...
pusat oleh-oleh solo
5-min read

Jalan-Jalan ke Solo? Kunjungi Pusat Oleh-Oleh Solo Murah Ini | Nikmati juga Kuliner Khasnya

pusat oleh-oleh solo

Banyak pilihan di pusat oleh-oleh Solo untuk suvenir orang tersayang.

Kalau liburan ke suatu kota, kayanya nggak afdol kalau kita belum beli oleh-oleh, ya, nggak? Setiap kota pasti punya pusat toko oleh-olehnya masing-masing. Salah satunya yaitu pusat oleh-oleh Solo.

Siapa, sih, yang nggak tahu kota Solo? Salah satu kota yang berprovinsi di Jawa Tengah itu terkenal akan berbagai jenis budaya mulai dari batik, kerajinan, kuliner, tempat wisata, dan masih banyak lagi. Yuk, kenalan dulu sama kota Solo dan keragaman budaya yang ada di dalamnya biar makin sayang.

Slogan Kota Solo “The Spirit of Java

Karena keunikan dan keberagaman budaya yang dimiliki oleh Solo, kota ini dijuluki dengan nama “The Spirit of Java“.

solo the spirit of java
Source: Solopos.com

Lalu, apa makna dari “The Spirit of Java” itu? Istilah “Solo the Spirit of Java” ini merupakan citra atau branding yang dimiliki oleh Kota Solo, yang berarti bahwa Solo sebagai jiwanya Jawa. Slogan tersebut pertama kali diciptakan pada tahun 2005 dan disahkan pada tahun 2008 melalui peraturan bersama Kepala Daerah Solo Raya.

Sebelumnya, logo “Solo The Spirit of Java” mengalami perubahan pada 2022 yang dilakukan melalui perlombaan desain ulang logo. Dari hasil perlombaan tersebut, kemudian lahir logo “Solo The Spirit of Java” yang sekarang ini menggunakan warna ungu dan hijau. Logo tersebut merupakan hasil karya warga Bandung bernama Andrea Isa.

Warna ungu pada logo menggambarkan keagungan dan kekayaan budaya Kota Solo, sedangkan warna hijau mewakili pertumbuhan atau sustainability dari Kota Solo. Garis berbentuk kurva melengkung yang menggambarkan ekspresi senyum mewakili keramahan dan segala bentuk kearifan lokal yang dimiliki oleh Kota Solo.

Tak hanya dijuluki “The Spirit of Java“, Kota Solo juga memiliki berbagai julukan lain di antaranya yaitu Kota Pariwisata, Kota Budaya, Kota Seniman, hingga Kota Batik. Selain tempat, benda dan peninggalan sejarah, slogan “The Spirit of Java” juga dapat dicerminkan melalui kulinernya yang beragam.

Info wajib baca: 6 Tempat Wisata di Solo yang Instagramable, Pernah ke Sini?

Kuliner Khas Kota Solo

Berikut beberapa rekomendasi kuliner khas Kota Solo yang wajib kamu cobain kalau kamu liburan ke sana!

1. Selat Solo

Selat Solo kuliner khas Solo
Source: detikFood

Jika dilihat dari gambarnya, Selat Solo ini memang memiliki kemiripan dengan makanan luar negeri yang disebut dengan steak. Namun, Selat Solo ini lebih bersifat lokal karena dimasak dengan daging semur dan telur yang dihiasi beberapa sayuran seperti wortel, kentang, timun, tomat, dan daun selada.

Selat Solo ini juga disajikan dengan kuah encer yang manis. Tidak hanya menggugah selera, Selat Solo ini juga mengenyangkan karena memiliki penyajian yang lengkap dan sehat.

2. Timlo Solo

Timlo Solo
Source: Kilas.co

Kuliner khas Kota Solo satu ini dilengkapi oleh wortel, telur pindang, sosis solo, jamur kuping, soun, dan kentang. Sajian timlo ini merupakan makanan yang terinspirasi dari makanan berkuah di kalangan etnis Tionghoa yang bernama sup kimlo.

Seiring dengan berjalannya waktu, kimlo kemudian menjadi populer di kalangan masyarakat Jawa dengan sebutan lain yaitu timlo. Timlo sendiri banyak dikenal di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

3. Nasi Liwet Solo

nasi liwet solo
Source: Endeus.TV

Sajian khas Kota Solo selanjutnya yaitu nasi liwet yang juga merupakan salah satu ikon kuliner Kota Solo. Nasi liwet Kota Solo ini berbeda dari nasi liwet yang ada di daerah Jawa Barat dan daerah lain karena memiliki ciri khasnya sendiri.

Nasi Liwet Kota Solo ini merupakan nasi yang dilengkapi oleh bumbu gurih dan disiram dengan kuah sayur labu siam. Terdapat berbagai macam sajian pendamping untuk memasak Nasi Liwet Solo ini, bisa menggunakan ayam suwir maupun telur rebus plus beberapa lauk lainnya seperti kentang, tempe, dan lain-lain.

4. Sate Kere

Sate Kere khas Solo
Source: Kompas.com

Nah, kere yang satu ini punya arti yang hampir mirip sama istilah kata zaman sekarang, yaitu nggak punya duit. Sate Kere ini merupakan salah satu kuliner khas yang bisa kamu temuin di Kota Solo, lho. Apa, sih, yang bedain Sate Kere ini dari sate lainnya?

Berbeda dari sate pada umumnya yang biasanya menggunakan bahan dasar daging kambing, sapi, atau lainnya, sate kere ini merupakan makanan yang bahan bakunya terbuat dari tempe gembus yang disiram bumbu kacang. Kuliner ini merupakan salah satu kuliner terkenal di kalangan masyarakat.

Nah, zaman dahulu, warga pribumi tidak dapat menikmati sate yang berbahan dasar daging, sehingga mereka hanya memakan sate dengan bahan-bahan sisanya. Hal tersebut kemudian melahirkan si sate kere yang sekarang menjadi makanan populer khas Kota Solo. Selain memiliki nilai bersejarah, makanan ini unik juga, ya?

5. Lenjongan

Source: detikFood

Kalau dari tadi sudah bahas makanan yang berat, sekarang waktunya bahas makanan ringan yang manis khas Kota Solo yaitu lenjongan. Lenjongan ini merupakan sebutan nama bagi berbagai jenis jajanan pasar yang mayoritas bahan bakunya terbuat dari singkong.

Lenjongan sendiri terdiri atas berbagai makanan seperti gendar, klepon, sawut, jongkong, gatot, getuk, tiwul, cenil, klepon, ketan hitam, ketan putih, dan jagung dengan taburan parutan kelapa dan gula pasir atau gula merah yang telah dicairkan.

Info wajib baca: 8 Makanan Khas Bogor Wajib Coba hingga Jajanan yang Legendaris

Pusat Oleh-Oleh Solo

Setelah berkenalan sama beberapa kuliner khas Kota Solo tadi, sekarang waktunya kita menjelajah pusat oleh-oleh Solo, yuk! Buat kamu yang mau berlibur ke kota Solo dan beli oleh-oleh, kamu bisa mengunjungi beberapa rekomendasi tempat pusat oleh-oleh Solo di bawah ini.

1. Pasar Gede Solo

pasar gede solo
Source: orami.co.id

Pasar Gede Hardjonagoro atau yang biasa dikenal di kalangan masyarakat dengan sebutan Pasar Gede ini merupakan salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi jika kamu ingin membeli oleh-oleh khas Solo. Pasar ini juga merupakan pasar terbesar di Kota Solo!

Pasar Gede Solo ini terletak di Jalan Jenderal Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Kecamatan Jebres, Kota Solo, Jawa Tengah. Pasar ini juga buka 24 jam sehingga kamu dapat mengunjungi pasar ini kapan saja.

Fasilitas yang terdapat di Pasar Gede ini di antaranya yaitu area parkir, toko dan outlet barang-barang menarik khas Kota Solo, tempat makan, toilet, panggung hiburan, dan kedai kopi. Kamu juga dapat menemukan aneka jajanan khas kota Solo antara lain nasi liwet, timlo, pecel, kembang gempol, jenang, klepon, rambak, keripik paru, dan aneka jajanan yang lain.

2. Pasar Klewer Solo

pasar Klewer Solo
Source: orami.co.id

Pusat oleh-oleh Solo yang murah selanjutnya adalah Pasar Klewer Solo yang berlokasi di Jalan Dr. Rajiman Blok GG 18 No.50, Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Selain menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi oleh wisatawan yang ingin belanja oleh-oleh, Pasar Klewer Solo ini juga menjadi salah satu tempat favorit warga Solo sendiri.

Pasar Klewer Solo ini merupakan pusat grosir batik terbesar di kota Solo. Nama Klewer sendiri berasal dari sejarah pasar tersebut yang dahulunya digunakan untuk tempat perdagangan pada masa penjajahan Jepang dan hingga sekarang dikenal dengan nama Klewer karena banyak yang membawa batik dan kain kleweran atau terjuntai.

Beberapa fasilitas yang disediakan oleh Pasar Klewer antara lain area parkir, pusat informasi, gerai atau toko barang-barang menarik, warung makan, toilet umum, dan musala. Pasar Klewer ini dibuka setiap hari mulai dari pukul 09.00 -18.00 WIB.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk membeli baju batik, tempat ini wajib kamu kunjungi kalau kamu pergi ke Solo. Pasar Klewer Solo ini juga menyediakan baju batik mulai dari usia anak-anak hingga dewasa, lengkap!

3. Pusat Grosir Solo

pusat grosir solo
Source: Dinas Pariwisata Solo

Rekomendasi pusat oleh-oleh Solo berikutnya ialah Pusat Grosir Solo (PGS). Pusat Grosir Solo ini merupakan pusat belanja grosir maupun eceran yang cukup besar dan lengkap di Kota Solo.

Pusat Grosir Solo ini terletak di Jalan Dr. Rajiman Blok GG 18 No.50, Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Pusat Grosir Solo ini memiliki jam operasional yang buka dari pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Pusat Grosir Solo menyediakan beberapa toko yang menjual tidak hanya baju batik namun juga berbagai macam model kaus, celana, dan pakaian untuk anak-anak. Pedagang-pedagang disana juga menjual barang-barang seperti sprei, handuk, kerudung, mukena, tas, dan berbagai jenis aksesori lainnya.


Itulah penjelasan singkat tentang Kota Solo dan beberapa rekomendasi kuliner serta pusat oleh-oleh Solo. Untuk kamu yang ingin mengunjungi Kota Solo, jangan lupa cobain beberapa kuliner dan mengunjungi pusat oleh-oleh Solo diatas ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare