...
resep perkedel jagung
5-min read

7 Resep Perkedel Jagung Aneka Macam, Dijamin Enak dan Antigagal!

resep perkedel jagung

Intip resep perkedel jagung yang mudah, enak, dan nggak bosenin, dijamin antigagal!

Perkedel jagung adalah salah satu makanan Indonesia yang banyak digemari. Selain jagung, ada juga menu olahan lain seperti perkedel kentang sampai perkedel tahu.

Tahukah kamu kalau nama perkedel sendiri diambil dari “frikadeller” atau “frikadel” yang artinya bola daging khas Belanda. Ada juga yang mengatakan kalau perkedel merupakan singkatan dari persatuan kentang dan telur.

Nah, kalau kamu doyan perkedel jagung tapi bingung cara membuatnya, di artikel ini ada tujuh resep perkedel jagung aneka macam yang dijamin enak dan antigagal. Simak sampai habis, ya!

Resep Perkedel Jagung Mudah, Dijamin Enak!

Dari perkedel jagung biasa, udang, sampai mercon, berikut ini tujuh resep yang wajib kamu coba!

1. Resep simple

resep perkedel jagung
Source: Instagram/@litarizkymaulana

Resep pertama adalah perkedel jagung sederhana alias yang biasa-biasa aja, nih. Bahan-bahannya juga gampang banget, mulai dari jagung, wortel, daun bawang, seledri, cabai, tepung mocaf atau tepung terigu, garam, kaldu jamur, dan air secukupnya.

Cara membuatnya mudah banget. Pertama-tama, sisir jagung tipis-tipis hingga bijinya terlepas semua dari bonggolnya. Kalau perlu, kamu juga bisa memarut bonggolnya hingga menghasilkan air.

Kemudian kupas wortel, cuci, dan parut atau potong-potong. Lalu iris tipis seledri, cabai, dan daun bawang. Jika sudah, campur semua bahan dan aduk rata. Setelah memanaskan minyak, goreng adonan hingga kuning kecokelatan.

2. Resep telur puyuh

resep perkedel jagung
Source: Yummy App

Untuk resep ini, kamu hanya perlu menyiapkan dua buah jagung, tepung terigu, telur puyuh yang sudah direbus, daun bawang, dan 1 butir telur ayam.

Untuk bumbu halusnya adalah bawang merah dan bawang putih, merica, gula, dan garam.

Caranya masih sama, yaitu menyisir atau menyerut jagung. Kemudian campur jagung yang sudah disisir, tepung terigu, daun bawang, dan air secukupnya, serta bumbu yang sudah dihaluskan. Kamu bisa tes rasa terlebih dahulu, sebelum mencampurkan telur ayam.

Ambil satu sendok adonan, letakkan satu telur puyuh di atasnya, dan goreng di api yang sudah panas. Tunggu hingga warna menjadi kuning kecokelatan.

3. Perkedel jagung cumi

bakwan jagung
Source: Yummy App

Untuk bahan-bahannya, kamu bisa menyiapkan empat jagung, empat ekor cumi, tepung beras, tepung mocaf, tepung maizena, dan telur.

Sementara untuk bumbu halusnya, kamu bisa mencampur bahan 4 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, lada bubuk, ketumbar bubuk, kunyit bubuk, dan garam.

Caranya super gampil. Tinggal sisir jagung, dan campurkan dengan tepung, telur, bumbu halus, serta potongan cumi, kemudian aduk hingga rata.

Ambil satu sendok adonan dan goreng di minyak yang sudah panas. Goreng hingga kekuningan, angkat, lalu sajikan.

4. Perkedel jagung Manado

resep perkedel jagung
Source: Shutterstock/Ariyani Tedjo

Siapkan jagung manis, daun jeruk yang dibuang tulangnya dan diiris halus, daun bawang yang diiris, ketumbar bubuk, tepung beras, tepung terigu, garam, gula, air secukupnya, dan 1 butir telur.

Selanjutnya, ulek kasar 6 siung bawang merah dan empat siung bawang putih. Campur semua bahan-bahan yang disebutkan di atas menjadi satu dan aduk rata. Tunggu minyak hingga panas, ambil satu sendok adonan, dan goreng hingga matang.

Info wajib baca: 4 Cara Praktis Membuat Chicken Katsu yang Lezat | Lengkap dengan Resepnya Juga!

Resep Lainnya yang Bisa Kamu Coba

Selain resep perkedel jagung di atas, ada varian lainnya yang juga bisa kamu coba, nih. Yuk, kita intip resep dan cara membuatnya!

1. Perkedel jagung kriuk

resep perkedel jagung
Source: Tokopedia

Kalau kamu lebih suka gorengan yang kriuk, resep ini cocok banget buat kamu. Bahan yang dibutuhkan adalah dua jagung yang sudah disisir, dua telur ayam yang sudah dikocok, tepung terigu, garam, lada bubuk, dan kaldu jamur.

Cara membuatnya adalah dengan mengulek jagung secara kasar dan jangan sampai halus. Campur semua bahan yang sudah disebutkan terus aduk rata. Setelah minyak goreng panas, masukkan satu sendok makan adonan, terus tinggal goreng aja, deh, sampai matang atau berwarna kecokelatan. Jangan lupa langsung cobain dan rasakan kriuknya!

2. Perkedel jagung udang

bakwan jagung
Source: Selerasa.com

Kalau resep yang satu ini bahan-bahannya agak banyak, nih, tapi dijamin yahud abis! Siapkan tiga buah jagung yang sudah disisir, udang yang sudah dikupas dan dicincang, serta bawang bombai cincang.

Jangan lupa juga daun jeruk, daun bawang, dan cabai merah yang sudah diiris, serta bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan, tepung terigu, tepung beras, tepung maizena, dan dua telur ayam. Untuk penambah rasa, sediakan garam, gula, kaldu jamur, dan merica bubuk.

Nah, kamu tinggal campurkan saja, deh, bahan-bahan di atas. Setelah menunggu minyak panas, ambil satu sendok adonan dan masukkan ke dalam wajan. Goreng dengan api sedang hingga adonan berubah warna menjadi kuning keemasan.

3. Perkedel jagung mercon

bakwan jagung
Source: Cookpad/Ginanjar Vikaresti

Untuk bahan-bahannya, siapkan dua buah jagung yang sudah diiris atau dipipil, tepung terigu, cabai rawit merah diiris tipis, satu butir telur, tepung beras, air secukupnya, garam, merica bubuk, daun bawang yang diiris tipis, dan kaldu jamur.

Untuk membuatnya, kamu tinggal campurkan semua bahan-bahan yang sudah disiapkan. Panaskan minyak goreng, dan masukkan satu sendok adonan hingga adonan habis. Tunggu hingga adonan matang dan warnanya berubah keemasan. Jangan lupa dibolak-balik, ya. Kalau sudah oke, tinggal angkat dan tiriskan, deh!


Itu dia tujuh resep perkedel jagung aneka macam yang gampang banget dan bisa kamu buat di rumah atau kost. Selamat mencoba!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Medan Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare