...
wisata malam Solo
5-min read

Jelajahi Wisata Malam di Solo Tanpa Perlu Bikin Kantong Bolong!

wisata malam Solo

Yuk, intip rekomendasi wisata malam Solo yang menarik dan dengan harga terjangkau berikut ini!

Menikmati malam di Solo tak harus menguras isi dompetmu. Ada banyak cara untuk menjelajahi kota ini tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Mulai dari wisata kuliner hingga berkeliling dengan angkutan khas Solo, semua bisa kamu nikmati secara hemat dan menyenangkan. Siapkan dirimu untuk menjajal kegiatan seru yang akan membuat malammu semakin berkesan di Solo!

Tempat Wisata Malam di Solo yang Hits

1. Wisata malam Solo: Taman Sriwedari

Wisata malam Solo: Taman Sriwedari
Source: Orami

Taman Sriwedari terletak di Jalan Slamet Riyadi No. 275, Laweyan, Surakarta atau lebih dikenal dengan nama Solo. Tempatnya berada di pusat kota dan dapat dijangkau dengan mudah dari berbagai tempat di Solo.

Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat rekreasi malam yang populer di Solo. Taman ini menawarkan berbagai hiburan seperti pertunjukan tari dan teater tradisional, konser musik, dan pameran seni. Pengunjung juga dapat menikmati makanan dan minuman di berbagai kedai makanan dan kafe yang tersedia di dalam taman.

Taman ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB – 22.00 WIB. Namun, jika pengunjung ingin menonton pertunjukan wayang di Gedung Wayang Orang yang terletak di dalam taman ini, jam operasionalnya mulai dari 08.00 WIB – 23.00 WIB dan tutup pada hari Minggu.

2. Kampung Batik Laweyan

Kampung Batik Laweyan
Source: Liputan6.com

Kampung Batik Laweyan terletak di Kecamatan Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Alamat lengkapnya adalah Jalan Danurejan No. 82, Laweyan, Surakarta. Kampung Batik Laweyan berjarak sekitar 2,5 km dari pusat kota Solo dan dapat dijangkau dengan transportasi umum seperti angkutan kota atau taksi.

Pengunjung dapat menikmati arsitektur kuno yang khas, pusat kerajinan batik, kuliner, festival batik, dan wisata edukasi. Harga tiket masuknya pun gratis, kamu hanya perlu membayar parkir jika membawa kendaraan roda dua atau roda empat. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti kursus batik dengan kisaran harga Rp50.000 – Rp100.000 per orang.

Tempat ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB – 20.00 WIB. Sehingga, kamu bisa menemukan waktu yang pas untuk mengunjungi Kampung Batik Laweyan ini.

3. Wisata malam Solo: Pasar malam Ngarsopuro

Wisata malam Solo: Pasar malam Ngarsopuro
Source: Travel Kompas

Ngarsopuro terletak di pusat kota Solo, tepatnya di Jalan Slamet Riyadi, Kecamatan Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah. Ngarsopuro dapat ditemukan di antara Pasar Gede dan Stasiun Solo Balapan, sehingga sangat mudah dijangkau dari berbagai titik di kota Solo.

Seperti namanya yaitu pasar malam, Ngarsopuro ini dibuka mulai pukul 18.00 WIB – 22.45 WIB. Kamu tidak perlu membayar tiket masuk ketika mengunjungi tempat ini alias gratis, lho!

Di Pasar Malam Ngarsopuro ini, kamu dapat melihat berbagai jenis barang yang memiliki ciri khas Kota Solo, seperti batik, mainan tradisional, baju batik, dan lainnya. Tidak hanya itu, kamu juga dapat menemukan koleksi barang-barang antik yang dijual di sana. Buat kamu yang suka dengan barang antik, tempat ini cocok banget buat dikunjungi.

Info wajib baca: Mau Berlibur ke Purwokerto? Simak Dulu 7 Rekomendasi Tempat Wisata Purwokerto Ini

Wisata Malam Solo yang Wajib Kamu Kunjungi

1. Benteng Vastenburg

Benteng Vastenburg
Source: Kompas.com

Benteng Vastenburg terletak di kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Secara spesifik, lokasinya berada di Jalan Ir. Sutami No. 32, Kauman, Surakarta. Benteng ini terletak di sebelah selatan Alun-alun Utara, dan berdekatan dengan Masjid Agung Surakarta serta kantor Pemerintahan Kota Surakarta.

Benteng Vastenburg atau juga dikenal dengan nama Benteng Willem I merupakan salah satu bangunan peninggalan Belanda yang masih terjaga dengan baik di Kota Solo. Di dalam kompleks Benteng Vastenburg, terdapat beberapa hal yang bisa ditemukan oleh pengunjung, antara lain museum, ruang pameran, taman, dan spot foto menarik.

Harga tiket masuknya pun berkisar Rp2.000 – Rp3.000 per orang saja. Saat malam hari, benteng ini terlihat sangat cantik karena dihiasi dengan lampu berwarna.

2. Galabo Solo

Galabo Solo
Source: Pemerintah Kota Surakarta

Wisata malam selanjutnya di Solo yang tidak boleh kamu lewatkan yaitu Galabo Solo. Galabo sendiri merupakan singkatan dari Gladag Langen Bogan yang merupakan tempat wisata kuliner malam hari.

Tempat ini terletak di Jalan Kapten Mulyadi, Desa Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakata. Galabo Solo ini juga dikenal sebagai pusatnya makanan enak di Surakarta karena kamu dapat menemukan berbagai jenis kuliner khas Solo yang pastinya sangat menggugah selera.

Beberapa tempat kuliner legendaris di Galabo Solo antara lain Tengkleng Klewer Bu Edi, Sate Kere Yu Rebi, Rawon Penjara, dan masih banyak lagi. Jadi, kalau kamu berkunjung ke Solo jangan lupa mampir ke Galabo Solo, ya!

Info wajib baca: 5 Tempat Wisata di Maros yang Menarik Buat Kamu Kunjungi!


Itu tadi, gaes, beberapa wisata malam di Solo yang bisa kamu kunjungi. Meskipun malam telah tiba, justru Kota Solo ini semakin ramai karena banyak tempat wisata yang sengaja dibuka pada malam hari untuk meriahkan kota tersebut.

Kamu bisa menemukan berbagai macam pusat perbelanjaan dan kuliner yang wajib untuk dicoba dari beberapa rekomendasi tempat di atas. Selain Kota Solo, kamu juga bisa menemukan banyak wisata malam di Semarang yang nggak kalah seru, lho!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare