...
kost tembalang
5-min read

Rekomendasi Kost Tembalang Dekat UNDIP, Murah dan Strategis!

kost tembalang

Ada kabar baik buat kamu yang lagi cari kost Tembalang yang murah dan strategis, gaes!

Siapa, sih, yang nggak kenal sama daerah Tembalang? Yup, daerah tersebut terkenal karena merupakan lokasi tempat salah satu PTN terbaik di Indonesia, yaitu Universitas Diponegoro (UNDIP).

Daerah Tembalang ini berada di Kota Semarang, Jawa Tengah yang juga terkenal dengan ragam destinasi wisata serta tempat kuliner menarik untuk dikunjungi. Maka dari itu, banyak rekomendasi kost murah dengan fasilitas lengkap juga, lho, di sana. Nah, bagi kamu yang lagi cari kost di daerah Tembalang, yuk simak artikel berikut ini.

Asal-Usul Kecamatan Tembalang

Sebelumnya, nih, kenalan dulu sama asal-usul Kecamatan Tembalang yang nggak kalah menarik .

asal usul tembalang
Source: Lokanesia

Menurut cerita yang turun-temurun di masyarakat, sejarah Tembalang memiliki kaitan erat dengan kisah Raden Pandan Arang bersama para santrinya yang pada saat itu mengadakan pertemuan dengan Abdi Dalem. Untuk menempuh perjalanan ke Selatan, Raden Pandan Arang pergi bersama para santri dan Abdi Dalem sejumlah 50 orang yang kemudian berhenti di sebuah perkampungan di atas bukit dengan mayoritas penduduknya adalah petani.

Daerah tersebut ternyata juga memiliki 9 mata air yang menghasilkan air bersih, masyarakat setempat menyebutnya dengan nama tuk sanga (sembilan mata air). Nah, saking melimpahnya air tersebut perlahan membentuk sebuah danau.

Warga setempat mencoba menghentikan genangan air yang terus keluar dan menahannya dengan batu besar namun batu tersebut selalu tenggelam. Raden Pandan Arang pun kemudian mencoba untuk mengambil air wudhu dan menunaikan salat.

Sesudah salat dan berdoa, Raden Pandan Arang berpesan kepada warga setempat bahwa sepeninggal dirinya dari perkampungan tersebut, beberapa mata air akan berhenti dan hanya ada satu mata air yang berfungsi. Raden Pandan Arang juga berpesan untuk menjaga kebersihan dari sumber air mata yang tersisa tersebut dan memberi nama kampung menjadi Tembalang.

Kata Tembalang sendiri berasal dari kata “tambal” dan “ilang” (hilang). Seiring dengan berkembangnya zaman, daerah Tembalang pun telah menjadi pemukiman yang terbagi ke dalam beberapa kelurahan.

Kampus di Sekitar Tembalang

Apa aja, sih, kampus populer yang ada di daerah Tembalang? Yuk, simak informasi di bawah ini!

kampus populer di Tembalang
Source: Flipboard

1. Universitas Diponegoro

Pastinya, kamu sudah sering dengar tentang PTN yang satu ini. Berdasarkan data dalam Indonesia University Rankings 2023, Universitas Diponegoro (UNDIP) berhasil meraih peringkat kedua nasional dalam kategori 10 Kampus Terbaik di Indonesia versi Top 10.000 AD Scientific 2023.

UNDIP berlokasi di Jalan Prof. Sudarto No.13 Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah. Universitas ini secara resmi berdiri pada 9 Januari 1957 yang pada saat itu masih merupakan universitas swasta.

Pada 9 Januari 1960, Presiden RI Ir. Soekarno mengganti nama Universitas Semarang menjadi Universitas Diponegoro sebagai bentuk penghargaan atas prestasi pembinaan bidang pendidikan di Jawa Tengah. Kemudian, Universitas Diponegoro dinyatakan sebagai universitas negeri pada 15 Oktober 1960 yang juga ditetapkan sebagai hari jadi Universitas Diponegoro.

Beberapa fakultas yang ada di UNDIP saat ini antara lain Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Fakultas Sains dan Matematika, Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi, Sekolah Pascasarjana, dan Sekolah Vokasi (D3).

2. Politeknik Negeri Semarang

Kampus selanjutnya yang ada di daerah Tembalang yaitu Politeknik Negeri Semarang (POLINES). Politeknik Negeri Semarang merupakan perguruan tinggi vokasi yang terletak di area kampus Universitas Diponegoro di Jln. Prof. H. Soedarto S.H., Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Kampus ini berdiri pada tahun 1982 dan saat ini menyediakan 3 program studi di antaranya program diploma, sarjana, dan pascasarjana. Beberapa fakultas yang ada di POLINES antara lain Fakultas Konstruksi, Fakultas Teknik, Fakultas Teknologi, Fakultas Akuntansi, Fakultas Administrasi Bisnis, dan Fakultas Manajemen.

3. Universitas Muhammadiyah Semarang

Kampus ini terletak di Jalan Kedungmundu No.18, Kedungmundu, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah. Pendirian Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) ini mulai dirintis oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah sejak tahun 1996.

Universitas Muhammadiyah Semarang ini memiliki 5 jenis program studi di antaranya yaitu Program S2, Program Profesi, Program S1, Program D4, dan Program D3. Beberapa fakultas yang dapat kamu temukan di kampus ini antara lain Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Bahasa dan Budaya Asing, serta Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

4. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Karya Husada Semarang

Kampus yang ada di daerah Tembalang selanjutnya ialah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Karya Husada Semarang. STIKES ini berlokasi di Jalan R. Soekanto No.46, Sambiroto, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah.

STIKES Karya Husada Semarang menyediakan 5 jenis program studi antara lain Program D3, Program D4, Program Profesi, Program Sarjana (S1), dan Program Pascasarjana (S2). Jurusan yang ada di STIKES Karya Husada Semarang ini antara lain Keperawatan, Ilmu Biomedis, Ilmu Keperawatan, Kebidanan, Keperawatan, Ners, dan Pendidikan Profesi Bidan.

Info wajib baca: Wajib Tahu, Info Kost Cengkareng Murah dan Fasilitas Lengkap dengan Lokasi Dekat Bandara!

Tempat Nongkrong Asyik dan Murah di Tembalang

Karena dikelilingi oleh beberapa kampus terkenal, kamu juga dapat dengan mudah menemukan rekomendasi cafe menarik dan murah di Tembalang, lho!

1. Peacockoffie Gombel

Salah satu tempat nongkrong yang Instagramable di Semarang adalah Peacockoffie Gombel. Kedai kopi ini berjarak 17 menit dari Tembalang dan bisa jadi pilihan bersantai maupun nugas para mahasiswa. Pencinta kopi juga wajib banget ke sini buat bersantai.

Beberapa pilihan menu minuman yang bisa dinikmati antara lain Mochaccino Latte, Americano Latte, Cinnamon Latte, dan masih banyak lagi. Untuk harga menunya sendiri juga pas di kantong mahasiswa, yaitu berkisar Rp25.000/porsi. Sstt, kadang ada promo satu harga, lho!

Dengan dekorasi minimalis ala Skandinavia bikin kamu jadi betah buat nugas atau sekadar ngobrol sama teman atau pacar. Cocok banget buat kamu yang mau kerjain tugas berjam-jam dengan suasana dan ambiens yang menarik.

  • Alamat Peacockoffiee Gombel: Jln. Gombel Lama No.11, Tinjomoyo, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah

2. Teman Kerja Coffee

teman kerja coffee
Source: Restaurant Guru

Tempat nongkrong di daerah Tembalang selanjutnya adalah Teman Kerja Coffee. Tempat ini cocok banget buat anak-anak muda yang suka menghabiskan waktu nongkrong bersama. Khusus outlet Tembalang, jam operasional Teman Kerja Coffee ini juga buka mulai dari pukul 09.00 – 03.00 WIB.

Menu yang disediakan di Teman Kerja Coffee ini antara lain berbagai jenis kopi (kopi susu, cafe late, americano, dll) serta minuman nonkopi lainnya. Selain itu, menu makanan yang ditawarkan berupa aneka donat kalis, butter croissant, croissant choco crunch, croissant choco banana, dan kouign amann.

Teman Kerja Coffee ini juga membuka jasa delivery sehingga kamu juga dapat memesan menunya secara online. Harga menu Teman Kerja Coffee sendiri dibanderol mulai dari Rp14.000/porsi hingga Rp27.000/porsi.

  • Alamat Teman Kerja Coffee: Jln. Banjarsari Selatan No.58, Bulusan, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah

3. Kayo Coffee and Space

kayo coffee shop and space
Source: Restaurant Guru

Kayo Coffee and Space khusus cabang Tembalang beroperasi mulai dari pukul 10.00 – 02.00 WIB. Cocok banget buat anak kost yang butuh tempat diskusi dan nugas bareng sambil ngopi cantik.

Menu minuman yang ditawarkan oleh cafe ini antara lain berbagai jenis kopi, teh, milkshake, dan sparkling. Sedangkan menu makanan yang tersedia berupa nasi, pasta, dan beberapa makanan ringan lainnya.

Soal harga, sih, kamu nggak perlu khawatir karena harganya cocok buat kantong mahasiswa. Harga menunya berkisar mulai dari Rp14.000/porsi hingga Rp30.000/porsi.

  • Alamat Kayo Coffee & Space: Jln. KH. Sirojudin No.15, Tembalang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah

Info wajib baca: Nongkrong Anti Bokek, Ini 7 Rahasia Cara Menghemat Uang

Kost Murah di Tembalang

Berikut beberapa rekomendasi kost murah di Tembalang serta kost dekat UNDIP yang dapat kamu temukan.

1. Kostan Koe, UNDIP, Tembalang

kost koe undip tembalang
Source: infokost.id

Salah satu rekomendasi kost Tembalang yang murah adalah Kostan Koe yang terletak di Jalan Bukit Umbul Timur II Kav. V, Tembalang, Semarang. Kost ini merupakan kost yang disediakan khusus perempuan (kost putri).

Fasilitas yang disediakan oleh kost putri Tembalang ini antara lain area parkir, CCTV, dispenser, kompor, rooftop, kulkas, meja kompor, mesin cuci, microwave, dan Wi-Fi. Terdapat dua jenis tipe kamar yaitu Tipe A menggunakan kipas angin dan Tipe B menggunakan AC.

Untuk kamar tipe A dengan kipas angin biaya sewa seharga Rp650.000/bulan, sedangkan untuk kamar tipe B dengan AC biaya sewa seharga Rp950.000/bulan. Kedua harga tersebut sudah termasuk biaya listrik dan dilengkapi oleh beberapa fasilitas kamar seperti tempat tidur, meja, kursi, lemari, dan seprai serta kamar mandi yang berada di luar.

Kost Koe ini juga memiliki akses dekat ke beberapa tempat seperti Poltekkes Kemenkes Semarang, Urban Futsal dan UrbanFit Fitness, UNDIP, dan Patung Pangeran Diponegoro. Lokasi kost juga sangat strategis, hanya 1 km dari Universitas Diponegoro dan 500 meter dari pintu Tol Tembalang.

2. D’Rantos Tembalang Semarang

d'rantos tembalang semarang
Source: infokost.id

Kost ini terletak di Jalan LPPU II No.15, Tembalang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah. Kost D’Rantos Tembalang juga menyediakan kost khusus putra dan putri (kost campur).

Fasilitas yang akan kamu dapatkan di kost ini antara lain area parkir, CCTV, dapur, kompor, kulkas, rooftop, ruang santai/ruang tamu, dan layanan Wi-Fi. Kost ini menyediakan 7 tipe kamar di antaranya Regular Single A, Superior Queen A, Superior Queen B, Master Queen A, Executive Queen A, Master Twin A, dan Executive Twin A.

Semua kamar juga dilengkapi oleh beberapa fasilitas pendukung seperti tempat tidur, kamar mandi dalam, shower, pemanas air, AC, kursi, lemari, meja, dan TV. Biaya sewa kost campur Tembalang ini mulai dari harga Rp1.800.000/bulan hingga Rp3.000.000/bulan sesuai dengan tipe kamar yang kamu pilih.

Beberapa tempat yang berdekatan dengan kost D’Rantos Tembalang Semarang ialah stadion UNDIP (0,8 km), Politeknik Negeri Semarang (0,8 km), UNDIP (1,1 km), dan Poltekkes Kemenkes Semarang (1,8 km). Lumayan strategis, kan?

3. Kos Griya Dervi

kos griya dervi
Source: infokost.id

Rekomendasi kost Tembalang yang murah berikutnya yaitu Kos Griya Dervi. Kost ini berlokasi di Jalan Bulusan Selatan Raya Jln. Gondang Timur 1 No.45B Tembalang, Semarang, Jawa Tengah.

Kost Griya Dervi ini merupakan kost yang disediakan khusus perempuan (kost putri). Fasilitas kost yang akan kamu dapatkan antara lain area parkir, CCTV, dapur, ruang santai/ruang tamu, tempat jemur pakaian, dispenser, kompor, kulkas, meja kompor, dan Wi-Fi.

Tipe kamar yang sediakan ada dua macam yaitu Standard 1 Room dengan biaya sewa Rp 850.000/bulan (belum termasuk listrik) dan fasilitas kamar mandi dalam, tempat tidur, AC, TV, meja, kursi, dan lemari. Tipe kamar kedua yaitu Standard Room dengan biaya sewa Rp1.200.000/bulan dan dilengkapi oleh fasilitas kamar mandi dalam, shower, pemanas air, wastafel, tempat tidur, AC, kipas angin, TV, TV kabel, meja, kursi, dan lemari.

Lokasi kost ini juga cukup strategis karena dekat akses tol, terminal bus, supermarket, sekolah, rumah sakit, rumah makan, dan kampus.


Nah, itu dia, gaes, rangkuman informasi terkait daerah Tembalang mulai dari asal-usul, kampus yang ada di Tembalang, tempat nongkrong asik, dan rekomendasi kost Tembalang yang murah dan strategis. Buat kamu yang lagi cari tempat kost di daerah Tembalang, bisa banget klik beberapa link yang udah dicantumin di atas, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Medan Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare