...
syarat melamar kerja
5-min read

Apa Saja Syarat Melamar Kerja yang Harus Diperhatikan? Cari Tahu di Sini!

syarat melamar kerja

Lamar sana sini tapi belum dikontak? Mungkin kamu harus perhatikan syarat melamar kerja berikut ini!

Melamar kerja adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan setiap orang untuk mendapatkan pekerjaan yang diimpikan. Tapi, sebelum melangkah lebih jauh, simak syarat melamar kerja dan dokumen yang harus dipersiapkan berikut ini!

Syarat dan dokumen biasanya diperlukan dalam melamar kerja, bahkan ada yang memerlukan tes seperti tes BUMN. Dalam artikel ini kita bakal simak syarat-syarat apa saja yang harus dipenuhi saat melamar kerja dan dokumen apa saja yang harus dipersiapkan. Yuk, simak bersama!

Syarat Melamar Kerja yang Harus Kamu Perhatikan

syarat melamar kerja
Source: Freepik/wayhomestudio

Melamar pekerjaan adalah langkah penting dalam mencari pekerjaan dan untuk memulai karir kamu. Penting untuk mengetahui syarat-syarat yang harus dipenuhi sebelum melamar pekerjaan agar dapat mempersiapkan diri dengan optimal untuk meraih kesuksesan. Berikut adalah beberapa syarat melamar kerja yang perlu diperhatikan:

1. Kualifikasi pendidikan

Syarat utama yang harus dipenuhi saat melamar pekerjaan adalah kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan pekerjaan yang ingin kamu lamar. Banyak perusahaan menetapkan kualifikasi pendidikan minimal untuk posisi tertentu, jadi pastikan kalau kamu sudah memenuhi persyaratan pendidikan yang diperlukan.

2. Pengalaman Kerja

Banyak perusahaan juga mencari kandidat dengan pengalaman kerja relevan atau sesuai dengan posisi yang dilamar.

Pengalaman kerja bisa memberikan keuntungan yang signifikan saat melamar pekerjaan, terutama kalau kamu bisa menunjukkan prestasi, hasil kerja atau portofolio, atau mungkin pengalaman sukses yang berkaitan dengan pekerjaan tersebut.

Kalau kamu adalah seorang lulusan baru, kamu bisa melampirkan sertifikat pelatihan atau penghargaan lomba, juga bisa melampirkan portofolio hasil proyek kelompok, atau proyek magangmu.

3. Keterampilan dan kompetensi

Selain kualifikasi pendidikan dan pengalaman kerja, perusahaan juga mencari kandidat yang memiliki keterampilan dan kompetensi yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar.

Keterampilan dapat berupa keterampilan teknis, seperti kemampuan bahasa pemrograman atau penggunaan perangkat lunak, atau keterampilan “lunak” seperti kemampuan komunikasi yang baik atau kepemimpinan efektif.

4. Surat lamaran kerja dan resume

Surat lamaran kerja dan resume adalah dokumen penting yang harus disiapkan saat melamar pekerjaan. Dokumen yang satu ini harus berisi informasi tentang pengalaman kerja, pendidikan, keterampilan, dan mengapa kamu tertarik dengan posisi tersebut.

Resume yang kamu miliki harus jelas, ringkas dan menarik, serta menyoroti pengalaman, keterampilan, dan prestasi kamu. Tentunya semua itu harus relevan dengan pekerjaan yang akan dilamar, ya.

Info wajib baca: Syarat Melamar Kerja yang Harus Disiapkan, Jobseeker Merapat!

Apa Dokumen yang Harus Dipersiapkan?

syarat melamar kerja
Source: Berita 99.co

Selain syarat-syarat di atas, tentunya kamu juga harus mempersiapkan dokumen-dokumen penunjang yang akan kamu bawa atau tunjukkan ketika melamar sebuah pekerjaan. Di antara dokumen-dokumen ini juga mungkin ada yang menjadi salah satu syarat lampiran untuk melamar ke perusahaan incaran kamu, antara lain:

1. Surat lamaran kerja

Kamu pasti sering banget nemuin perusahaan yang mengharuskan para kandidat atau calon pelamar untuk menyertakan surat lamaran kerja. Surat ini ternyata bukan sembarang surat!

Surat lamaran kerja adalah dokumen penting yang harus dipersiapkan saat melamar pekerjaan. Dokumen ini berisi informasi tentang pengalaman kerja, keterampilan, dan motivasi pelamar dalam melamar pekerjaan tersebut.

2. Syarat melamar kerja, siapkan CV atau resume

CV atau resume sama pentingnya ketika kamu hendak melamar sebuah pekerjaan. Dokumen ini jadi satu dokumen wajib yang harus kamu tunjukkan ketika melamar ke perusahaan atau instansi.

CV sendiri bisa disebut sebagai daftar riwayat hidup karena isinya mencakup data diri, alamat e-mail, nomor telepon, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan skill atau kemampuan yang dimiliki.

CV baiknya dibuat ringkas dan semenarik mungkin. Jenis CV yang digunakan bisa disesuaikan dengan posisi yang dilamar dan sistem pengumpulannya. Kenapa dibuat ringkas? Karena perekrut nggak punya banyak waktu untuk memperhatikan CV pelamar satu per satu.

3. Foto

Foto bisa diminta oleh beberapa perusahaan sebagai salah satu persyaratan melamar kerja. Pastikan foto yang dipilih sesuai dengan standar perusahaan. Misal dengan pakaian formal, menggunakan latar merah, serta ukuran dan jumlah foto yang diminta juga harus diperhatikan.

4. Ijazah dan transkrip nilai

Untuk melamar posisi yang memerlukan pendidikan formal, pelamar harus menyertakan salinan ijazah dan transkrip nilai terakhir yang sudah dilegalisir. Pastikan juga bahwa nilai tersebut sudah sesuai dengan persyaratan posisi yang dilamar.

5. Syarat melamar kerja, sertifikat dan dokumen pelatihan

syarat melamar kerja
Source: Freepik/rwapixel

Sertifikat dan dokumen pelatihan lainnya yang berkaitan dengan keterampilan atau pengetahuan khusus yang dimiliki dapat menambah nilai bagi calon karyawan. Pastikan sertifikat dan dokumen pelatihan tersebut relevan dengan posisi yang dilamar.

6. Referensi

Beberapa perusahaan dapat meminta daftar referensi dari calon karyawan. Referensi ini dapat membantu perusahaan dalam mengevaluasi integritas dan reputasi calon karyawan. Ada baiknya kamu meminta referensi kepada atasanmu di kantor yang lama atau rekan kerja.

Untuk para lulusan baru, kamu bisa meminta referensi dari dosen atau kepala jurusan yang ada di kampus kamu.

7. Syarat melamar kerja, formulir data pribadi dari perusahaan

Dokumen ini biasanya akan diberikan oleh perusahaan tempat kamu hendak melamar kerja. Isi dari dokumen ini biasanya adalah informasi dasar seperti data diri, riwayat pendidikan, pekerjaan, kesehatan, dan ekspektasi gaji. Namun, syarat ini nggak diberlakukan oleh seluruh perusahaan.

8. Surat keterangan sehat

Beberapa perusahaan juga bahkan memerlukan surat keterangan sehat sebagai syarat melamar kerja, terutama untuk posisi yang memerlukan kebugaran fisik tertentu. Sebagai tanda kalau pelamar nggak memiliki masalah fisik yang kemungkinan akan menganggu performa saat bekerja.

Info wajib baca: 6 Cara Resign yang Baik Biar Nggak Dijutekin Bos dan Rekan Kerja

9. Syarat melamar kerja, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK sendiri dapat diminta untuk beberapa posisi yang memerlukan integritas tinggi dan tanggung jawab besar, seperti posisi keuangan atau posisi dengan akses ke informasi rahasia.

Tips untuk Membuat Berkas Lamaran Kerja agar Terlihat Menarik

Source: myedusolve.com

Berkas lamaran kerja yang menarik akan membuat HRD tertarik untuk membacanya dan mempertimbangkan kamu sebagai kandidat yang sesuai dengan lowongan pekerjaan yang dibuka. Nah, berikut ini merupakan tips lengkap untuk membuat berkas lamaran kerja agar terlihat lebih menarik:

1. Cek persyaratan lowongan kerja

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengecek persyaratan lowongan kerja yang kamu lamar. Pastikan berkas lamaran kerja yang dikirimkan sudah memenuhi persyaratan tersebut. Jika ada persyaratan yang belum kamu miliki, kamu bisa melengkapinya di kemudian hari.

2. Gunakan kertas dan font yang sesuai

Gunakan kertas putih polos dan font yang jelas dan mudah dibaca. Hindari menggunakan kertas berwarna atau font yang terlalu kecil atau rumit.

3. Buat desain yang rapi dan profesional

Susun berkas lamaran kerja kamu dengan rapi dan profesional. Selain itu, gunakan juga format penulisan yang tepat dan konsisten.

4. Gunakan bahasa yang baik dan benar

Pastikan bahasa yang kamu gunakan dalam berkas lamaran kerja adalah bahasa yang baik dan benar. Hindari menggunakan bahasa yang terlalu informal atau menggunakan singkatan yang tidak umum.

5. Tulis secara ringkas dan padat

Jangan bertele-tele dalam menulis berkas lamaran kerja. Tulislah secara ringkas dan padat agar mudah dibaca dan dipahami oleh HRD.

6. Sesuaikan dengan lowongan kerja

Sesuaikan juga berkas lamaran kerja yang ingin kamu kirimkan dengan lowongan kerja yang diamar. Pastikan informasi yang ditulis relevan dan sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

7. Lakukan proofreading

Sebelum mengirimkan berkas lamaran kerja, pastikan kamu telah melakukan proofreading terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada kesalahan penulisan atau typo.

8. Teknik STAR

Teknik STAR adalah cara untuk membuat jawaban tetap ringkas dan informatif. Saat memberikan contoh nyata yang menggambarkan suatu keterampilan, gunakan poin-poin di bawah ini.

  • Situation (pekerjaan/kursus kamu pada saat itu)
  • Tasks (apa yang perlu kamu lakukan)
  • Actions (bagaimana kamu melakukannya)
  • Results (bagaimana hasilnya)

9. Membangun profil online

Nggak ingin membuat lamaranmu terlalu panjang? Kamu bisa membayangkan bahwa ini adalah momen mempertimbangkan kamu maupun kandidat lain.

Untuk itu, cobalah untuk memberikan informasi tambahan untuk mempengaruhi keputusan. Jika kamu memiliki blog atau portofolio online, sebaiknya cantumkan situs web tersebut dalam lamaranmu.

10. Manfaatkan hobi dan minat dengan baik

Ada dua alasan kenapa kamu harus mencantumkan hobi dan minat dalam lamaran kerja, yaitu untuk menunjukkan kualitas yang baik dan untuk menunjukkan bagaimana kamu cocok dengan budaya perusahaan.

Kamu harus selalu jujur, namun tetaplah selektif. Katakanlah bahwa spesifikasi pekerjaan menekankan pentingnya kerja sama tim.

Apakah ada olahraga tim yang bisa kamu cantumkan? Itu layak disebutkan!

Updated by Velin Natasha


Itulah syarat serta dokumen yang perlu kamu persiapkan ketika ingin melamar sebuah pekerjaan di perusahaan atau instansi tertentu. Pastikan untuk mengecek persyaratan dokumen yang dibutuhkan oleh perusahaan yang dilamar, ya.

Dalam melamar pekerjaan, selalu pastikan untuk memberikan informasi yang jujur dan sesuai dengan kenyataan. Semangat dan semoga berhasil!

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media  Infokost sini! Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Yogyakarta Murah

Kost Semarang Murah

Info Kost Malang Murah

Kost Bandung Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare