...
makanan yang mengandung purin tinggi
5-min read

7 Makanan yang Mengandung Purin Tinggi, Hati-hati Mengonsumsinya

makanan yang mengandung purin tinggi

Makanan yang mengandung purin tinggi ada apa aja, ya?

Siapa yang nggak suka makan makanan lezat? Tapi tahukah kamu bahwa ada beberapa jenis makanan yang mengandung purin tinggi dan sebaiknya dikonsumsi dengan hati-hati?

Purin sendiri adalah senyawa alami yang terdapat dalam banyak makanan dan dapat meningkatkan risiko penyakit asam urat jika dikonsumsi secara berlebihan, sama halnya dengan mengonsumsi makanan penyebab kista yang pastinya dapat menyebabkan atau memperparah kista tersebut.

Buat kamu yang belum tau terkait senyawa ini, berikut kita akan bahas lebih lanjut tentang apa itu purin, dan makanan yang mengandung purin tinggi apa aja yang perlu dihindari biar kesehatanmu terjaga. Yuk simak!

Apa Itu Purin?

purin
Source: Qureta

Purin adalah senyawa organik yang terdapat di dalam banyak makanan, terutama daging, ikan, dan makanan laut. Purin sendiri merupakan zat yang penting untuk tubuh karena merupakan salah satu bahan pembentuk asam nukleat (DNA dan RNA), serta berperan dalam beberapa proses metabolisme tubuh.

Namun, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Asam urat sendiri merupakan hasil metabolisme purin dalam tubuh. Kalau kadar asam urat terlalu tinggi, maka dapat menyebabkan terbentuknya kristal asam urat di persendian.

Sehingga, hal tersebut akan menyebabkan kondisi yang disebut dengan asam urat atau podagra. Kondisi ini ditandai dengan rasa nyeri, bengkak, dan kaku pada sendi, terutama pada ibu jari kaki, lutut, dan pergelangan kaki.

Ketika tubuh memecah purin, ia menghasilkan asam urat. Jika kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi, dapat menyebabkan kondisi medis yang dikenal sebagai asam urat tinggi atau gout. Oleh karena itu, penting untuk menghindari atau membatasi makanan yang mengandung purin tinggi bagi mereka yang memiliki masalah dengan asam urat tinggi atau gout.

Beberapa jenis makanan yang mengandung purin tinggi antara lain daging merah, jeroan (hati, limpa, ginjal), ikan seperti sarden, ikan teri, dan udang, serta beberapa jenis sayuran.

Info wajib baca: Apa Saja Tanda-Tanda Alergi Makanan? Yuk, Kenali dan Atasi!

Tabel Makanan yang Mengandung Purin Tinggi

makanan yang mengandung purin tinggi
Source: Blibli

Sebagai salah satu senyawa penyebab asam urat, purin ternyata terdapat di beberapa makanan berikut ini. Berarti nih, kamu atau orang tuamu yang punya riwayat penyakit asam urat, harus mengurangi atau bahkan berheti mengkonsumsi makanan-makanan berikut ini.

1. Daging merah

Daging merah, seperti daging sapi, babi, dan kambing, mengandung purin tinggi. Makanan ini juga kaya akan protein, yang dapat memicu produksi asam urat dalam tubuh. Sebagai alternatif, makanlah daging ayam, ikan, atau kacang-kacangan, yang mengandung purin yang lebih rendah.

2. Produk daging olahan

Produk daging olahan seperti sosis, bacon, dan ham mengandung purin tinggi. Makanan ini juga kaya akan sodium, yang dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Sebagai alternatif, makanlah daging segar dan memasak sendiri.

3. Ikan sebagai makanan yang mengandung purin tinggi

Beberapa jenis ikan, seperti sarden, makarel, dan ikan teri, mengandung purin tinggi. Sebagai alternatif, makanlah ikan laut seperti salmon, tuna, atau udang, yang mengandung purin yang lebih rendah.

4. Jeroan hati dan ginjal

Hati dan ginjal mengandung purin tinggi dan sebaiknya dihindari atau dikonsumsi dengan porsi kecil. Alternatif yang lebih sehat adalah konsumsi daging tanpa lemak seperti daging ayam atau ikan.

5. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol seperti bir dan anggur mengandung purin tinggi dan dapat memicu produksi asam urat dalam tubuh. Selain itu, minuman beralkohol juga dapat menyebabkan dehidrasi, yang dapat meningkatkan risiko asam urat tinggi. Sebagai alternatif, minumlah air putih dan jus buah.

6. Makanan sayuran tertentu yang mengandung purin tinggi

Beberapa sayuran seperti bayam, kembang kol, dan asparagus, mengandung purin tinggi. Namun, sayuran tidak perlu dihindari sepenuhnya, karena mengandung nutrisi penting yang bermanfaat bagi tubuh.

Sebagai alternatif, konsumsilah sayuran yang mengandung purin lebih rendah seperti brokoli, wortel atau kacang polong.

7. Produk susu tinggi lemak

Produk susu tinggi lemak seperti keju dan susu full cream dapat mengandung purin tinggi. Sebagai alternatif, pilihlah produk susu rendah lemak atau tanpa lemak seperti susu skim atau keju rendah lemak.

Info wajib baca: 8 Makanan Penambah Berat Badan yang Alami dan Menyehatkan


Itu tadi beberapa makanan tinggi purin yang harus kamu atau keluargamu waspadai kalau memiliki penyakit asam urat. Bukan berarti nggak bisa makan enak, tetep bisa, kok dengan alternatif yang juga diberikan di atas!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare