...
syarat melamar kerja
5-min read

Syarat Melamar Kerja yang Harus Disiapkan, Jobseeker Merapat!

syarat melamar kerja

Bagi kamu jobseeker atau pelamar kerja tentunya harus mengetahui syarat melamar kerja. Cari tahu di sini, yuk!

Memperoleh pekerjaan baru bisa menjadi proses yang menantang dan memakan waktu. Pelamar kerja harus memperbarui CV, membuat surat lamaran yang menarik, dan mempersiapkan diri untuk tes wawancara dan tes lainnya.

Untuk berhasil lolos dalam melamar kerja tentunya kamu harus memiliki kualifikasi yang bagus dan pengalaman kerja yang sesuai. Kamu juga perlu, nih, mengemas diri secara profesional agar terlihat menarik di mata calon perusahaan.

Selain itu, persiapan yang matang bisa membantu pelamar kerja meningkatkan kesempatan mereka untuk diterima bekerja. Dalam artikel ini, akan membahas sejumlah syarat yang perlu kamu persiapkan dan penuhi saat melamar kerja.

Nah maka dari itu, yuk, simak artikel ini untuk mengetahui apa saja syarat melamar kerja yang harus kamu penuhi sebelum melamarnya.

Info wajib baca: 5 Cara Mudah Memperkenalkan Diri saat Interview Kerja yang Memorable | Recruiter Pasti Tertarik!

Syarat Melamar Kerja: Berkas yang Perlu Kamu Siapkan

syarat melamar kerja
Source: Liputan Bekasi

Pelamar kerja harus memenuhi beberapa berkas sebagai persyaratan dalam melamar kerja, dan tentunya agar dapat diterima bekerja di perusahaan yang kamu impikan, nih. Oleh karena itu, mempersiapkan berkas-berkas berikut ini dengan baik sebelum melamar kerja sangat penting untuk meningkatkan kesempatan diterima bekerja.

1. Curriculum Vitae (CV)

Curriculum Vitae (CV) merupakan dokumen yang paling penting dalam melamar kerja. CV adalah gambaran singkat tentang diri kamu, termasuk pengalaman kerja, pendidikan, dan keahlian yang dimiliki. Untuk membuat CV yang menarik perhatian perusahaan, pastikan informasi yang disajikan jelas dan terstruktur dengan baik.

Tulis identitas lengkapmu di bagian atas halaman CV untuk memudahkan HRD menghubungi kamu jika diperlukan. Selanjutnya tuliskan ringkasan tentang profil dirimu agar calon perusahaan dapat langsung mengetahui latar belakangmu secara singkat. CV kamu bisa banget, lho, lebih dari satu halaman. Biasanya, panjang CV yaitu 1,5 sampai 2 halaman.

Jangan lupa mencantumkan pengalaman kerjamu sebelumnya serta prestasi-prestasi yang telah dicapai selama bekerja di sana. Hindari memberikan informasi palsu atau mengada-ada karena bisa berdampak buruk pada proses seleksi nanti.

Tambahkan juga skill dan kelebihan apa saja yang kamu miliki sehingga perusahaan tahu kemampuanmu dan cocok tidaknya dengan posisi pekerjaan tersebut. Jangan lupa juga, nih, untuk melampirkan foto terbaru sebagai bentuk profesionalisme dalam melamar kerja.

2. Surat Lamaran Kerja

Surat Lamaran Kerja adalah dokumen penting yang harus dipersiapkan oleh setiap jobseeker yang ingin melamar pekerjaan. Surat ini merupakan surat resmi dari calon karyawan yang menjelaskan maksud dan tujuan untuk bekerja di perusahaan atau instansi.

Ada beberapa hal penting dalam menyusun surat lamaran kerja, seperti memperhatikan format penulisan, pemilihan kata-kata, serta kejelasan isi. Format penulisan dapat disesuaikan dengan standar umum atau permintaan perusahaan tempat kamu melamar.

Selain itu, pastikan bahwa bahasa yang digunakan jelas dan mudah dipahami, ya, gaes. Hindari penggunaan kata-kata non formal atau tidak baku saat menulis surat lamaran kerja.

Pada bagian isi surat lamaran kerja sebaiknya mencantumkan informasi tentang diri sendiri secara singkat namun padat. Jangan lupa untuk menyebutkan alasan mengapa kamu tertarik bekerja di perusahaan tersebut serta kemampuan atau keahlian khusus yang dimiliki.

Terakhir, jangan lupa untuk selalu memeriksakan ulang surat lamaran kerja sebelum dikirim agar tidak ada kesalahan atau ketidaksesuaian antara apa yang ditulis dengan apa yang dimaksudkan.

3. Portofolio

Portofolio adalah kumpulan hasil kerja yang pernah kita lakukan sebelumnya. Seperti misalnya karya fotografi, desain, tulisan, atau konten lain yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Portofolio dapat memberikan gambaran tentang keahlian dan pengalaman kita sebagai pelamar kerja.

Dalam membuat portofolio, pastikan bahwa karya-karya yang dipilih mencerminkan kemampuan terbaik kita dalam bidang tertentu. Misalnya, jika melamar sebagai desainer grafis, pilihlah beberapa hasil karya dari desain visual terbaik kamu.

Portofolio juga bisa menunjukkan bagaimana kamu memecahkan masalah dan menghadapi tantangan saat bekerja pada suatu proyek. Jadi, jangan ragu untuk menambahkan deskripsi tentang proses pembuatan setiap karya di portofolio kamu.

Selain itu, pastikan juga agar format dan presentasi portofolio kamu mudah dipahami oleh calon interviewer. Gunakan tampilan profesional namun tetap sesuai dengan kepribadian kamu, ya.

Terakhir yang nggak kalah penting, nih, perbarui atau update portofoliomu secara berkala. Karena ini akan meningkatkan peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan impian.

Info wajib baca: 7 Tips Wawancara Kerja Agar Cepat Disodori Kontrak | Jobseeker Harus Tahu!

Syarat Melamar Kerja: Berkas Penting Lainnya yang Jangan Sampai Terlewat

Berkas-berkas berikut ini sangat penting dan tentunya harus kamu persiapkan jauh-jauh hari sebelum melamar suatu pekerjaan. Jangan sampai terlewat, ya!

4. Ijazah dan transkrip nilai

Ijazah dan transkrip nilai adalah dua dokumen yang sangat penting dalam proses melamar pekerjaan. Ijazah merupakan bukti bahwa kamu telah menyelesaikan pendidikan formal di suatu institusi, sedangkan transkrip nilai memberikan informasi tentang nilai akademis selama studi kamu.

Ketika mencari pekerjaan, pastikan untuk mempersiapkan ijazah dan transkrip nilai dengan baik. Pastikan bahwa semua informasi pada kedua dokumen tersebut lengkap dan akurat. Periksa juga, nih, apakah ada kesalahan penulisan atau ketidaksesuaian antara data pada ijazah dan transkrip nilai.

Selain itu, pastikan juga bahwa kualitas cetakan dari kedua dokumen tersebut bagus sehingga mudah dibaca oleh pihak HRD yang menerima lamaran kerja kamu. Jangan sampai terjadi kesalahan pencetakan ataupun gambar yang tidak jelas karena hal ini busa saja merugikan kamu dalam proses seleksi.

Biasanya, ijazah dan transkip nilai asli disertakan sebagai lampiran saat melamar pekerjaan. Banyak juga perusahaan yang mengharuskan melampirkan dokumen asli untuk memastikan keaslian informasi dari pelamar kerja.

5. Sertifikat Keahlian

Dalam melamar pekerjaan, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dengan matang agar memiliki nilai lebih di mata perusahaan. Salah satunya adalah menyertakan sertifikat keahlian dalam lamaran kerja kamu.

Sertifikat keahlian adalah bukti resmi bahwa kamu memiliki kemampuan dan keterampilan tertentu dalam bidang pekerjaan yang dilamar. Ini akan menambah nilai plus bagi diri kamu dibandingkan pelamar lainnya yang tidak memiliki sertifikat tersebut.

Penting untuk meningkatkan skill dengan mengikuti kursus atau pelatihan di bidang yang sesuai dengan minat dan bakat kamu. Dengan demikian, sertifikat keahlian dapat menjadi modal berharga saat melamar pekerjaan.


Nah, itu dia penjelasan mengenai syarat melamar kerja. Sebagai calon pencari kerja, kamu harus mempersiapkan semua dokumen lamaran kerja secara cermat dan terperinci termasuk CV, surat lamaran kerja, portofolio, ijazah, serta sertifikat keahlian. Semoga kamu sukses dalam mendapatkan pekerjaan impianmu, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare