...
tekstur mpasi 11 bulan
5-min read

Ajak Anak Kenalkan Makanan, Ini Tekstur MPASI yang Dibutuhkan Bayi Usia 11 Bulan!

tekstur mpasi 11 bulan

Bayi umur 11 bulan bisa diberikan MPASI dengan tekstur yang agak kasar. Simak penjelasannya di sini!

Saat mempunyai anak bayi, penting bagi kita sebagai orang tau untuk memerhatikan asupan makanannya dengan baik. Selain air susu ibu (ASI), bayi juga sudah bisa diberikan makanan pendamping ASI (MPASI) terhitung sejak si anak memasuki usia 6 bulan.

Namun begitu, makanan pendamping ini tidak boleh diberikan secara asal dan harus memerhatikan teksturnya. Hal ini berkaitan dengan kemampuan bayi dalam mencerna makanan sehingga tidak menimbulkan bahaya dan mendorong kemampuannya dengan baik.

Lantas, bagaimana tekstur MPASI yang dibutuhkan jika umur anak sudah mencapai usia 11 bulan? Yuk, cari tahu penjelasan lengkapnya di sini!

Mengapa Tekstur MPASI untuk Bayi 11 Bulan Dibedakan?

tekstur mpasi 11 bulan

MPASI adalah singkatan dari “Makanan Pendamping ASI.” Ini merujuk pada makanan tambahan yang diberikan kepada bayi selain air susu ibu (ASI) atau susu formula. MPASI diperkenalkan ketika bayi mencapai usia yang tepat, biasanya sekitar 6 bulan, dan merupakan langkah penting dalam pengembangan gizi dan pertumbuhan bayi.

MPASI dimaksudkan untuk memberikan nutrisi tambahan yang diperlukan oleh bayi saat mereka mulai tumbuh dan berkembang dengan cepat. Makanan pendamping ASI bisa berupa makanan padat yang mengandung berbagai zat gizi penting, seperti vitamin, mineral, karbohidrat, tinggi protein, dan lemak. Tujuan utama MPASI adalah:

Info wajib baca: 7 Makanan yang Mengandung Zat Besi untuk Menjaga Kesehatan Kamu

Tekstur MPASI yang diberikan kepada bayi pun sebaiknya disesuaikan dengan usia bulannya. Setiap usia bayi membawa perkembangan motorik, kemampuan mengunyah, dan koordinasi yang berbeda.

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kapan bayi mencapai tahap perkembangan tertentu dan mengadaptasi tekstur makanan yang sesuai. Berikut adalah panduan umum untuk tekstur MPASI pada berbagai usia bayi:

1. MPASI usia 6-7 bulan

Pada usia ini, bayi biasanya baru memulai MPASI. Tekstur yang sesuai adalah makanan yang halus dan lembut, seperti bubur nasi yang sangat lembut, puree sayuran, puree buah-buahan, atau puree daging yang dihaluskan. Ini membantu bayi beradaptasi dengan rasa baru dan menjaga risiko tersedak rendah.

2. Usia 8-9 bulan

Bayi pada usia ini mungkin sudah lebih terampil dalam mengonsumsi makanan padat. Kamu bisa mulai memberikan makanan yang sedikit lebih kasar atau dengan tekstur yang lebih beragam. Ini termasuk potongan-potongan kecil buah-buahan yang sangat lembut, sayuran yang dipotong kecil, dan nasi yang tidak terlalu halus.

3. Tekstur MPASI untuk bayi usia 10 dan 11 bulan

Pada usia ini, bayi mungkin sudah bisa mengunyah dengan lebih baik. Kamu dapat memberikan makanan seperti bubur nasi yang dicincang kasar, daging cincang, atau sayuran yang dicincang kasar. Tekstur ini memberikan rasa tantangan kepada bayi untuk menggigit dan mengunyah makanan dengan lebih aktif.i.

Selain itu, finger food atau makanan yang dapat dipegang oleh bayi juga menjadi pilihan yang baik. Contohnya adalah potongan buah-buahan, potongan roti, atau sayuran yang sudah diolah menjadi potongan kecil. Ini memungkinkan bayi Anda untuk merasakan kemandirian saat makan.

4. Bayi di atas 12 bulan

Setelah bayi berusia di atas 12 bulan, mereka biasanya sudah cukup terampil dalam mengonsumsi makanan yang lebih mirip dengan makanan orang dewasa. Namun, tetap perhatikan bahwa tekstur makanan harus aman dan tidak terlalu sulit untuk bayi.

Kamu juga dapat memberikan makanan yang lebih beragam dalam porsi yang lebih besar, seperti potongan buah, sayuran, daging, ikan, dan makanan padat lainnya.

Tips Menyiapkan MPASI dengan Tekstur untuk Bayi 11 Bulan

Source: Halodoc

Dalam menyiapkan MPASI untuk anak 11 bulan, ada sejumlah tips yang bisa kamu lakukan. Berikut di antaranya:

1. Bahan makanan segar dan sehat

Pastikan kamu menggunakan bahan makanan yang segar dan sehat untuk MPASI bayi. Ini akan membantu memastikan bahwa bayimu mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

Penting juga untuk diingat sebelum mengolah makanan, pastikan untuk mencuci bersih semua bahan makanan. Kebersihan adalah kunci untuk memastikan kesehatan bayi.

2, Siapkan makanan sesuai kebutuhan bayi

Selanjutnya, sesuaikan porsi makanan dengan kebutuhan bayi. Jangan memberikan makanan dalam jumlah berlebihan atau terlalu sedikit.

3. Sajikan MPASI untuk untuk anak 11 bulan dalam keadaan hangat

Bayi mungkin lebih suka makanan yang disajikan dalam suhu yang hangat. Maka dari itu, pastikan untuk memeriksa suhu makanan sebelum memberikannya kepada bayi.

4. Ajak bayi untuk makan bersama

Makan bersama anak kamu adalah cara yang baik untuk membangun hubungan positif dengan makanan. Bayi mempunyai kecenderungan untuk belajar dan mencontoh orang tuanya sehingga memberikan kesan yang baik.

Info wajib baca: Jangan Panik, Ini Obat Penurun Panas Bayi 0-6 Bulan Alami

Ide MPASI untuk Bayi 11 Bulan

Bingung mencari ide MPASI untuk bayi usia 11 bulan? Simak rekomendasi makanannya di sini:

  • Bubur nasi dengan daging cincang: Campurkan nasi yang dicincang kasar dengan daging cincang dan sayuran seperti wortel atau brokoli. Ini adalah makanan yang mengenyangkan dan kaya akan protein dan serat.
  • Udang goreng dengan sayuran: Potong udang menjadi potongan kecil dan goreng dengan sedikit minyak sayur. Sajikan dengan sayuran yang telah diolah menjadi potongan kecil seperti kacang panjang atau buncis.
  • Buah-buahan ootong: Potong buah-buahan seperti pisang, apel, atau pir menjadi potongan kecil yang dapat dipegang oleh bayi Anda. Buah-buahan segar adalah pilihan camilan yang sehat.
  • Bolu pisang mini: Buat bolu pisang mini dengan menggunakan pisang matang yang dihaluskan, tepung gandum, dan telur. Ini adalah camilan yang lezat dan sehat.

Itulah beberapa informasi penting yang perlu kamu perhatikan dalam menyiapkan tekstur MPASI untuk anak usia 11 bulan. Nah, apa kamu juga sedang berada di fase ini? Bagaimana caramu menyiapkan MPASI untuk anak? Share pengalaman kamu di kolom komentar, yuk!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare