...
cara menghilangkan bau badan secara alami
5-min read

Kenali Penyebab dan 5 Cara Efektif Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

cara menghilangkan bau badan secara alami

Menghilangkan bau badan secara alami dapat dilakukan dengan berbagai cara, apa saja?

Apakah kamu pernah merasa tidak percaya diri karena bau badan yang kurang sedap? Bau badan tentunya menjadi hal yang membuat tiap orang menjadi kurang nyaman, apalagi kalau berada di tempat umum.

Namun begitu, bau badan adalah masalah umum yang dialami oleh banyak orang di seluruh dunia. Untuk mengatasinya, kamu nggak perlu buru-buru membeli produk mahal atau menggunakan bahan kimia berbahaya untuk menghilangkan bau tersebut.

Ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan dan efektif menghilangkan bau badan secara alami, tanpa harus merusak kesehatan dan dompet kamu! Tunggu apa lagi? Mari kita mulai!

Info wajib baca: Jangan Panik, Ini 5 Cara Mengeluarkan Semut dari Telinga dengan Aman

Penyebab Munculnya Bau Badan

Source Gatsby

Ada beberapa penyebab umum terjadinya bau badan. Adapun penyebab utama dari munculnya bau badan adalah keringat yang berlebihan. Ketika tubuh berkeringat, bakteri pada kulit kita dapat memecah keringat menjadi asam lemak yang kemudian menghasilkan aroma tak sedap.

Selain itu, makanan juga bisa menjadi faktor penyebab bau badan, lho. Umumnya, makanan dengan kadar rempah tinggi seperti bawang putih dan cabai dapat memberikan efek aromatis pada tubuh kamu setelah dicerna. Maka dari itu, setelah dikonsumsi biasanya bahan ini menghasilkan aroma tertentu pada tubuh.

Selain faktor dari luar, kebersihan pribadi juga memiliki peranan penting dalam munculnya bau badan. Kurangnya mandi secara teratur dan membersihkan bagian-bagian tertentu seperti ketiak dan area genital bisa membuat bakteri berkembang biak dan menyebabkan aroma tidak sedap.

Terakhir, stres juga dapat mempengaruhi produksi keringat serta meningkatkan aktivitas hormon di dalam tubuh. Hal inilah yang sering kali membuat orang-orang merasa bahwa mereka mengeluarkan aroma tak sedap saat mereka sedang stres.!

Cara Menghilangkan Bau Badan secara Alami

cara menghilangkan bau badan secara alami
Source: BBC

Bau badan yang tidak sedap bisa menjadi sumber ketidaknyamanan bagi siapa saja. Terkadang, meskipun sudah mandi menggunakan sabun antibakteri, bau tersebut masih tetap bertahan.

Lantas, bagaimana cara efektif untuk menghilangkan bau badan secara alami? Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan:

1. Cara menghilangkan bau badan secara alami dengan mandi teratur

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau mandi menjadi cara untuk menjaga kebersihan tubuh. Dengan mandi secara teratur, kamu jadi dapat menghilangkan bakteri penyebab bau badan. 

Akan lebih baik lagi jika kamu menggunakan sabun antibakteri untuk membersihkan kulit secara maksimal.

2. Cara menghilangkan bau badan secara alami dengan deodoran atau antiperspirant

Sebagaimana yang sudah disebutkan bahwa penyebab bau badan adalah munculnya keringat berlebih. Maka dari itu, menggunakan deodoran dan antiperspirant menjadi solusi ampuh untuk mengatasi bau badan.

Deodoran mengandung bahan yang membantu mengatasi bau badan, sementara antiperspirant membantu mengurangi produksi keringat. Pastikan kamu produk yang bebas dari bahan kimia berbahaya dan sesuai dengan jenis kulitmu, ya.

3. Pilih pakaian yang tepat

Selain cuaca yang panas, keringat juga bisa muncul karena penggunaan pakaian yang kurang tepat. Maka dari itu, pilih pakaian yang terbuat dari serat alami, seperti katun, yang memungkinkan kulit “bernafas” dan mengurangi kelembapan di kulit

Info wajib baca: 6 Cara Ampuh dan Mudah Menghilangkan Bopeng di Wajah dengan Bahan Alami

4. Konsumsi makanan sehat dan hindari makanan berlemak tinggi

Kurangi konsumsi makanan yang dapat menyebabkan bau badan, seperti bawang, bawang putih, dan cabai. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran segar untuk membantu menjaga aroma tubuh yang segar.

Selain itu, makanan berlemak tinggi juga dapat meningkatkan produksi keringat dan memperkuat bau badan. Maka dari itu, hindari makanan berlemak tinggi, dan pilih makanan yang lebih sehat dan ringan.

5. Cara menghilangkan bau badan secara alami dengan minum cukup air putih

Air putih sudah lama dikenal sebagai bahan yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain dapat membantu tubuh tetap terhidrasi, minum air putih juga membantu mengurangi konsentrasi keringat yang mengandung bau.


Itulah beberapa cara efektif yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bau badan secara alami. Penting untuk diingat bahwa setiap orang memiliki karakteristik tubuh yang berbeda, jadi mungkin perlu mencoba beberapa metode sebelum menemukan apa yang paling cocok untuk kamu.

Namun begitu, yang terpenting adalah menjaga kebersihan diri dengan mandi secara teratur dan menggunakan sabun antibakteri. Jangan lupa juga membersihkan area tertentu seperti ketiak, kaki, dan area intim dengan baik.

Dengan melakukan langkah-langkah ini secara rutin dan konsisten, kamu pastinya dapat menghilangkan bau badan secara alami tanpa harus bergantung pada produk kimia atau deodoran sintetis.

Nah, apa kamu punya cara lainnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau badan? Yuk, share cerita kamu di kolom komentar!

Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid! Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare