidang industri kreatif (Creative Industry), ekonomi digital (Digital Economy), dan kewirausahaan (Entrepreneurship).

2. Bina Sarana Informatika (BSI) Cengkareng

Kampus berakreditasi B ini terletak di Jalan Kamal Raya No.18, Cengkareng Timur, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat. Bina Sarana Informatika (BSI) Cengkareng ini memiliki 3 fakultas yaitu Fakultas Teknik dan Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis,serta Fakultas Komunikasi dan Bahasa.

Kampus ini juga menyediakan program studi untuk D3 dan S1. Beberapa jurusan yang ada di BSI Cengkareng ini antara lain teknologi informasi, rekayasa perangkat lunak, teknologi komputer, sistem informasi, sistem informasi akuntansi, teknik elektro, teknik industri, dan ilmu komputer.

3. Universitas Satyagama

Universitas Satyagama berlokasi di Jalan Kamal Raya No.2a, Cengkareng Barat, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat. Salah satu perguruan tinggi swasta ini telah berdiri sejak 16 September 1988 oleh Yayasan Satyagama sebagai pusat penyelenggaraan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Universitas Satyagama ini menyediakan program studi untuk D3, S1, S2, dan S3. Untuk program studi D3 terdapat Fakultas Industri Pariwisata dan Perhotelan, untuk prodi S1 terdapat beberapa jenis fakultas di antaranya yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Agama Islam, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, serta Fakultas Pertanian.

Perusahaan di Cengkareng

Selain beberapa universitas, kamu juga bisa menemukan beberapa perusahaan bergengsi di Cengkareng, lho. Ada apa saja? Cek di bawah:

perusahaan di cengkareng
Source: Freepik

1. PT. Batman Kencana

PT. Batman Kencana ini merupakan perusahaan manufaktur nasional yang bergerak di bidang produksi balon dan permen. Jenis produk balon yang diproduksi berupa balon karet dan pasta, sedangkan untuk jenis permen karet yang diproduksi berupa permen karet (jenis bubble gum dan chewy gum) dan cokelat berlapis gula.

Perusahaan ini beralamat di Jalan Kapuk Pulo No.27, Cengkareng, Jakarta Barat. PT. Batman Kencana ini mengekspor produk-produknya ke luar negeri seperti Malaysia, Philipina, dan Dubai.

2. PT. Kurnia Mustika Indah Lestari

Perusahaan ini berlokasi di Jalan Cendrawasih 10A, Cengkareng, Jakarta Barat. Dengan tiga pabrik besar yang tersebar di DKI Jakarta, PT. Kurnia Mustika Indah Lestari ini bergerak di bidang metalurgi antara lain Design Engineering, Precision, Stamping, Purpose Machine, Mesin Pembangunan, Dies Maker, Konstruksi, dan Fabrication.

PT. Kurnia Mustika Indah Lestari ini berada di atas lahan sebesar 4.400 meter persegi dan 3.300 meter persegi. Perusahaan ini dianggap sebagai salah satu perusahaan terbesar bagian presisi spesialis dan produsen rekayasa di Indonesia dan telah menjadi produsen tepercaya bagi banyak pihak.

3. PT. Heinz ABC Indonesia

Perusahaan yang satu ini mungkin sering kamu dengar. Ya, PT. Heinz ABC Indonesia merupakan perusahaan salah satu perusahaan produsen makanan dan minuman yang terkenal di Indonesia. Perusahaan ini beralamat di Jalan Daan Mogot KM 11 No. 5, Kedaung Kali Angke, Cengkareng, Jakarta Barat.

Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1999 ini memproduksi beberapa produk antara lain kecap, sambal, sarden, dan minuman. Pada tahun 2015, untuk menciptakan portofolio merek yang kuat dan ikonik agar tak tertandingi, H.J. Heinz Company dan Kraft Foods Group menandatangani perjanjian merger untuk membentuk The Kraft Heinz Company.

Info wajib baca: Prospek Kerja Lulusan Studi Manajemen, Banyak Jenis Profesi yang Dapat Dipilih!

Tempat Makan Murah di dekat Kost Cengkareng Jakarta Barat

Kamu juga bisa menemukan beberapa tempat makan murah di Cengkareng, lho! Mulai dari jajanan kaki lima hingga cafe kekinian. Penasara? Yuk, intip informasinya berikut ini!

1. Waroenk Kito

waroenk kito cengkareng
Source: Waroenkkitoindonesianbusiness

Rekomendasi makanan di daerah Cengkareng selanjutnya ialah Waroenk Kito. Tempat makan ini terletak di Ruko Taman Palem Lestari Blok K1 No.16, Jalan Taman Palem Lestari, Cengkareng, Jakarta Barat.

Beberapa paket menu yang disediakan di kedai ini antara lain nasi gurame, nasi ayam, nasi tahu, nasi buncis cah ayam, nasi kerang ijo, nasi udang, nasi sapi, dan masih banyak menu lainnya yang dapat kamu coba. Jam operasional untuk kedai ini mulai dari pukul 10.00-22.00 WIB

2. The Noodle Jet Cafe

the noodle jet cafe cengkareng
Source: PergiKuliner.com

Nah, kedai satu ini memiliki desain interior yang unik dan menarik, nih! Sesuai dengan namanya yaitu The Noodle Jet Cafe, kedai ini memiliki dekorasi seperti berada di dalam pesawat.

The Noodle Jet Cafe ini berlokasi di Ruko Colosseum No. 59, Green Lake City Jalan Green Lake City Boulevard, Cengkareng, Jakarta Barat. Kafe ini buka mulai dari pukul 11.00 – 21.00 WIB. Menu yang disediakan di kedai ini antara lain bakmi, bihun, nasi goreng, kwetiauw, tom yum, siomay, pangsit, roti, panggang dan menu lainnya. Lengkap banget, ya?

Info Kost Murah di Cengkareng Jakarta Barat

Berikut beberapa rekomendasi kost murah di Cengkareng, atau kost dekat bandara yang dapat kamu temukan.

1. Kost di Cengkareng Jakarta Barat, Rukita Cendrawasih 73

Source: Infokost.id

Rukita Cendrawasih 73 Cengkareng ini terletak di Jalan Cendrawasih Raya No.73, Cengkareng, Jakarta Barat. Kost ini menyediakan beberapa kamar untuk kost putra dan kost putri, alias kost campur.

Fasilitas yang ada di kost eksklusif ini antara lain: area makan, area parkir, CCTV, cleaning service, laundry, meja kompor, dapur, dispenser, kompor, kulkas, ruang santai/ruang tamu, dan Wi-Fi.

Terdapat beberapa tipe kamar yang disediakan oleh kost Rukita Cendrawasih 73 Cengkareng ini, antara lain Pocket Single, Compact Single, Regular Single, dan Regular Queen.

Biaya sewa kost mulai dari harga Rp1.900.000/bulan sampai Rp2.700.000/bulan sesuai dengan tipe kamar yang kamu pilih. Lokasi kost Rukita ini juga strategis, lho, karena memiliki akses yang dekat ke beberapa tempat seperti supermarket, sekolah, rumah sakit, rumah makan, mall, kampus, dan halte bus.

2. Kumala House Daan Mogot

Source: Infokost.id

Mencari tempat tinggal di sekitar Daan Mogot, Jakarta Barat yang dekat dengan kampus dan pusat perbelanjaan? Kumala House Daan Mogot adalah pilihan yang tepat untukmu! Lokasi kost ini sangat strategis, terutama bagi mahasiswa yang ingin mudah mengakses kampus.

Dari Kumala House, mahasiswa Universitas Trisakti hanya memerlukan waktu 6 menit untuk mencapai kampus, sementara Universitas Tarumanagara (UNTAR) dapat dicapai dalam 13 menit berkendara.

Kumala House Daan Mogot juga merupakan pilihan yang nyaman bagi karyawan, karena lokasinya yang dekat dengan area perkantoran di Grogol, Tomang, Slipi, maupun Sudirman, dengan jarak tempuh tidak lebih dari 25 menit berkendara.

Jika kamu lebih memilih menggunakan transportasi publik, Stasiun Grogol berjarak 4 menit, dan Halte TransJakarta Grogol 1 hanya sekitar 10 menit dari lokasi kost ini.

Fasilitas makanan dan hiburan pun mudah diakses, dengan adanya Ciputra Mall dalam waktu 6 menit dan Central Park yang dapat dicapai dalam 12 menit berkendara.

Setiap kamar di Kumala House Daan Mogot telah dilengkapi dengan furnitur lengkap, termasuk AC dan WiFi. Fasilitas bersama seperti dapur, area makan, area parkir, dan CCTV juga tersedia untuk meningkatkan kenyamanan penghuni.

3. Kost di Cengkareng Jakarta Barat,

Source: Infokost.id

Menginginkan pengalaman tinggal yang super nyaman di sekitar Bandara Soekarno-Hatta? Rukita Kamal 98 Cengkareng adalah opsi yang sangat cocok!

Kost eksklusif ini menawarkan lokasi yang sangat strategis dengan kemudahan akses ke pusat Jakarta, Tangerang, dan dekat dengan akses jalan tol. Selain itu, dari unit coliving Rukita ini, kamu dapat mencapai Bandara Soekarno-Hatta dalam waktu kurang dari 20 menit!

Untuk kebutuhan berbelanja, kamu juga dapat dengan mudah mencapai Mall Daan Mogot hanya dalam 5 menit atau menjelajahi Mall PIK Avenue dengan perjalanan hanya 15 menit. Jangan khawatir tentang transportasi, karena dari sini, kamu dapat mencapai stasiun KRL Bojong Indah dan stasiun KRL Rawa Buaya dalam waktu 15 menit.

Jika kamu mengandalkan transportasi umum, Halte Busway Jembatan Baru hanya berjarak sekitar 10 menit dari lokasi.

4. Kost Tentrem Duri Kosambi Cengkareng

Source: Infokost.id

Kost satu ini terletak di Jalan Hj. Mali Gang Cinta Damai No.18, Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat. Kost ini juga menawarkan kost yang hanya bisa ditempati oleh putri saja, alias kost putri.

Dengan harga sewa kost Rp800.000/bulan di luar biaya listrik, kamu bisa mendapatkan 1 kamar dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti AC, kipas angin, kursi, lemari, dan meja, serta kamar mandi di luar.

Selain itu, fasilitas gedung yang disediakan oleh Kost Tentrem Duri Kosambi ini di antaranya area parkir, CCTV, cleaning service, dapur, meja kompor, mesin cuci, microwave, dispenser, kompor, kulkas, laundry, Wi-Fi, dan tempat jemur pakaian.

Kost ini juga memiliki akses yang dekat ke beberapa tempat seperti Stasiun Rawa Buaya, Institut Teknologi PLN, Apotek, RPTRA Mawar Duri Kosambi, dan masjid. Total kamar yang disediakan ada 15 kamar yang berada di 2 lantai plus keamanan 24 jam!

5. Kost di Cengkareng Jakarta Barat, Como Residence Cengkareng

Source: Infokost.id

Rekomendasi kost cengkareng selanjutnya ialah kost Como Residence Cengkareng. Kost ini berlokasi di Jalan Mesjid I No.6, Cengkareng Barat, Cengkareng, Jakarta Barat.

Fasilitas gedung yang disediakan antara lain area parkir, CCTV, dapur, laundry, rooftop, dan ruang santai/ruang tamu. Dengan harga sewa Rp990.000/bulan yang belum termasuk dengan biaya listrik, kamu bisa mendapatkan 1 kamar yang dilengkapi fasilitas kamar mandi dalam, shower, wastafel, AC, dan meja.

Lokasi kost ini juga berdekatan ke berbagai fasilitas publik, seperti Gelanggang Remaja Kecamatan Cengkareng, Pasar Ganefo, Mall Matahari Daan Mogot, Universitas BSI Cengkareng, dan Pasar Jaya Cengkareng. Strategis banget, kan?

Diperbarui oleh Velin


Itu dia, gaes, beberapa penjelasan terkait daerah Cengkareng beserta asal-usul, kampus, perusahaan, tempat makan, dan rekomendasi kost Cengkareng yang murah dan nyaman. Nah, kalau lagi cari kost di daerah Cengkareng, kamu bisa klik beberapa link di atas ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Medan Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare