...
struktur organisasi hotel
5-min read

Struktur Organisasi Hotel, Simak Selengkapnya di Sini!

struktur organisasi hotel

Pahami struktur organisasi hotel yang benar di sini, yuk!

Hotel merupakan sebuah bangunan yang dikelola secara komersial untuk memberikan pelayanan kepada para tamu berupa layanan penginapan, makan dan minum, serta layanan lainnya yang diberikan untuk mememenuhi kebutuhan pengunjung selama menginap, dan tentunya untuk mendapatkan keuntungan bagi pihak hotel.

Nah, dalam sebuah hotel, pasti membutuhkan banyak pekerja, nih, khususnya hotel-hotel besar atau berbintang 5. Maka dari itu, perlu banget adanya struktur organisasi yang dibuat khusus untuk hotel. Kamu ingin tahu bagaimana struktur organisasi hotel, kan? Pas banget, nih, di artikel ini akan membahasnya secara detail, jadi simak sampai habis, ya!

Info wajib baca: Contoh Struktur Perusahaan Ideal untuk Bisnis Kamu

Apa Itu Struktur Organisasi Hotel?

Struktur organisasi merupakan gambaran terkait tingkatan dan alur kepemimpinan serta menunjukkan hubungan wewenang dan tanggung jawab dari setiap unit kerja atau divisi dalam suatu organisasi.

Struktur tersebut berguna untuk membagi tugas setiap orang berdasarkan jabatannya. Dengan demikian, hotel dapat memberikan pelayanan dengan baik dan optimal, sehingga tamu hotel pun puas menginap di sana.

Struktur Organisasi Hotel Kecil (Bintang 1 dan 2)

struktur organisasi hotel
Source: Linov HR

Struktur organisasi untuk hotel kecil adalah struktur organisasi yang paling sederhana di dalam sebuah hotel. Kenapa demikian? Karena fasilitas serta tamu yang dimiliki oleh hotel kecil atau hotel bintang 1 dan bintang 2 tidak terlalu banyak dan lengkap.

Berikut ini struktur organisasi untuk hotel bintang 1 dan bintang 2 yang perlu kamu ketahui dalam sebuah hotel kecil.

1. Corporate Owner

Corporate Owner merupakan pemilik atau orang yang didapuk untuk mengawasi seluruh kegiatan sebuah hotel sebagai jabatan tertinggi.

2. Sturktur oranisasi hotel: General Manager

Sama seperti hotel besar dan menengah, jabatan teratas yang terdapat di hotel kecil adalah General Manager. Tugasnya yaitu bertanggung jawab terhadap semua kegiatan yang ada di hotel dan pekerja yang ada di bawahnya.

3. Front Office

Front Office merupakan salah satu divisi pekerjaan yang ada di hotel kecil yang bertugas dalam melayani tamu, seperti ketika tamu memesan kamar sampai dengan ketika tamu meninggalkan hotel. Teknologi seperti aplikasi invoice online dapat membantu divisi atau posisi ini dalam bekerja lebih cepat untuk menghasilkan invoice bagi tamu hotel, sehingga pelayanan akan lebih maksimal dan memuaskan.

4. Sturktur oranisasi hotel: Housekeeping

Housekeeping yaitu pekerja yang bertugas dalam menjaga kebersihan dan kerapian pada setiap bagian yang ada di hotel, terutama di kamar-kamar hotel.

5. F&B Department

F&B Department atau food and beverage department mempunyai tugas yang sama dengan hotel besar atu menengah, yaitu bertanggung jawab terhadap pengolahan dan penyajian makanan kepada tamu hotel.

6. Waiter

Waiter adalah bagian dari food and beverage service team yang mempunyai peran penting dalam lancarnya operasional di sebuah restaurant. Selain itu, tugasnya adalah mencatat dan membawakan makanan ke meja.

Struktur Organisasi Hotel Menengah atau Bintang 3

struktur organisasi hotel
Source: Nimbus9

Struktur organisasi untuk hotel menengah berada di tengah-tengah antara struktur organisasi untuk hotel besar dan untuk hotel kecil. Sebagai perbandingan, hotel menengah sama halnya dengan struktur organisasi untuk hotel bintang 3

1. Sturktur oranisasi hotel: Corporate Owner

Corporate Owner adalah pemilik atau orang yang ditunjuk untuk mengawasi seluruh kegiatan sebuah hotel sebagai jabatan tertinggi.

2. General Manager

Jabatan berikutnya yaitu general manager. Hal ini sama dengan struktur organisasi yang ada di hotel besar atau bintang 1 dan 2. Tugasnya pun sama, lho, yakni bertanggung jawab terhadap semua penyelenggaraan kegiatan hotel serta melakukan pengawasan terhadap performa kerja bawahannya.

3. Assistant General Manager

Sales and marketing manager adalah orang yang bertanggung jawab untuk merencanakan, mengarahkan, atau mengkoordinasikan kebijakan dan program pemasaran hotel.

4. Sturktur oranisasi hotel: Room Division

Room division yaitu divisi hotel yang bertanggung jawab dalam menyiapkan kamar tamu dan juga melayani tamu, seperti pemesanan kamar dan lain sebagainya.

5. F&B Department

Jabatan selanjutnya yang ada di hotel menengah yaitu F&B Department. Bagian ini bertugas dalam hal pengolahan dan penyajian makanan kepada para tamu hotel.

6. Personnel Manager/Human Resources

Human Resources merupakan divisi dalam sebuah hotel besar yang bertugas terhadap manajemen SDM yang hotel miliki dan mengatur sistem ketenagakerjaan. Peran teknologi juga biasanya sudah digunakan di hotel bintang 3 dalam membantu divisi ini dalam mengelola SDM nya, seperti absensi karyawan yang sudah dilakukan secara online dengan aplikasi absensi online.

7. Hotel Accounting

Seperti namanya, divisi Accounting bertugas dalam mengatur hal akuntansi atau hal yang berkaitan dengan keuangan hotel.

8. Engineering

Engineering merupakan divisi yang bertanggung jawab dalam memelihara dan memperbaiki fasilitas yang ada di hotel. Para karyawan di divisi ini biasa disebut seorang engineer atau teknisi.

Struktur Organisasi Hotel Besar (Bintang 4 dan 5)

struktur organisasi hotel
Source: Haluan Padang

Ini merupakan struktur organisasi terlengkap yang ada dalam sebuah hotel. Mengapa begitu? Hal ini karena hotel dengan kapasitas yang besar atau hotel berbintang 5 memiliki fasilitas yang lebih banyak, lengkap, dan cenderung mewah.

Tidak hanya itu, pelayanan yang ditawarkan juga lebih lengkap, sehingga membutuhkan tenaga kerja yang lebih banyak pula.

1. Corporate Owner

Seperti hotel kelas menengah dan kecil, Corporate Owner adalah pemilik atau orang yang ditunjuk untuk mengawasi seluruh kegiatan sebuah hotel sebagai jabatan tertinggi.

2. General Manager

General Manager merupakan pimpinan tertinggi yang ada di sebuah hotel. Tugasnya adalah bertanggung jawab terhadap semua penyelenggaraan kegiatan hotel serta melakukan pengawasan terhadap performa kerja bawahannya.

3. Sturktur oranisasi hotel: Assistant General Manager

Assistant General Manager yaitu jabatan yang ada di bawah langsung dari jabatan general manager. Tugasnya adalah untuk membantu seluruh tugas dari general manager.

4. Front Office

Front Office yaitu salah satu divisi pekerjaan yang ada di hotel berbintang 5 yang bertugas dalam melayani tamu, seperti ketika tamu memesan kamar sampai dengan ketika tamu meninggalkan hotel.

5. Housekeeping

Housekeeping merupakan jabatan yang ada dalam struktur organisasi selanjutnya. Divisi ini bertugas dalam menjaga kebersihan dan kerapian hotel.

6. Sturktur oranisasi hotel: F&B Service

F&B Service merupakan bagian hotel yang bertanggung jawab dalam menyajikan makanan. Namun, divisi ini hanya perlu menyiapkan makanan yang sudah disediakan oleh Food Production.

7. Engineering

Engineering merupakan salah satu divisi di hotel besar yang bertugas dalam pemeliharaan serta perbaikan semua fasilitas yang ada. Sebagai contoh, divisi ini bertugas dalam memelihara dan memperbaiki fasilitas yang ada di gedung, peralatan elektronik hotel, dan lain sebagainya.

8. Human Resources/Personalia

Human Resources merupakan divisi dalam sebuah hotel besar yang bertugas terhadap SDM yang hotel miliki dan mengatur sistem ketenagakerjaan.

9. Accounting

Accounting merupakan jabatan dalam sebuah hotel yang bertanggung jawab terhadap keuangan.

10. Sales & Marketing

Dalam sebuah hotel, terdapat juga divisi Sales & Marketing yang bertugas dan bertanggung jawab dalam hal penjualan dan pemasaran produk hotel.

11. Purchasing

Purchasing merupakan salah satu divisi dalam sebuah hotel yang bertugas dalam hal pembelian barang-barang yang diperlukan oleh setiap divisi hotel.

12. Security

Posisi yang terakhir yaitu security yang bertugas dalam menjaga keamanan seluruh kawasan hotel.


Nah, itulah struktur organisasi hotel baik yang terdapat di hotel kelas kecil (bintang 1 dan 2), hotel kelas menengah (bintang 3), hingga hotel kelas atas (bintang 4 dan5). Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Yogyakarta Murah

Kost Semarang Murah

Info Kost Malang Murah

Kost Bandung Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare