...
kuliner pasar lama tangerang
5-min read

10 Rekomendasi Kuliner Pasar Lama Tangerang Wajib Coba, Harga Mulai 10 Ribu!

kuliner pasar lama tangerang

Kalau doyan kulineran, wajib mampir ke pusat kuliner di Pasar Lama Tangerang!

Pasar Lama di Tangerang beda dari pasar pada umumnya, lho. Kalau biasanya pasar dipenuhi tukang sayur dan daging, di sini ada banyak variasi kuliner yang super yummy. Makin siang, tuh, para pedagang kuliner kaki lima makin ramai menjajakan aneka kuliner. Nggak heran banyak juga pengunjung yang berburu kuliner favorit.

Fyi, sebelum terkenal seperti sekarang, dulunya Pasar Lama di Tangerang menjadi kawasan pertokoan dan pemukiman penduduk. Pada tahun 2012 barulah kawasan ini direnovasi dan dijadikan tempat wisata kuliner kaki lima. Kalau hoki, kamu bisa mampir juga ke event ‘Pasar Lama Culinary Night’ yang diadakan cukup rutin di sini.

Rekomendasi Kuliner Pasar Lama Tangerang Wajib Coba

Cari makanan ringan atau makanan berat? Semuanya ada di sini! Surga kuliner banget, deh, di Pasar Lama Tangerang. Sebelum datang  ke tempat makan di Pasar Lama Tangerang, cek dulu rekomendasi beragam kuliner yang wajib kamu coba biar nggak bingung..

1. Kuliner di Pasar Lama Tangerang, Laksa Benteng

Laksa kuliner khas tangerang
Source: Idntimes.com

Pencinta laksa juga bisa menemukan kuliner laksa di Pasar Lama Tangerang. Bisa dibilang rasanya beda dari laksa pada umumnya, lho. Kalau laksa ala Jakarta menggunakan bihun atau mie kuning, ternyata Laksa Benteng menggunakan mi berbahan tepung beras dicampur kuah yang gurih.

Biar makin nendang, nih, jangan lupa tambahkan daun kucai supaya cita rasanya bertambah enak dan bikin tampilan Laksa Benteng lebih berwarna. Harganya mulai Rp20 ribu dan bisa banget dimakan rame-rame biar kamu bisa cicip makanan lainnya juga.

2. Bubur dan Mie Ayam Kepiting Hokie

Source: Pergikuliner.com

Kamu nanya di mana bisa makan seafood? Wajib banget coba Bubur Dan Mie Ayam Kepiting Hokie kalau ke Pasar Lama Tangerang. Sesuai namanya, mie ayam di sini dihidangkan bersama potongan daging kepiting dengan tambahan kuah. Rasanya gurih, lembut, dan manis. Enak banget!

Semangkuk saja pasti berasa kurang, deh! Memang bakal bikin kamu ketagihan ingin mencicipi lagi, lagi, dan lagi. Jika harganya belum berubah, per porsi harganya dibanderol sekitar Rp20 ribu dengan porsi yang bikin perut penuh. Mantap!.

3. Pan & Cake Souffle Pancake

Source: Youtube/RiyoFoodies

Penasaran dengan pancake dari Jepang? Kamu bisa cobain di Pan & Cake Souffle Pancake. Camilan bertekstur lembut dan ringan seakan lumer di mulut ini pastinya nggak mengecewakan. Apalagi buat kamu yang sedang pengen makan manis-manis. 

Kalau harganya belum berubah, satu porsi berisi 2 pancake yang dibanderol dengan harga Rp15 ribu. Kamu bisa memilih rasa cream cheese, tiramisu, dan cokelat. Ingin pesan di sini perlu bersabar ya, soalnya harus antre!

4. Ayam Taliwang

Penggemar kuliner ayam, pasti bakal suka Ayam Taliwang, salah satu makanan berat terlaris di kawasan Pecinan Pasar Lama Tangerang. Salah satu pilihannya Ayam Bakar Taliwang Ayu. Rasanya enak, porsinya juga ngenyangin. 

Harganya memang agak mahal mulai Rp55.000 per ekor, tapi bisa kamu makan rame-rame sekitar 5-8 orang dan tinggal nambah nasi, deh. 

Biasanya setiap hari, tuh, sekitar 250 ekor ayam kampung bakar ludes diserbu para pembeli. Menu paling enak dan favorit banyak orang adalah ayam taliwang pedas manis. Bikin ngiler, kan?

5. Kuliner di Pasar Lama Tangerang, Twigim on Stick

Source: Pergikuliner.com

Namanya agak asing, ya? Tapi kuliner khas Korea ini ternyata jadi favorit para pengunjung Pasar Lama Tangerang. Menunya beragam banget, kamu bisa memilih makanannya digoreng atau dibakar. 

Soal harga, tergantung dari bahan pada susunan tusuk satenya. Harga per tusuk sekitar Rp10 ribu, Rp15 ribu, hingga Rp35 ribu. Tenang saja, semuanya enak dan siap menggoyang lidah. Nyamm…

6. Korean Fish Cake

Source: Hobbymakan.asia

Kuliner Korea lainnya yang bisa kamu cobain yaitu Korean Fish Cake atau biasa dikenal dengan odeng. Buat pencinta drama Korea, pasti sudah sering melihat camilan satu ini, ya.

Aromanya saja sudah menggoda, sementara rasanya yang gurih dan manis tentunya bikin kamu pengen segera mencobanya. Jangan sampai lupa cicipi kuah beningnya yang punya rasa manis sekaligus asin. Sangat maknyus dinikmati selagi panas.

7. Kuliner di Pasar Lama Tangerang, Sate Biawak dan Sop Kelelawar

kuliner pasar lama tangerang

Source: Kompas.com

Rekomendasi terakhir ini cocok banget buat kamu yang ingin mencoba kuliner ekstrem dan antimainstream. Tersedia sate biawak, sate kelinci, darah kobra, sop kelelawar, dan sate ular sanca. Kuliner satu ini nggak pernah sepi, meski menu makanannya terbilang unik-unik.

Biasanya pengunjung yang mencicipi kuliner ini sedang menjalani treatment tertentu. Misalnya saja biawak yang menjadi favorit dipercaya ampuh obati penyakit kulit. Buat kamu yang penasaran juga boleh uji nyali mencobanya, hehehe.

8. Boci Nyeblak Prasmanan Pasar Lama

kuliner pasar lama tangerang
Source: Instagram/@bocinyeblakprasmanan

Mau makan seblak hasil racikan sendiri? Nah, di sini kamu bisa makan seblak secara prasmanan dan memilih topping sesuai yang kamu mau. Harganya juga murah banget, tiap toppingnya hanya Rp1.000 saja.

Kuahnya sangat segar dan nikmat dengan bumbu dan rempah yang terasa. Di sini juga ada suki dan baso aci yang bisa kamu nikmati, lho.

9. Sushi Stop Pasar Lama

kuliner pasar lama tangerang
Source: Bkppkutim.com

Mau makan sushi dengan harga terjangkau? Mampir saja ke tempat ini. Di sini kamu bisa menemukan berbagai menu sushi khas Jepang. Mereka menawarkan berbagai paket menu, mulai dari Korean Daebak, Favorit Combo Sushi Roll, Signature Sushi Katsu Roll, hingga Birthday Package.

Tidak hanya sushi, restoran ini juga menyajikan Chicken Katsu Mentai Rice yang nggak kalah enaknya, lho. Wajib coba!

10. Sate Gurita Si Endut

kuliner pasar lama tangerang
Source: Instagram/@sategurita.siendut

Nah, kalo tempat ini, sih, wajib banget kamu cobain. Dengan bumbu dan rempah yang khas membuat sate gurita ini terasa unik dan lezat. Siap-siap antre kalau mau membeli sate ini!

Lokasinya tidak jauh dari gerbang masuk utama Pasar Lama Tangerang, persis berada di seberang toko obat Cina.

Menggunakan gurita lokal dari nelayan setempat, dijamin empuk dan segar. Diolah khusus, sate gurita ini juga tidak alot dan keras, lho.

Rute ke Pasar Lama Tangerang

Tertarik untuk wisata kuliner di Pasar Lama Tangerang? Jangan sampai salah naik transportasi umum, intip panduan rute yang praktis menuju lokasi, seperti menggunakan KRL. 

Terletak di Jalan Kisamaun, Sukasari, Tangerang, memungkinkan juga kalau kamu membawa kendaraan pribadi. Soalnya tersedia area parkir mobil dan motor di sini.

  • Rute ke Pasar Lama Tangerang menggunakan KRL Jabodetabek

Buat yang memilih rute KRL Commuter Line Jabodetabek, kamu yang datang dari Stasiun Bogor harus transit di Stasiun Manggarai.

Kemudian pilih jalur Stasiun Tanah Abang-Duri untuk melanjutkan perjalanan KRL sampai Tangerang. Setelah sampai Stasiun Tangerang, tinggal jalan kaki 5 menit aja atau kalau mager gunakan ojek online saja.

  • Rute ke Pasar Lama Tangerang menggunakan taksi online

Kalau kamu memilih patungan rame-rame naik taksi online, nih, bisa berangkat dari kawasan Jakarta Selatan. Pilih rute via Jalan Tol Kunciran Serpong atau Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta 2. Butuh waktu sekitar 1 jam untuk sampai ke kawasan kuliner ini.

Tips Jajan Kuliner di Pasar Lama Tangerang

Eits, sebelum berwisata kuliner di Pasar Lama Tangerang, kamu perlu tahu dulu beberapa tips, nih. Jadi, kamu jangan sampai salah pesan, soalnya ada kuliner non-halal. Intip tips jajan kuliner di bawah ini, ya.

1. Keliling kawasan dulu aja

Jangan tergoda untuk langsung pesan. Kamu bisa coba jalan-jalan dulu keliling kawasan Pasar Lama Tangerang. Ada banyak makanan dan minuman yang dapat kamu pesan sesuai keinginan, jangan kalap sampai kamu buang-buang makanan.

2. Perhatikan makanan yang dibeli, ada yang non-halal

Nggak semua kuliner dijajakan halal, lantaran ada pedagang yang menjual makanan non-halal. Biar lebih aman, kamu bisa bertanya jenis daging yang digunakan pada makanan yang diincar..

3. Siapkan uang tunai, jangan lupa

Nggak semua pedagang menyediakan pembayaran secara online. Masih ada yang menggunakan sistem tunai. Siapkan saja uang pecahan Rp50 ribu. Harga segitu sudah bisa membeli tiga jenis makanan lengkap dengan minuman.

4. Bawa air putih

Ya, kalau mau lebih hemat kamu bisa bawa botol minum berisi air putih supaya nggak perlu keluar uang untuk beli minuman. Makin puas, deh, icip-icip kuliner Pasar Lama Tangerang ini. 

Itulah rekomendasi jajanan yang wajib kamu coba saat mampir ke tempat makan di Pasar Lama Tangerang ini. Mana yang jadi favorit kamu?

Updated by Aziza


Tuh, semua rekomendasi kuliner di Pasar Lama Tangerang sampai tips jajan hemat sudah dibocorin. Apa kamu siap main ke sana? Atau punya jajanan favorit yang belum tercantum di artikel ini? Coba tulis buat yang penasaran mau icip-icip juga.

Jangan lupa follow akun media sosial Infokost, ya, biar nggak ketinggalan info dan tips paling gres. Ada Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid yang punya banyak konten seru.

DAPATKAN INFO KOST DI SEKITAR PASAR LAMA TANGERANG:

Kost Karawaci Tangerang Murah | Rukita Bromo 18 Karawaci

Cari Kost Benda Tangerang Murah | Kost Taman Mahkota B7/2

Kost Cipondoh Tangerang Murah | Kost Wanita Azvie

Cari Kost Kelapa Dua Tangerang Murah | Rukita Mahkota Residence 2 Karawaci

Kost Neglasari Tangerang Murah | Kost Gading Bandara

Cari

Compare listings

Compare