...
17 November
5-min read

17 November Hari Apa? Cek Faktanya di Sini!

17 November

Setiap tanggal 17 November diperingati sebagai Hari Pelajar dan masih ada momen penting lainnya.

Pada tanggal 17 November banyak sederet perayaan penting tingkat internasional. Peringatan tersebut termasuk Hari Pelajar Internasional, Hari Rekor Dunia Guinness, Hari Prematuritas Sedunia, dan Hari Vasektomi Sedunia dan lainnya.

Setiap perayaan ini memiliki latar belakang sejarah dan tujuan masing-masing. Untuk informasi lebih lanjut, yuk kita simak penjelasan tentang perayaan-perayaan penting yang terjadi pada tanggal 17 November berikut.

14 November Memperingati Hari Apa Saja? Salah Satunya Hari Brimob

17 November Memperingati Apa?

17 November
Source: parstoday

Setiap tanggal 17 November, ada 5 momen penting bersejarah yang diperingati seperti informasi di bawah ini:

1. Hari Pelajar Internasional

Setiap tanggal 17 November diperingati sebagai Hari Pelajar Internasional atau International Students Day. Peringatan tersebut bertujuan untuk menghormati keberanian ribuan mahasiswa di Praha yang berjuang demi kebanggaan nasional dan hak mereka untuk mendapatkan pendidikan tinggi.

Menurut National Today, pada tahun 1939, pasukan Nazi menangkap dan mengeksekusi sembilan pengunjuk rasa tanpa proses pengadilan dan mengirim lebih dari 1.200 mahasiswa ke kamp konsentrasi. Hal tersbeut menyebabkan banyak di antara mereka kehilangan nyawa.

Setiap tanggal 17 November, Hari Pelajar Internasional diadakan untuk merayakan pengorbanan ribuan mahasiswa dalam peristiwa tersebut. Selain itu, momen ini juga menjadi wadah untuk memperjuangkan hak atas pendidikan dan protes damai tetap menjadi perjuangan di banyak negara.

Sejarah Hari Pelajar Internasional

17 November
Source: pikiranrakyat.com

Sejarah perayaan Hari Pelajar Internasional bermula pada tahun 1939. Pada saat itu ada seorang mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Universitas Charles di Praha mengadakan demonstrasi untuk memperingati pembentukan Republik Ceko yang merdeka.

Sayangnya, demonstrasi ini brutal diatasi oleh Nazi, menyebabkan kematian seorang mahasiswa bernama Jan Opletal. Puluhan ribu pelajar mengikuti prosesi pemakaman Opletal, yang tidak terduga berubah menjadi demonstrasi anti-Nazi.

Akibatnya, Nazi menutup seluruh lembaga pendidikan di Ceko dan menangkap lebih dari 1.200 pelajar, mengirim mereka ke kamp konsentrasi. Pada tanggal 17 November, sembilan pengunjuk rasa ditangkap dan dieksekusi oleh Nazi tanpa proses pengadilan.

Sejak saat itu, tanggal tersebut dijadikan peringatan sebagai Hari Mahasiswa Internasional untuk menghormati keberanian aktivis mahasiswa selama penyerbuan Nazi terhadap Universitas Praha. Peringatan tersebut pertama kali diadakan tahun 1941 di Dewan Mahasiswa Internasional di London.

Dan penetapan resmi tanggal 17 November sebagai Hari Pelajar Internasional terjadi pada tahun 2023. Terdapat berbagai cara untuk memperingati Hari Pelajar Internasional, salah satunya dengan menyelenggarakan acara di kampus.

2. Hari Prematuritas Sedunia

Selanjutnya, tanggal 17 November juga memperingati Hari Prematuritas Sedunia atau World Prematurity Day. Menurut National Today, peringatan ini ditetapkan pada 17 November 2011 untuk meningkatkan kesadaran terhadap jutaan anak yang lahir prematur setiap tahunnya.

Meskipun teknologi dan prosedur medis telah meningkat, bayi prematur masih memiliki kerentanan yang tinggi, seperti rentan terhadap cerebral palsy, keterlambatan perkembangan, masalah pendengaran, dan masalah penglihatan.

Inilah sebagian dari alasan mengapa Hari Prematuritas Sedunia diadakan. Peringatan tersebut diadakan untuk menyoroti risiko dan kesulitan yang dihadapi oleh kelahiran prematur, mempromosikan solusi yang hemat biaya dan terbukti efektif, serta menyebarkan kasih sayang kepada keluarga yang mengalami kelahiran prematur.

Info wajib baca: 10 November 2023 Hari Apa? Cek Info dan Faktanya di Sini!

3. Hari Vasektomi Sedunia

Selanjutnya, terdapat World Vasectomy Day atau Hari Vasektomi Sedunia yang dirayakan setiap tanggal 17 November. National Today melaporkan bahwa Hari Vasektomi Sedunia jatuh pada hari Jumat ketiga di bulan November setiap tahunnya.

Pada tahun 2023, Hari Vasektomi Sedunia diperingati pada tanggal 17 November. Untuk mendukung vasektomi sebagai pilihan kontrasepsi pria yang aman dan masuk akal, serta mendorong pelatihan dokter untuk melakukan prosedur ini.

Vasektomi adalah tindakan kontrasepsi permanen pada organ seksual pria untuk mencegah transfer sperma selama hubungan seksual. Sejak diluncurkan pada tahun 2012, Hari Vasektomi Sedunia sudah bekerja sama dengan lebih dari 30 negara, menjadi gerakan global untuk perencanaan keluarga dan kesehatan seksual pria terbesar di dunia.

Info wajib baca: Penyebab Gunung Meletus beserta Tanda-Tanda dan Dampaknya bagi Masyarakat dan Lingkungan

4. Hari Rekor Dunia Guinness

Yang terakhir ada, Hari Rekor Dunia Guinness atau Guinness World Records Day yang diperingati setiap tanggal 17 November. National Today melaporkan bahwa “Guinness World Records” adalah buku yang mencatat rekor-rekor dari seluruh dunia.

Dan menjadi sumber daya untuk memeriksa fakta dan menemukan pencapaian terbaik di dunia. Buku ini telah diterbitkan di lebih dari 100 negara dan dalam 23 bahasa di seluruh dunia.

Hari Rekor Dunia Guinness pertama kali dirayakan pada 19 November 2004, dan “Guinness Book of World Records” telah menjadi buku terlaris sepanjang masa. Hari ini bertujuan untuk menghormati semua rekor dunia yang telah dicapai dan mendorong orang untuk terus mencatat pencapaian baru.

5. Hari Suez

Terusan Suez yang terletak di Semenanjung Sinai, Mesir. Terusan tersebut merupakan jalur transportasi air dari Eropa ke Asia tanpa perlu melakukan pelayaran mengelilingi benua Afrika.

Menurut penulis Basri (2020) dalam bukunya yang berjudul “Mudah Belajar Bahasa Inggris Lewat Teks Terjemahan,” Terusan Suez diinisiasi oleh seorang insinyur Prancis bernama Ferdinand Marie Vicomte de Lesseps. Terletak di Mesir, kanal ini memiliki panjang sekitar 163 kilometer dan menghubungkan Port Said di Laut Tengah dengan Suez di Laut Merah.

Dengan lokasinya yang sangat strategis bagi jalur Eropa-Asia, Terusan Suez menjadi pusat perhatian negara-negara seperti Inggris, Prancis, Jerman, dan Israel. Karena melalui terusan ini, perjalanan tidak perlu melibatkan pelayaran mengelilingi benua Afrika.


Nah, itulah dia pembahasan mengenai 17 November diperingati sebagai hari apa saja. Jadi, kamu jangan sampai lupa ya tanggal 17 November itu memperingati hari apa saja.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare