...
makanan tradisional jawa
5-min read

8 Makanan Tradisional Jawa yang Punya Cita Rasa Autentik | Ada Gudeg hingga Rawon

makanan tradisional jawa

Yuk, cicipin rekomendasi makanan tradisional Jawa berikut ini!

Salah satu makanan khas daerah yang cukup digemari oleh banyak kalangan adalah makanan tradisional Jawa. Bukan hanya lezat dan menggugah selera, namun biasanya makanan Jawa juga memiliki sejarah panjang di baliknya .

Ciri dari makanan khas Jawa yaitu memiliki rasa yang gurih serta berpadu dengan rasa manis dan bumbu-bumbu tradisional. Sudah pasti makanan tradisional Jawa selalu diburu banyak orang untuk mengisi perut. Nah, kira-kira apa saja makanan tradisional Jawa yang punya cita rasa autentik?

Info wajib baca: Kelezatan Makanan Khas Aceh yang Unik dan Wajib Dicoba

8 Makanan Tradisional Jawa yang Punya Cita Rasa Autentik

Kalau kamu sedang mencari inspirasi makanan tradisional Jawa apa yang ingin dicoba, pas banget baca artikel ini karena ada beberapa rekomendasi yang wajib kamu cicipi, nih. Dijamin akan membuat lidahmu bergoyang, berikut ini rekomendasinya:

1. Soto kudus

makanan tradisional jawa
Source: orbitindonesia.com

Soto kudus adalah salah satu jenis makanan tradisional Jawa yang sangat populer. Seperti namanya, soto kudus berasal dari Kota Kudus di Jawa Tengah.

Makanan ini terdiri atas kaldu ayam yang gurih dan daging ayam rebus, kol, seledri, dan taoge sebagai pelengkapnya. Selain menggunakan daging ayam, soto kudus juga bisa memakai daging sapi ataupun daging kerbau. Agak mirip dengan soto ayam, sih.

Hal yang paling membedakan soto ini dengan yang lainnya adalah penyajiannya yang menggunakan mangkuk kecil. Nggak hanya itu saja, beberapa warung soto kudus juga menyediakan kerupuk udang sebagai pelengkap agar rasanya semakin lezat ketika disantap.

2. Gudeg

makanan tradisional jawa
Source: bogorinsider.com

Gudeg adalah masakan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah. Keunikan gudeg terletak pada proses memasaknya yang cukup lama, bahkan bisa mencapai 8 jam lamanya.

Biasanya gudeg disajikan dengan lauk pauk seperti ayam atau telur serta sambal krecek sebagai pelengkap. Rasanya manis dan sedikit pedas karena penggunaan kelapa parut dan cabai rawit dalam bumbunya.

Gudeg menjadi salah satu makanan tradisional Jawa yang sangat digemari oleh banyak orang. Selain rasanya enak, kelezatan gudeg juga didukung oleh variasi cara penyajiannya, yaitu ada gudeng basah dan gudeng kering

Gudeg basah biasanya memiliki kuah yang lebih berair serta disajikan dengan daun singkong dan sambal goreng krecek yang berkuah. Sedangkan, gudeg kering memiliki kuah lebih kental, sambal goreng krecek yang kering, serta cita rasanya lebih manis daripada gudeng basah.

3. Garang asem

Source: jangkara.com

Garang asem adalah salah satu makanan tradisional Jawa yang sangat terkenal di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Makanan ini biasanya terbuat dari daging sapi atau ayam yang dimasak dengan bumbu-bumbu khas, seperti daun jeruk purut, asam jawa, cabai merah, tomat hijau, dan kacang panjang.

Rasa garang asem sangat unik karena kombinasi antara rasa asam dan pedas yang pas di lidah. Selain menyegarkan tenggorokan, makanan ini juga dapat menghangatkan tubuh pada saat cuaca dingin. Apalagi, kalau disantap dengan nasi putih hangat, cita rasanya begitu nikmat.

Dalam cara penyajiannya pun cukup beragam, mulai dari kuahnya dituang langsung ke dalam mangkuk hingga ada juga yang menyajikan dalam wadah keramik agar lebih awet panasnya. Kalau kamu sedang ingin menyantap makanan berkuah, wajib coba makanan satu ini!

4. Nasi grombyang

Source: ayoyogya.com

Nasi grombyang merupakan salah satu makanan tradisional Jawa yang terkenal di daerah Pemalang, Jawa Tengah. Dinamakan nasi grombyang karena nasi ini disajikan dengan kuah lebih lebih banyak dari pada isinya, sehingga terlihat “grombyang-grombyang”.

Nasi ini juga memiliki isian berupa daging kerbau, kuah gurih, dan tersaji di mangkuk kecil. Yuk, cobain makanan satu ini!

5. Rujak cingur

Source: urbanjabar.com

Rujak cingur adalah salah satu makanan tradisional Jawa yang paling terkenal. Satu-satunya bahan unik dari rujak cingur adalah cingur itu sendiri, yaitu bagian hidung sapi atau kerbau. Cingur direbus sampai empuk dan diiris tipis-tipis sebelum dicampurkan ke dalam bumbu rujak yang pedas manis.

Rujak cingur biasanya disajikan dalam porsi kecil atau sebagai makanan ringan. Hidangan ini memiliki tekstur kaya dan beragam karena perpaduan antara sayuran segar, buah-buahan, dan cingur yang empuk. Rujak cingur juga dikenal karena kelezatan bumbu petis yang memberikan rasa khas dan menggugah selera.

Info wajib baca: 5 Makanan Khas Jepara yang Unik, tapi Enak! Pernah Denger Horok-Horok?

6. Rawon

Source: orami.co.id

Rawon adalah salah satu makanan khas Jawa Timur yang terkenal dengan kuahnya yang hitam pekat. Kuah rawon sendiri dibuat dari bahan rempah-rempah seperti keluwak, kunyit, jahe dan lain-lain. Rempah-rempah tersebut kemudian dihaluskan dan dicampurkan dengan potongan daging sapi sebagai bahan utama.

Mungkin bagi sebagian orang, warna hitam pada kuah rawon bisa sedikit membingungkan karena tidak biasa ditemukan pada menu masakan lainnya. Namun jangan khawatir, karena rasanya sangat lezat! Kuahnya yang gurih dipadukan dengan daging empuk serta aromanya yang wangi akan membuat siapa saja ketagihan mencicipinya.

7. Pecel madiun

Source: selingkarwilis.com

Pecel madiun adalah salah satu makanan tradisional Jawa terkenal lewat cita rasanya khas dan bumbu rempahnya yang lezat. Makanan ini terdiri dari sayuran segar seperti kangkung, kacang panjang, daun singkong, dan lain-lain, lalu diberi saus kacang yang gurih dan pedas.

Saus kacang pecel madiun dibuat dari bahan-bahan alami seperti kacang tanah sangrai, cabai rawit merah, petis udang, air asam jawa, gula merah dan garam. Ketika disajikan bersama nasi putih hangat serta gorengan atau tempe bacem sebagai pelengkapnya membuat makanan ini menjadi semakin nikmat.

Kegunaannya tidak hanya sekadar memenuhi rasa lapar saja tetapi juga memiliki nilai nutrisi tinggi karena di dalamnya terdapat banyak sayuran sehingga dapat membantu menjaga tubuh agar tetap sehat. Selain itu, pecel juga sering kali dijadikan menu sarapan pagi bagi warga Jawa Timur.

8. Lontong balap

makanan tradisional jawa
Source: sewaktu.com

Hidangan terakhir yang wajib kamu coba adalah lontong balap. Hidangan ini terdiri atas potongan lontong yang disajikan dengan taoge, tahu goreng, lentho, serta kuah dengan cita rasa asin, manis, dan gurih.

Makanan ini bernama “lontong balap” karena konon di Jawa Timur ada penjual-penjual lontong yang biasanya membawa dagangannya keliling kota Surabaya dan biasanya jalannya cukup kencang. Hidangan ini memiliki cita rasa yang kaya dengan perpaduan antara tekstur kenyal dari lontong, kelezatan tahu goreng, dan gurihnya lentho.


Nah, itulah delapan makanan tradisional Jawa yang patut kamu coba. Nggak hanya menawarkan rasa yang lezat, namun makanan tersebut juga sarat akan sejarah dan budaya lokal, lho. Dari beberapa makanan di atas, mana yang jadi favorit kamu, nih?

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare