...
tips mengecilkan perut buncit
5-min read

8 Tips Mengecilkan Perut Buncit dengan Cara Alami | Auto Langsing!

tips mengecilkan perut buncit

Ingin langsing? Yuk, simak tips mengecilkan perut buncit berikut ini

Perut buncit kerap menjadi masalah yang dialami oleh banyak orang, baik itu laki-laki atau perempuan. Kondisi ini juga biasanya membuat siapa pun yang mengalaminya jadi kurang percaya diri, nih.

Berbagai masalah pun muncul dari kondisi perut yang buncit ini. Mulai dari cepat merasa lelah, nafas yang pendek, sampai bisa mendatangkan berbagai macam penyakit seperti kolesterol, diabetes, hingga serangan jantung. Amit-amit!

Buat kamu yang punya perut buncit juga jangan sampai dibiarkan dalam waktu lama, dong. Cukup progres hidupmu saja yang maju, lingkar perut jangan 😉

Tips Mengecilkan Perut Buncit secara Alami

Ketika memiliki perut buncit, pastinya lebih banyak kerugian yang akan kamu dapatkan daripada keuntungannya (ya karena memang nggak ada). Nah, buat kamu yang niat untuk menghilangkan gumpalan lemak berlebih di perut, simak beberapa tips mengecilkan perut buncit ini, yuk!

1. Tips mengecilkan perut buncit: Rajin olahraga

tips mengecilkan perut buncit
Source: BCA Life

Dibanding perut buncit, memiliki niat untuk rajin olahraga pastinya memberikan kamu banyak keuntungan. Cara ini juga menjadi yang paling alami dan mudah dilakukan oleh siapa pun dan kapan pun.

Pada orang yang jarang olahraga, lemak akan menumpuk pada bagian tubuh yang jarang diberikan jatah untuk bergerak. Nah, dengan olahraga, lemak tubuh yang menumpuk dan menggumpal dapat dibakar secara maksimal.

Sebagai pengingat, proses pembakaran lemak dalam tubuh ini beda dari proses bakar rumah ya, gaes. Pembakaran lemak dapat berjalan efektif jika tubuh secara dinamis melakukan gerakan tertentu sehingga merangsang otot tubuh untuk bekerja dan mengembangkan volumenya. 

Ada beberapa aktivitas olahraga yang bisa kamu lakukan dengan mudah untuk mengecilkan perut buncit. Mulai dari bersepeda, berenang, jalan kaki, atau bahkan lari kecil keliling kompleks.

2. Tips mengecilkan perut buncit: Perbanyak asupan protein dan serat

tips mengecilkan perut buncit
Source: EatingWell

Tips mengecilkan perut buncit lainnya yaitu dengan rutin mengonsumsi makanan yang kaya protein dan serat. Komposisi menu ini cocok banget untuk kamu yang punya perut karet, alias gampang lapar.

Kandungan protein dalam makanan dapat membantu kamu untuk merasakan kenyang lebih lama. Tak hanya itu, protein juga dapat merangsang perkembangan jaringan otot tubuh.

Dalam mengecilkan perut buncit, kamu juga bisa mengonsumsi makanan berserat. Mirip dengan protein, serat juga bisa membuat kamu kenyang lebih lama sehingga dapat mengurangi asupan kalori berlebih.

3. Batasi konsumsi karbohidrat

tips mengecilkan perut buncit
Source: Halodoc

Jika ada yang bilang kalau nggak makan nasi sama dengan belum makan, kacangin aja! Sebab, konsumsi karbohidrat berlebih bisa memberikan kemajuan yang tidak membanggakan untuk lingkar perut kamu.

Walaupun berguna sebagai sumber energi dalam tubuh, namun jika kamu jarang bergerak, kandungan tersebut akan mengendap di tubuh dan jadi lemak. Alih-alih ingin sehat, malah berpotensi mendatangkan penyakit baru.

Nah, kamu bisa mengatasinya dengan mengurangi makanan cepat saji atau makanan yang banyak mengandung tepung. Tenang saja, kamu juga bisa menggantinya dengan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti biji-bijian dan kacang-kacangan.

4. Hindari makanan mengandung lemak trans

tips mengecilkan perut buncit
Source: CNN Indonesia

Supaya perut buncit kamu mengecil, kamu bisa menghindari makanan yang mengandung lemak trans juga, nih. Walau sama-sama terdapat kata “trans”, lemak jenis ini nggak ada kaitannya dengan TransJakarta dan TransJateng, ya.

Buat kamu yang belum tahu, lemak trans adalah lemak yang dapat ditemukan dalam makanan kemasan seperti margarin. Jika dikonsumsi berlebih, lemak ini juga bisa menambah volume lemak dalam tubuh, lho.

Makanan seperti gorengan, donat, kue kering, atau makanan cepat saji lainnya merupakan surganya lemak trans, nih. Biar perut buncitmu hilang, kamu bisa menghindari makanan jenis ini, ya!

5. Tips mengecilkan perut buncit: Kurangi makanan dan minuman manis

tips mengecilkan perut buncit
Source: Medical News Today

Usaha untuk mencapai tubuh sehat memang nggak ada yang mudah. Salah satu pengorbanan yang harus kamu lakukan untuk mewujudkan perut ideal yaitu dengan meninggalkan minuman boba, matcha, dan minuman manis kesayanganmu lainnya.

Bukan bermaksud untuk membuat penjualnya kehilangan pelanggan, nih. Namun, konsumsi gula berlebih dapat memicu terjadinya penimbunan lemak dalam tubuh yang semakin subur.

Santai saja, jika masih nggak tahan terhadap godaan minuman manis, kamu masih punya alternatif lainnya. Salah satunya yaitu dengan minum infused water dan makan buah-buahan segar yang mengandung gula alami.

6. Tips mengecilkan perut buncit: Kurangi stres

Source: Halodoc

Sudah tahu dampak negatif dari terlalu sering stres? Ya, selain bikin kamu jadi jerawatan, stres juga bisa meningkatkan nafsu makanmu. Lho, nafsu makan meningkat, kok, negatif?

Ya, saat stres, tubuh akan memproduksi hormon yang dapat meningkatkan nafsu makan seseorang. Konsumsi makanan berlebih yang tidak diikuti oleh aktivitas fisik membuat tubuh tidak dapat mencerna makanan secara optimal.

Maka dari itu, hindari penyebab stres berlebih supaya proses mengecilkan perut kamu lancar jaya. Melakukan aktivitas yang menyenangkan atau menjalankan hobi bisa menjadi stress release yang baik, tuh.

7. Perhatikan pola tidur

Source: Healthline

Tips mengecilkan perut buncit selanjutnya yang bisa kamu terapkan, yaitu dengan memperhatikan pola tidur. Sebab, tidur 8 jam sehari namun dengan pola yang salah bisa berdampak buruk, lho, gaes.

Idealnya, tidur yang baik adalah tidur dengan durasi 6-8 jam di malam hari. Terlalu cepat atau terlalu lama tidur dapat menghambat proses metabolisme tubuh untuk membakar lemak dan sisa makanan lainnya.

8. Perbanyak minum air putih

Source: Astro

Dari beberapa cara lainnya, tips mengecilkan perut buncit satu ini yang paling mudah dilakukan dan effortless, alias tanpa usaha. Ya, kamu hanya perlu sering mengonsumsi air putih dalam satu hari.

Salah satu manfaat yang bisa kamu dapatkan dari minum air putih adalah proses metabolisme tubuh menjadi cepat. Selain itu, minum air putih juga dapat membuat perut lebih kenyang sehingga kamu bisa makan lebih sedikit. Bisa buat cara penghematan juga, nih!


Itulah 8 tips mengecilkan perut buncit secara alami untuk kamu yang ingin mewujudkan body goals. Supaya mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan kamu melakukan langkah-langkah di atas secara konsisten, ya!

Pernah punya pengalaman sukses mengecilkan perut buncit? Share cerita kamu di kolom komentar, yuk!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, ikuti akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost Favorit di Kotamu:

Kost Jakarta Timur Murah

Kost Jakarta Utara Murah

Kost Malang Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Bandung Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare