...
makanan penyebab jerawat di dagu
5-min read

7 Makanan Penyebab Jerawat di Dagu yang Perlu Kamu Kurangi

makanan penyebab jerawat di dagu

Jerawat nggak cuma muncul karena pola hidup, tapi bisa juga karena makanan penyebab jerawat di dagu berikut ini!

Apakah kamu sering mengalami jerawat di dagu? Jangan biarkan masalah kulit ini membuatmu kehilangan rasa percaya diri! Tahukah kamu kalau ada beberapa makanan penyebab jerawat di dagu?

Kali ini, kita akan membahas tujuh jenis makanan yang harus kamu hindari agar kulitmu tetap bersih dan bebas dari jerawat. Yuk, simak ulasannya dan perbaiki pola makan sehingga kulitmu selalu terjaga kesehatannya!

Kenapa Jerawat Bisa Muncul?

makanan penyebab jerawat di dagu
Source: Beauty Journal – Sociolla

Jerawat adalah masalah kulit yang umum dialami oleh banyak orang, terutama pada masa remaja. Jerawat terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, dan kotoran, yang kemudian menyebabkan peradangan dan infeksi bakteri pada kulit.

Adanya jerawat di dagu jadi salah satu masalah kulit yang sering dihadapi oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan daerah dagu merupakan salah satu daerah yang paling rawan untuk terjadinya jerawat.

Beberapa faktor yang dapat menimbulkan masalah kulit yang satu ini di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Produksi minyak berlebih pada kulit dan sel kulit mati

Kelenjar minyak yang terdapat pada kulit akan memproduksi minyak yang diperlukan untuk menjaga kelembapan kulit. Namun, produksi minyak yang berlebih dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan akhirnya menyebabkan jerawat.

Sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit juga dapat menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat.

2. Bakteri dan perubahan hormon

Para bakteri yang hidup di kulit, seperti Propionibacterium acnes (P. acnes), juga dapat menjadi penyebab jerawat. Bakteri ini dapat memperparah peradangan pada kulit dan menyebabkan terbentuknya jerawat.

Perubahan hormon dalam tubuh, terutama pada masa pubertas, juga dapat menyebabkan produksi minyak berlebih dan menyebabkan jerawat. Wanita yang mengalami perubahan hormon selama menstruasi, kehamilan, atau menopause juga dapat mengalami jerawat.

3. Faktor genetik dan stress

makanan penyebab jerawat di dagu
Source: theconversation.com

Faktor genetik juga dapat memengaruhi kemungkinan seseorang mengalami jerawat. Jika orangtua atau anggota keluarga dekat mengalami jerawat, kemungkinan anak atau keluarga tersebut juga akan mengalami jerawat.

Stress juga dapat memengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh, yang kemudian dapat memicu produksi minyak berlebih pada kulit dan meningkatkan risiko jerawat.

4. Penggunaan kosmetik dan lingkungan

Penggunaan kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit atau produk yang mengandung bahan kimia tertentu juga dapat memicu jerawat. Produk yang terlalu berat atau mengandung minyak dapat menyumbat pori-pori kulit dan memicu jerawat.

Faktor lingkungan seperti polusi udara, paparan sinar matahari, dan kelembapan yang tinggi juga dapat memengaruhi kulit dan menyebabkan jerawat.

Info wajib baca: 5 Cara Menggunakan Aloe Vera Gel untuk Wajah, dari Pelembab hingga Aftershave!

Makanan Penyebab Jerawat di Dagu

Selain faktor-faktor di atas, makanan juga bisa jadi salah satu faktor yang dapat menimbulkan jerawat di dagu kamu. Kira-kira apa aja, ya? Simak sampai habis di bawah ini!

1. Makanan penyebab jerawat di dagu: Makanan berlemak tinggi

Makanan berlemak tinggi, seperti makanan cepat saji, gorengan, dan makanan olahan, dapat memicu produksi sebum berlebih pada kulit, yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Salah satu jenis makanan ini juga dapat meningkatkan peradangan pada kulit, yang bisa membuat jerawat di dagu kamu semakin meradang.

2. Makanan manis

Siapa, sih, yang nggak suka makanan manis seperti permen, kue, dan minuman bersoda? Perlu diwaspadai, makanan ini dapat menyebabkan peningkatan gula darah dan menstimulasi produksi insulin, yang dapat memicu produksi sebum berlebih pada kulit.

Selain itu, makanan yang manis juga dapat meningkatkan peradangan pada tubuh, dan dapat memperburuk kondisi jerawat.

3. Makanan penyebab jerawat di dagu: Makanan pedas

makanan penyebab jerawat di dagu
Source: Forsyth Woman

Makan makanan yang pedas seperti cabai, merica, dan bumbu pedas lainnya dapat meningkatkan suhu tubuh, dan memicu peradangan pada kulit. Makanan pedas juga dapat meningkatkan produksi sebum pada kulit, yang dapat menyebabkan jerawat.

4. Susu dan produk susu

Bukan rahasia umum lagi kalau jenis makanan olahan susu dan produk susu juga dapat menyebabkan peradangan pada kulit dan memicu produksi sebum berlebih. Susu juga mengandung hormon yang dapat memicu produksi sebum pada kulit, yang dapat menyebabkan jerawat.

Khususnya untuk susu sapi, karena beberapa orang bisa mengalami intoleransi laktosa dan berkontribusi terhadap peradangan pada kulit.

Info wajib baca: Manfaat Putih Telur untuk Wajah, Salah Satunya Mengurangi Garis Halus!

5. Makanan tinggi karbohidrat

Makanan tinggi karbohidrat, seperti roti, nasi, dan pasta, dapat meningkatkan produksi insulin dalam tubuh dan memicu produksi sebum berlebih pada kulit. Karbohidrat juga dapat memicu peradangan pada tubuh, yang dapat membuat jerawat lebih parah.

6. Makanan mengandung gluten

Beberapa orang memiliki sensitivitas terhadap gluten, yang dapat memicu peradangan pada kulit dan membuat jerawat semakin buruk. Makanan yang mengandung gluten termasuk gandum, barley, dan gandum hitam.

7. Makanan penyebab jerawat di dagu: Makanan yang terlalu asin

yang terlalu asin
Source: Men’s Health

Makanan asin yang mengandung banyak garam, juga akan mendorong produksi sebum yang ada di wajah kamu. Garam juga dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan mengakibatkan jerawat di wajahmu.

Hati-hati jika ingin memakan makanan yang asin, pastikan agar tidak berlebih, atau cobalah untuk tidur sebelum mengonsumsi makanan asin tersebut beberapa jam sebelumnya agar terhindar dari masalah ini.


Walaupun jerawat nggak berbahaya secara medis, tapi hal ini bisa mengganggu kepercayaan diri seseorang dan memengaruhi kualitas hidup. Makanya, penting untuk menjaga kebersihan kulit dan menghindari penggunaan produk kosmetik yang berbahaya.

Mengikuti gaya hidup sehat dan makan makanan yang seimbang juga penting agar kulit wajah tetap bersih. Kalau jerawat sering muncul dan menyebabkan gangguan, sebaiknya kamu segera berkonsultasi dengan dokter atau dermatolog untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare