...
polusi suara
5-min read

Penyebab Polusi Suara di Lingkungan Sehari-hari yang Perlu Kamu Ketahui

polusi suara

Ternyata ada polusi suara juga! Emang polusi suara ini apa, sih?

Hidup di dunia yang terhubung secara konstan dengan suara dan kebisingan, tidak dapat dipungkiri bahwa polusi suara telah menjadi hal yang umum dalam kehidupan kita sehari-hari.

Terlepas dari apakah itu berasal dari lalu lintas padat, alat-alat elektronik berteknologi tinggi, atau bahkan pemukiman perkotaan yang ramai, dampaknya terhadap kesehatan dan kenyamanan kita tak bisa diabaikan begitu saja.

Kali ini, kita bakalan bahas penyebab dan dampak dari polusi suara di lingkungan sehari-hari yang harus kamu ketahui. Bersiap untuk menemukan fakta-fakta mengejutkan dari jenis polusi berikut ini!

Polusi Suara: Pengenalan dan Konsep Dasar

Selama ini, kita cuma tau kalau bentuk polusi itu cuma sekedar asap dan CO2 yang berasal dari pabrik, kendaraan, dan debu sebagai beberapa penyebab polusi udara yang dapat merusak lapisan ozon, serta menyebabkan efek rumah kaca. Tapi, kamu tau nggak, kalo polusi itu ada satu jenis lagi?

Polusi yang bakal kita bahas kali ini adalah jenis polusi yang paling sering kita temui sehari-hari, di mana saja, dan kapan saja, yaitu polusi suara! Kamu pasti pernah denger suara yang sangat bising dan mengganggu, nah, itu termasuk dalam salah satu jenisnya.

Polusi jenis berikut sendiri, adalah kondisi di mana lingkungan terpapar oleh suara berlebihan yang tidak diinginkan dan mengganggu. Suara yang dihasilkan oleh aktivitas manusia seperti transportasi, industri, konstruksi, dan kegiatan sehari-hari lainnya dapat menyebabkan polusi suara.

Sumber Polusi Suara

Polusi yang satu ini bisa jadi berasal dari berbagai sumber yang bahkan nggak kita sadari, atau sering kita jumpai. Sumber utama polusi berikut adalah:

1. Transportasi

Kendaraan bermotor seperti mobil, motor, dan pesawat terbang menghasilkan suara yang signifikan saat bergerak. Suara dari lalu lintas jalan raya dan bandara dapat menjadi sumber utama polusi suara di daerah perkotaan.

Karena suara-suara darikendaraan ini tercampur dan menyebabkan kebisingan. Apalagi kalau ditambah kemacetan, pasti berisik banget karena selain suara dari mesin, ditambah juga dengan suara klakson dari mobil atau motor.

2. Area industri

Pabrik, fasilitas produksi, dan peralatan industri menghasilkan suara akibat proses produksi dan operasionalnya. Mesin berat, alat berat, dan instalasi mekanis juga dapat berkontribusi pada polusi berikut tapi di area industri.

Contohnya ya area pabrik, karena di pabrik banyak banget mesin serta alat berat yang digunakan sebagai media untuk melakukan produksi.

3. Area konstruksi

polusi suara
Source: Ekosistem.CO.ID

Proyek pembangunan seperti gedung, jalan, jembatan, dan proyek infrastruktur lainnya dapat menghasilkan suara yang kuat dan berlangsung dalam jangka waktu tertentu. Suara yang bising ini dihasilkan oleh bunyi dari bermacam alat yang digunakan.

Contohnya seperti suara yang dihasilkan dari alat bor, atau kendaraan pengangkut bahan bangunan, suara palu, suara keramik yang dipotong, dan sebagainya.

Info wajib baca: Jangan Panik! Kenali 6 Penyebab Terjadinya dan Cara Penanganan Mimisan pada Anak 

4. Kegiatan rekreasi atau hiburan

Suara dari konser musik, festival, dan kegiatan rekreasi lainnya juga ternyata dapat berkontribusi pada polusi suara, loh, terutama di daerah perkotaan. Karena suara yang dihasilkan oleh sound system bercampur dengan suara riuh orang-orang dan kendaraan membuat suara yang sangat bising.

Jangankan konser musik dan festival, tetangga yang suka nyetel lagu pake speaker kenceng-kenceng dan mengganggu juga ikut berkontribusi jadi penyebab polusi ini, loh, apa lagi kalau sampai mengganggu ketenangan orang lain.

5. Kegiatan sehari-hari

Suara dari aktivitas sehari-hari seperti belanja, berbicara keras, dan aktifitas bermain anak-anak juga dapat menyumbang pada polusi jenis berikut dalam skala kecil. Polusi yang satu ini juga bisa jadi memiliki dampak negatif terhadap manusia, hewan, serta ekosistem secara keseluruhan, loh.

Contoh dari polusi berikut yang biasa kita temukan di kehidupan sehari-hari ini yaitu suara teriakan yang bikin kaget, atau suara ketawa yang kenceng banget sampe kedengeran sama tetangga.

Dampak dari Polusi Suara

Namanya juga polusi, pasti bakalan memberikan dampak yang buruk. Dampak polusi suara bisa berpengaruh pada berbagai aspek dalam kehidupan manusia dan juga lingkungan, termasuk di antaranya:

1. Kesehatan manusia

Paparan jangka panjang terhadap polusi suara dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti stres, gangguan tidur, kelelahan, dan masalah pendengaran. Beberapa studi juga telah mengaitkan polusi suara dengan risiko penyakit kardiovaskular, sampai gangguan mental.

Karena pastinya suara yang sangat bising bakal mengganggu ketenangan kita, apalagi kalau suara bising tersebut muncul secara tiba-tiba, atau kamu mendengarkan suara bising dengan frekuensi yang tinggi dalam waktu lama.

2. Hewan

Polusi yang satu ini juga dapat mengganggu perilaku dan komunikasi hewan. Ini dapat mempengaruhi pola migrasi, perkembangbiakan, dan tingkat stres pada berbagai spesies.

Contohnya aja, kalau kucing mendengarkan suara yang bising, mereka pasti kaget dan kabur, bahkan nggak mau dipegang manusia. Bebebrapa kelompok hewan juga pasti bakal minggat ke habitat lain kalau di dekat habitatnya terlalu bising karena ada aktivitas manusia.

3. Dampak pada lingkungan

Polusi yang satu ini juga dapat mengganggu ekosistem, mengurangi keanekaragaman hayati, dan mengganggu interaksi antara organisme. Ini juga dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman dan kualitas air.

Ada beberapa eksperimen juga yang menunjukkan kalau tanaman yang terpapar suara bising, pertumbuhannya cenderung lebih lambat dibanding tanaman yang lingkungannya lumayan tenang dna nggak terlalu berisik.

4. Kualitas hidup

polusi suara
Source: DokterSehat

Polusi suara juga dapat mengurangi kualitas hidup di daerah perkotaan dengan mengganggu kenyamanan, kebersihan, serta kenyamanan lingkungan.

Seperti yang udah disebutin di atas, kebisingan yang ditimbulkan ini juga bisa bikin stres pada seseorang. Nah, karena merasa stres akibat suara yang mengganggu inilah kualitas hidup seseorang bisa cenderung menurun.

Nah, kalo udah begini kamu perlu mencari cara menenangkan hati dan pikiran sejenak dari segala kebisingan kota. Misalnya yoga atau meditasi sendiri di rumah.

Info wajib baca: Rahasia Cantik Alami: Cara Menghilangkan Pori-pori Wajah Secara Alami

5. Gangguan komunikasi

Suara berlebihan juga dapat mengganggu komunikasi antarindividu dan menyebabkan kesulitan dalam mendengar atau memahami percakapan.

Contohnya aja, kalau kamu pergi ke konser atau acara festifal yang rame banget, di mana suara orang, kendaraan, dan sound system, bersatu padu, pasti kamu kalo ngomong juga harus sedikit atau malah teriak, kan, karena saking nggak kedengerannya?


Nah, sekarang udah tau, kan, kalau polusi nggak sekedar debu atauudara yang koktor tapi bisa juga suara yang ‘kotor’? Kamu baru tau kalau ada jenis polusi yang satu ini kapan, nih, gaes? Tulis di komentar, ya!

Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid! Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare