...
ucapan selamat hari raya idul fitri
5-min read

Catat! 20 Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri dalam Bahasa Indonesia dan Inggris

ucapan selamat hari raya idul fitri

Bingung memilih ucapan selamat hari raya Idul Fitri? Cek kata-kata yang pas buat merayakan hari Lebaran, nih.

Nggak terasa udah mau menyambut hari raya Idul Fitri lagi, ya? Tentunya, dalam rangka merayakan hari raya Idul Fitri ini biasanya ada banyak hal yang harus kita lakukan sebagai bagian dari perayaan tradisi Lebaran setiap tahunnya.

Selain bersilaturahmi, hal lain yang juga tidak kalah penting dilakukan saat hari raya Idul Fitri ialah saling mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri kepada satu sama lain. Sama seperti hari-hari raya lainnya, rasanya kurang lengkap kalau tidak saling mengutarakan ucapan selamat, baik kepada teman, sanak, saudara, kerabat, dan orang-orang sekitar lainnya.

Kini, mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri juga tidak hanya dapat dilakukan secara langsung, namun juga bisa melalui kartu ucapan online, lewat chat, telepon, atau video call. Nah, apa aja, sih, macam-macam ucapan selamat hari raya Idul Fitri yang dapat kamu gunakan untuk menyambut Lebaran nanti? Yuk, simak informasi berikut ini!

Tradisi Idul Fitri di Indonesia

Setiap negara memiliki tradisinya masing-masing dalam merayakan hari raya Idul Fitri. Yuk, kenali beberapa tradisi Idul Fitri yang ada di Indonesia.

tradisi idul fitri di Indonesia
Source: Suara.com

1. Mudik

Masyarakat Indonesia pastinya sudah sangat familiar dengan istilah ini. Pulang kampung atau mudik merupakan salah satu tradisi Lebaran di Indonesia yang cukup fenomenal dan ikonik.

Tradisi ini biasanya dilakukan beberapa hari atau minggu sebelum Lebaran atau bisa juga pada saat hari Lebaran tiba. Biasanya, orang-orang melakukan mudik dengan tujuan untuk melakukan silaturahmi dengan kerabat, keluarga, maupun teman yang berada di kampung halaman mereka.

2. Menyajikan ketupat

Salah satu hal yang juga membuat hari Lebaran sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat ialah karena sajian makanan yang beragam. Di Indonesia, rasanya kurang lengkap jika merayakan hari raya Idul Fitri tanpa ketupat dan lauk pauk lainnya.

Ketupat menjadi makanan yang sangat khas disajikan saat hari Lebaran tiba. Biasanya, ketupat disajikan dengan berbagai lauk tambahan lainnya seperti opor ayam, rendang, kentang balado, dan lain-lain.

3. Malam takbiran

Tradisi Lebaran di Indonesia selanjutnya ialah melakukan malam takbiran. Biasanya, malam takbiran dilakukan pada malam hari menjelang Idul Fitri yang jatuh di keesokan paginya.

Di malam takbiran orang-orang biasanya berkeliling di jalanan dengan membawa obor api dan bedug sambil mengumandangkan kalimat takbir. Namun, pawai takbiran ini dilakukan secara berbeda-beda tergantung kepada tradisi turun-temurun yang ada di daerah tersebut.

4. Berziarah ke makam

Menjelang hari lebaran Idul Fitri, biasanya beberapa pemakaman ramai dikunjungi. Tradisi yang satu ini biasa dikenal dengan istilah “nyekar” ke makam keluarga maupun leluhur.

Biasanya, sih, tradisi ini dilakukan menjelang bulan puasa Ramadhan atau bisa juga saat hari Lebaran tiba, baik sebelum maupun setelah melakukan sholat Idul Fitri. Kegiatan ini juga dilakukan sambil membawa bunga-bunga atau air mawar untuk ditaburkan di atas makam pada saat berziarah.

5. Parcel atau hampers Lebaran

Memberikan parcel atau hampers juga menjadi salah satu tradisi Idul Fitri yang terkenal di Indonesia. Biasanya, masyarakat akan saling memberikan parcel, baik kepada keluarga, kerabat, teman, tetangga, maupun orang-orang di sekitarnya yang merayakan Idul Fitri.

Parcel Lebaran ini juga memiliki bentuk yang beragam mulai dari makanan ringan, sembako, makanan manis, dan lainnya. Di masa sekarang, kamu dapat dengan mudah mencari parcel atau hampers Lebaran yang unik dan kreatif sehingga lebih tepat sasaran bagi penerimanya.

6. Bagi-bagi amplop

Tradisi di Indonesia selanjutnya identik dengan perayaan Idul Fitri ialah bagi-bagi ‘angpau’ di hari raya. Kalau kamu sudah berpenghasilan sendiri biasanya dapat THR (Tunjangan Hari Raya) dari kantor dan bisa bagi-bagi ke adik atau keponakan kecil.

Namun, sebenarnya tidak ada syarat khusus dalam membagikan amplop atau salam tempel saat Lebaran. Kegiatan ini dapat dilakukan oleh siapa pun yang ingin melakukannya pada saat hari raya Idul Fitri.

7. Halal bi halal

Perayaan Idul Fitri di Indonesia juga identik dengan kegiatan halal bi halal. Kegiatan ini juga dapat disebut silaturahmi di mana masyarakat berkunjung dari satu rumah ke rumah lainnya.

Halal bi halal dilakukan pada saat hari pertama dan hari kedua Idul Fitri. Momen ini biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat untuk saling meminta maaf lahir dan batin serta merayakan hari raya Idul Fitri bersama.

Info wajib baca: Aneka Pilihan Takjil di Benhil yang Siap Menemani Puasa Ramadhan Kamu, Yakin Nggak Ngiler?

20 Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri

Berikut ini beberapa ucapan selamat hari raya Idul Fitri dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang dapat kamu gunakan untuk merayakan Lebaran nanti.

ucapan selamat hari raya idul fitri
Source: NU Online Jatim

Upacan selamat hari raya dalam bahasa Indonesia

  1. Semoga Allah memberkatimu dengan karunia kebaikan, kesabaran dan cinta. Selamat hari raya Idul Fitri!
  2. Bulan Ramadan telah meninggalkan kita, temanku, dan momen penuh kegembiraan Idul Fitri hadir di hadapan kita sekali lagi. Semoga kita semua menikmati kemeriahan Idul Fitri 1443 H.
  3. Semoga Allah memberikan rahmat kepada semua Muslim di seluruh dunia pada saat Idul Fitri yang membahagiakan ini! Selamat Idul Fitri untuk semua orang yang merayakan!
  4. Taqobbalallahu minna wa minkum shiyaamana wa shiyaamakum kullu aamin wa antum fii khoir. Mohon dibukakan pintu maaf yang seluas-luasnya dan semoga kita bisa bertemu dengan Ramadan di tahun yang akan datang.
  5. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H bagi umat muslim yang merayakannya. Dengan berakhirnya bulan suci Ramadan semoga kita tetap terus berada di jalan-Nya dengan hati yang bersih dan saling memaafkan.
  6. Meski wajah tak mampu menatap, tangan tak bisa saling menjabat! Selamat Idul Fitri, Taqabbalallahu minna wa minkum!
  7. Sucikan hati di hari nan fitri ini, bersama-sama mari meraih kemenangan sejati. Selamat Hari Raya Idul Fitri.
  8. Kata maaf memang tak bisa mengubah masa lalu, namun dapat mengubah masa depan. Selamat Hari Raya Idul Fitri.
  9. Semoga hari istimewa ini membawa kedamaian, kebahagiaan, dan kemakmuran bagi semua orang. Selamat Idul Fitri!
  10. Idul Fitri untukmu dan keluargamu! Semoga hari ini membawa kesuksesan dan kemakmuran di tempat kerja dan kehidupan sehari-hari kita! Mengirimkan doaku untukmu.

Info wajib baca: Praktikkan 6 Tips Persiapan Mudik Naik Motor dan Mobil Ini agar Perjalanan Aman dan Selamat

Ucapan selamat hari raya dalam bahasa Inggris

  1. Happy Eid Mubarak! May Allah (SWT) accept your sacrifice and shower you with His immeasurable blessings!
  2. Sending my heartfelt Eid-ul-Fitr greetings to you and your family. Eid Mubarak!
  3. I pray for Allah to bless you and direct you to His path. Happy Eid!
  4. May the joy of God abound in our homes and hearts. Happy Eid to all of you!
  5. This Eid-ul-Fitr I wish you and your loved ones peace, harmony, happiness, good health, success, and prosperity. Eid Mubarak to you and everyone at home.
  6. May Allah bestow His kindness, blessings, and love on all of us this year. Eid Mubarak to you and your family!
  7. Happy Eid! May you and your loved ones always be well, follow the road of righteousness, and accomplish your healthful objectives!
  8. Happy Eid! May this Eid ul Fitr deepen your relationship with God and fill your heart with love, compassion, and tranquility.
  9. I’m sending you my genuine Eid-ul-Fitr wishes on behalf of my family! Happy Eid!
  10. May all your dreams come true on this holy day, and Allah’s blessings are upon you and your family. May this Eid bring you many blessings. Happy Eid ul-Fitr!


Nah, itu tadi beberapa tradisi Idul Fitri yang terkenal di Indonesia dan contoh ucapan selamat hari raya dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Kira-kira untuk menyambut Lebaran tahun ini, persiapan kamu udah sejauh mana, nih? Tulis komentar kamu di bawah, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Palembang Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare