...
cara meluruskan rambut secara alami
5-min read

13 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami, Praktis Dicoba

cara meluruskan rambut secara alami

Cara meluruskan rambut secara alami yang bisa dicoba para wanita!

Memiliki model rambut lurus dan indah adalah impian banyak wanita. Namun, penggunaan produk kimia seperti catok dan pelurusan rambut seringkali dapat merusak struktur rambut dan menyebabkan kerusakan jangka panjang.

Untungnya, ada berbagai cara alami untuk meluruskan rambut tanpa perlu merusaknya. Meluruskan rambut secara alami adalah alternatif yang ramah rambut dan bebas dari bahan kimia berbahaya. Selain menjaga rambut tetap lurus, kamu juga dapat merawat kesehatan rambut kamu dengan bahan-bahan alami, lho.

Tips dan Cara Meluruskan Rambut Secara Alami

Source: Unsplash.com

Berikut ini 13 cara efektif untuk meluruskan rambut secara alami yang aman dan bebas dari bahan kimia berbahaya. Namun, setiap orang memiliki tipe rambut yang berbeda, jadi kamu mungkin perlu mencoba beberapa cara sebelum menemukan yang paling cocok untukmu.

Info wajib baca: 10 Rekomendasi Semir Rambut yang Bagus, Hasil Tahan Lama!

1. Cara meluruskan rambut secara alami dengan minyak kelapa hangat

Minyak kelapa dikenal memiliki sifat melembapkan yang luar biasa untuk rambut. Hangatkan sedikit minyak kelapa dan pijatkan secara merata ke seluruh helai rambut kamu.

Setelah itu, balut rambut kamu dengan handuk hangat selama 30-45 menit sebelum dicuci bersih dengan sampo lembut. Lakukan secara rutin untuk hasil yang lebih baik.

2. Susu dan madu

Kombinasi susu dan madu nggak hanya berguna untuk kecantikan kulit, tapi juga dapat membantu meluruskan rambut secara alami. Campurkan susu segar dengan madu organik, lalu oleskan campuran ini ke rambut kamu.

Diamkan selama satu jam dan bilas dengan air hangat. Kandungan protein dalam susu akan membantu merawat dan melembutkan rambut, sementara madu membantu mengurangi kerusakan.

3. Jus lidah buaya

Lidah buaya adalah bahan alami yang luar biasa untuk perawatan rambut. Ambil gel lidah buaya segar dan aplikasikan langsung ke rambut kamu.

Diamkan selama 30 menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Lidah buaya mengandung enzim proteolitik yang membantu meluruskan rambut dengan lembut.

4. Pisang dan susu

Pisang mengandung kalium dan vitamin yang berguna untuk kesehatan rambut, sedangkan susu mengandung kasein yang membantu mengurangi ikal.

Haluskan pisang dan campur dengan susu, lalu aplikasikan ke rambut kamu. Biarkan selama 20-30 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

5. Cara meluruskan rambut secara alami dengan teh hitam

Teh hitam mengandung zat adstringen yang membantu melembutkan rambut dan mengurangi keriting. Seduh beberapa kantong teh hitam dalam air mendidih dan biarkan hingga airnya dingin.

Gunakan teh hitam yang sudah dingin sebagai bilasan terakhir setelah keramas. Lakukan secara teratur untuk hasil yang lebih baik.

6. Masker telur

Telur adalah sumber protein yang kaya dan membantu memperkuat dan meluruskan rambut. Campurkan dua butir telur dengan sedikit minyak zaitun dan aplikasikan ke rambut basah.

Diamkan selama 30-45 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Gunakan masker ini seminggu sekali untuk hasil yang optimal.

7. Penggunaan sikat rambut bergigi lebar

Sikat rambut bergigi lebar dapat membantu meluruskan rambut secara alami. Setelah keramas, gunakan sikat ini untuk merapikan rambut secara perlahan dari akar hingga ujung. Lakukan secara teratur untuk membantu meratakan tekstur rambut.

Info wajib baca: 20 Inspirasi Warna Rambut untuk Kulit Sawo Matang, Rambut Makin Badai!

Tips dan Cara Meluruskan Rambut Secara Alami

8. Jangan gunakan handuk kasar

Menggosok rambut dengan handuk kasar dapat menyebabkan kerusakan dan keriting lebih banyak. Gantilah handuk biasa kamu dengan handuk mikrofiber yang lebih lembut dan ramah rambut.

9. Pijat kulit kepala

Pijat kulit kepala secara teratur dapat merangsang produksi minyak alami yang membantu menjaga rambut tetap lembut dan lurus. Gunakan ujung jari kamu untuk pijat lembut kulit kepala setelah keramas atau sebelum tidur.

10. Cara meluruskan rambut secara alami dengan potong teratur

Potong rambut secara teratur membantu menghilangkan ujung rambut yang rusak dan mencegah keriting yang nggak diinginkan. Selalu pertahankan potongan rambut yang rapi dan sehat untuk memaksimalkan efek meluruskan secara alami.

11. Cuka

Cuka apel mengandung asam asetat yang membantu menutup kutikula rambut, sehingga membuat rambut tampak lebih lurus. Campurkan cuka apel dengan air dalam perbandingan 1:1 dan gunakan sebagai bilasan terakhir setelah keramas.

Pastikan untuk menghindari kontak langsung dengan kulit kepala, karena cuka apel bersifat asam.

12. Bawang putih

Meski nggak biasa, bawang putih mengandung sulfur, yang dapat membantu meluruskan rambut dan merangsang pertumbuhan rambut. Haluskan beberapa siung bawang putih dan campurkan dengan minyak zaitun.

Oleskan campuran ini ke kulit kepala dan rambut, biarkan selama 30-45 menit sebelum dibilas bersih.

13. Cara meluruskan rambut secara alami dengan masker yogurt dan lemon

Yogurt mengandung asam laktat yang membantu melembutkan rambut dan mengurangi keriting, sedangkan lemon memiliki sifat pengencang alami. Campurkan yogurt tanpa rasa dengan beberapa tetes air lemon segar.

Aplikasikan campuran ini ke rambut dan biarkan selama 30-45 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Hindari paparan sinar matahari langsung setelah menggunakan masker ini, karena lemon dapat membuat rambut lebih sensitif terhadap sinar UV.


Itu dia beberapa cara yang bisa kamu coba. Ingat, hasilnya mungkin nggak instan, sama dengan perawatan rambut lain, seperti cara memanjangkan rambut dengan cepat. Tapi dengan kesabaran dan konsistensi, kamu dapat memiliki rambut yang indah, lurus, dan sehat tanpa merusaknya.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare