...
perbedaan resume dan cv
5-min read

Perbedaan Resume dan CV Beserta Tips Bikin Resume dan CV yang Benar

perbedaan resume dan cv

Sebagian orang menganggap bahwa resume dan Curriculum Vitae (CV) sama, padahal keduanya berbeda, lho. Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui perbedaannya!

Apakah kamu sedang mencari pekerjaan dan bingung antara membuat resume atau CV? Keduanya memang sering digunakan dalam dunia kerja, namun ternyata memiliki perbedaan yang cukup signifikan, lho.

Tidak hanya bagi para pencari kerja yang sedang menyiapkan dokumen untuk melamar pekerjaan, CV dan resume juga dapat digunakan oleh kamu yang masih duduk di bangku kuliah alias mahasiswa juga, nih. Mahasiswa dapat menggunakannya untuk kegiatan magang, melamar beasiswa, dan lainnya.

Maka, di artikel ini akan membahas secara lengkap tentang perbedaan antara resume dan CV serta tips-tips membuat kedua dokumen tersebut dengan benar agar dapat meningkatkan peluangmu meraih posisi impian!

Info wajib baca: 7 Pilihan Pekerjaan Sampingan Online, Cuma Modal Hp Dapat Uang!

Apa itu Resume dan CV?

Resume dan CV adalah dua istilah yang sering dibandingkan. Meskipun kedua istilah ini sebenarnya berbeda, banyak orang yang masih menganggap keduanya sama. Oleh karena itu, perlu untuk memahami apa itu resume dan CV supaya kamu paham mana yang harus digunakan ketika melamar pekerjaan.

1. Resume

Resume adalah ringkasan dari riwayat pendidikan dan pengalaman kerja kamu. Resume harus fokus pada informasi yang relevan dengan posisi yang kamu lamar saat ini. Selain itu, resume juga harus disajikan secara ringkas agar mudah dibaca oleh perekrut.

Dokumen ini biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan di perusahaan swasta atau publik, dan digunakan untuk menunjukkan kemampuan dan pengalaman kerja yang dimiliki. Dokumen ini biasanya terdiri dari satu atau dua halaman, dan tidak terlalu terperinci.

2. CV

Sementara CV atau Curriculum Vitae adalah daftar lengkap riwayat hidup baik pendidikan maupun pengalaman kerja. CV biasanya lebih panjang daripada resume dan umumnya digunakan untuk melamar pekerjaan di bidang kreatif, bidang teknologi informasi, bidang pemasaran digital, dan masih banyak lagi.

CV juga dapat digunakan untuk melamar beasiswa, pendidikan tinggi, atau pekerjaan bidang akademik. CV berisi detail tentang pendidikan, pengalaman kerja, publikasi, penelitian, dan penghargaan yang dimiliki seseorang. CV biasanya lebih panjang dari resume dan bisa mencapai beberapa halaman.

Perbedaan Resume dan CV

perbedaan resume dan cv
Source: The Asian Parent

Banyak orang yang tidak tahu perbedaan antara resume dan CV. Padahal, kedua jenis dokumen ini sangat berbeda. Berikut adalah perbedaan utama antara resume dan CV.

1. Dari segi kegunaan

Resume biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan di perusahaan swasta atau publik, dan digunakan untuk menunjukkan kemampuan dan pengalaman kerja yang dimiliki. Sebuah resume mestinya cepat dibaca dan mudah dipahami. 

Sementara CV (curriculum vitae) biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan di bidang kreatif, bidang teknologi informasi, bidang pemasaran digital, dan masih banyak lagi.

CV juga dapat digunakan untuk melamar beasiswa, pendidikan tinggi, atau pekerjaan bidang akademik. CV berisi detail tentang pendidikan, pengalaman kerja, publikasi, penelitian, dan penghargaan yang dimiliki seseorang. 

2. Dari segi konten

Secara isi, resume ditulis sedemikian rupa tergantung posisi yang akan kamu lamar. Berbeda dengan CV yang berisikan informasi lengkap mengenai dirimu.

Urutan-urutan informasi dalam CV juga harus sesuai. Mulai dari riwayat akademik, pekerjaan, hingga pencapaian harus ditulis secara lengkap.

Lalu, isi resume dapat disesuaikan agar lebih relevan dengan posisi yang dilamar. Kamu bisa menuliskan informasi-informasi seperti riwayat pekerjaan dan kemampuan paling relevan yang kamu miliki.

3. Dari segi panjang halaman

Resume berisikan ringkasan singkat mengenai kemampuanmu dalam satu halaman. Sebagian besar resume hanya berisi 1-2 halaman. 

Sementara itu, karena CV berisikan informasi lengkap mengenai kehidupanmu, maka CV memiliki halaman yang lebih panjang dan bisa lebih dari 2 halaman.

Info wajib baca: 8+ Cara Sopan Menjawab Panggilan Kerja lewat Email untuk Para Calon Karyawan!

Tips Bikin Resume dan CV yang Benar

Resume dan CV merupakan dua hal yang berbeda. Resume adalah ringkasan dari pengalaman kerja yang kamu miliki, sementara CV adalah sebuah daftar riwayat hidup lengkap. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat resume dan CV yang baik:

  1. Pastikan untuk menyertakan informasi tentang pendidikan dan latar belakang kerja kamu
  2. Tulis dengan jelas dan ringkas. Jangan menceritakan terlalu banyak detail yang tidak perlu atau tidak relevan
  3. Gunakan bahasa yang baku dan formal, hindari penggunaan kata-kata yang non formal atau gaul, termasuk kata-kata singkatan. Perhatikan juga tata bahasanya, ya
  4. Tulislah dengan font yang mudah dibaca dan umum digunakan
  5. Gunakan judul untuk setiap bagian informasi sehingga memudahkan perekrut dalam menemukan informasi yang mereka cari
  6. Buatlah daftar riwayat hidup kamu sesuai dengan posisi yang kamu lamaran. Jika kamu melamar pekerjaan di bidang akuntansi, pastikan untuk menyertakan informasi tentang pengalaman kamu di bidang ini
  7. Jelaskan secara singkat apa yang kamu lakukan di setiap pekerjaan yang pernah kamu miliki
  8. Fokus pada bagian yang relevan dengan posisi yang dilamar
  9. Tambahkan informasi tentang keterampilan tambahan atau keahlian khusus yang kamu miliki
  10. Sertakan beberapa referensi yang bisa dihubungi untuk mengkonfirmasi informasi di CV atau resume kamu
  11. Periksa kembali resume atau CV milikmu sebelum mengirimkannya. Pastikan bahwa informasi yang telah kamu cantumkan adalah benar dan update. Jangan lupa untuk memerisa kesalahan penulisan dan format

Itulah penjelasan mengenai perbedaan resume dan CV secara lengkap dan mendalam. Semoga penjelasan di atas dapat kamu pahami sehingga memudahkan kamu dalam membuat kedua jenis dokumen tersebut, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare