...
panas telinga kanan
5-min read

Primbon atau Medis? Apa Makna dari Sensasi Panas Telinga Kanan?

panas telinga kanan

Panas Telinga Kanan? Apa artinya berdasarkan primbon Jawa dan medis?

Apakah kamu pernah mengalami sensasi panas telinga kanan yang mungkin menurutmu misterius? Jangan khawatir, kamu nggak sendirian! Rasanya seperti ada sesuatu yang sedang terjadi di dalam tubuh kita saat rasa panas tersebut datang.

Namun, pertanyaannya adalah, apakah ini ada artinya berdasarkan primbon ataukah ada penjelasan ilmiah yang dapat menjelaskan fenomena ini? Yuk ketahui lebih dekat tentang makna dari sensasi berikut dan membedah antara kepercayaan primbon versus pengetahuan medis. Bersiaplah untuk mendapatkan pemahaman baru dan menarik seputar hal tersebut!

Makna Panas Telinga Kanan Menurut Primbon Berdasarkan Waktu

Selain rasa panas telinga kiri, panas telinga kanan juga ernyata ada penjelasannya, loh, menurut primbon Jawa! Hal ini bisa dijelaskan berdasarkan waktu rasa panas ini muncul di telinga bagian kananmu. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

1. Arti panas kuping kanan saat dini hari-pagi

  • Jika terjadipada pukul 01.00 – 02.00 dini hari, bisa jadi pertanda bahwa kalian akan mendapatkan kehormatan dan kemuliaan di kemudian hari.
  • Jika terjadi pada pukul 03.00 – 04.00 pagi, bisa jadi pertanda baik bahwa kalian akan dapat kemudahan dalam mencari rezeki.
  • Jika terjadi pada pukul 05.00 – 06.00 pagi, bisa jadi pertanda bahwa akan ada sanak saudara kalian yang berkunjung dan membawa hal membahagiakan.
  • Jika terjadi pada pukul 07.00 – 08.00 pagi, bisa jadi pertanda bahwa kalian akan mengalami perselisihan karena sebuah kesalahpahaman.
  • Jika terjadi pada pukul 08.00 – 10.00 pagi, bisa jadi pertanda buruk bahwa akan ada pencuri datang. Jadi lebih baik kamu waspada.

2. Arti panas kuping kanan saat siang-sore hari

panas telinga kanan
Source: Jovee
  • Jika terjadi pada pukul 11.00 – 12.00 siang, bisa jadi pertanda baik bahwa kalian akan mendapatkan rezeki berupa uang yang tak disangka-sangka.
  • Jika terjadi pada pukul 13.00 – 14.00, bisa jadi pertanda bahwa akan ada orang yang datang mengunjungi kalian.
  • Jika terjadi pada pukul 15.00 – 16.00 sore, bisa jadi pertanda bahwa kalian akan bertemu dengan jodoh atau kedatangan tamu.
  • Jika terjadi pada pukul 17.00 – 18.00 sore, bisa jadi pertanda bahwa kalian akan mendapatkan kesuksesan dan keuntungan besar di kemudian hari.

3. Arti panas kuping kanan saat malam hari

  • Jika terjadi pada pukul 19.00 – 20.00, bisa jadi pertanda bahwa sebenarnya ada orang yang sedang membenci bahkan mencoba membuat fitnah kalian. Jadi kalian harus lebih waspada lagi.
  • Jika terjadi pada pukul 21.00 – 22.00 malam, bisa jadi pertanda bahwa kalian saat ini sedang dipergunjingkan orang lain.
  • Jika terjadi pada pukul 23.00 – 24.00 malam, bisa jadi pertanda bahwa kalian akan kedatangan tamu penting atau orang penting yang berpengaruh di hidup kalian.

Info wajib baca: Mengungkap Makna dan Penyebab Kedutan Bahu Kanan Berdasarkan Primbon Jawa dan Medis

Makna Panas Telinga Kanan Menurut Medis

Nah, kalo tadi udah liat bahasan arti panas telinga kanan menurut primbon Jawa, buat kamu yang lebih percaya dengan penjelasan ilmiah ketimbang ramalan, nggak usah khawatir karena berikut ini Kostmin punya penjelasan dari fenomena ini berdasarkan pandangan medis!

1. Iritasi kulit

Salah satu penyebab yang umum adalah iritasi kulit di sekitar telinga. Paparan terhadap bahan kimia, deterjen, kosmetik, atau bahan lain yang tidak cocok dengan kulit dapat menyebabkan iritasi dan sensasi panas.

Selain itu, pemakaian perhiasan seperti anting-anting yang terbuat dari logam tertentu juga bisa menyebabkan reaksi alergi pada kulit telinga, yang mana dapat mengakibatkan rasa panas.

2. Perubahan suhu

Suhu dan cuaca ekstrem dapat mempengaruhi bagaimana kita merasakan panas atau dingin pada berbagai bagian tubuh, termasuk telinga. Paparan terhadap sinar matahari atau udara dingin yang tiba-tiba dapat menyebabkan sensasi panas atau perasaan terbakar pada kulit telinga.

3. Kulit terbakar sinar matahari

Sunburn terjadi ketika telinga Anda terlalu banyak terpapar sinar matahari tanpa perlindungan apa pun. Kondisi tersebut dapat menimbulkan beberapa gejala seperti telinga merah, telinga terasa hangat, telinga mengalami nyeri, hingga terasa agak sakit.

4. Red ear syndrome

panas telinga kanan
Source: Portal Sulut – Pikiran-Rakyat.com

Red ear syndrome atau sindrom telinga merah termasuk masalah kesehatan yang jarang terjadi. Namun jika terjadi, sindrom ini meliputi kemerahan dan rasa terbakar, terutama di cuping telinga (bagian bawah daun telinga).

Gejala-gejala tersebut dapat berlangsung sesaat atau berjam-jam. Sindrom ini dapat pula menyebabkan migrain dan kondisi medis lainnya. Beberapa hal yang bisa menjadi pemicu red ear syndrome, yakni kebiasaan menyentuh telinga Anda, terpapar suhu ekstrem, atau berolahraga.

5. Dermatitis seboroik

Salah satu yang mungkin menjadi penyebabnya adalah penyakit dermatitis seboroik. Penyakit ini bisa menyebabkan kulit menjadi merah, gatal, dan bersisik.

Dermatitis seboroik parahnya bukan hanya dapat memengaruhi bagian belakang telinga luar kamu, tapi juga ke arah telinga bagian dalam, seperti di cuping telinga dan saluran telinga.

Info wajib baca: Mengenal Penyebab dan Arti Kedutan Telapak Kaki Kanan Menurut Primbon Jawa

6. Infeksi bakteri

Infeksi kulit seperti selulitis atau erisipelas juga dapat menyebabkan telinga merah. Selain telinga merah, kondisi tersebut juga dapat membuat telinga jadi terasa hangat atau panas, bengkak, hingga teriritasi. Bahkan, gejala erisipelas mungkin termasuk luka lepuh.

7. Pengaruh hormon

Siapa sangka kalau kuping yang panas juga bisa disebabkan pengaruh hormonal? Misalnya hal ini terjadi karena memasuki masa menopause, kemoterapi, pengaruh obat, dan juga sebagainya yang sapat memengaruhi hormon yang ada dalam tubuhmu.


Selain penjelasan terkait panas telinga kanan, bahasan tentang hari baik potong kuku uga pasti bisa menarik perhatianmu. Siapa sangka memotong kuku juga ada hari baiknya?

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare