...
alat musik gong
5-min read

Mengenal Alat Musik Gong: Sejarah, Fungsi, dan Cara Memainkannya

alat musik gong

Gong merupakan salah satu alat musik tradisional yang mempunyai suara khas!

Siapa yang senang banget mendengarkan musik? Musik, tuh, memang punya keajaiban tersendiri karena bisa bikin suasana hati kita membaik dan pikiran jadi tenang. Nggak heran kalau banyak yang menjadikan musik sebagai hiburan utama.

Nah, salah satu alat musik yang paling unik dan memiliki nilai tradisional adalah gong. Kita pasti sering banget dengar suara gong dalam musik tradisional Asia Tenggara dan Timur, kan?

Tapi, apa sebenarnya gong itu? Apa fungsi alat musik gong? Bagaimana cara memainkannya? Nah, supaya kamu nggak penasaran, KostMin bakal ajak kamu untuk kupas tuntas tentang gong dalam artikel ini. Simak terus sampai habis, ya

Mengenal Alat Musik Gong

Source: Shopee

Jadi, gaes, gong adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul. Bentuknya pun cukup unik karena biasanya terbuat dari lempengan logam yang dibentuk sedemikian rupa. Pada bagian tengah gong, biasanya ada tonjolan yang mencolok dan menjadi ciri khas dari alat musik ini. 

Alat musik gong ini cukup terkenal di Asia Tenggara dan Timur. Di Indonesia, khususnya di Jawa, kita sering menyebutnya dengan nama Gong. Bahkan, orang Jawa memandang gong bukan cuma sebagai alat musik, tapi juga sebagai lambang pusaka, harta berharga, atau simbol pemilik, lho.

Nah, sejarah gong sendiri ternyata sudah lama banget, guys. Buktinya, di Vietnam, pada tahun 1930, peninggalan berupa gong sudah ditemukan di daerah pinggiran sungai Ma Yang, provinsi Thanh Hoa, Vietnam Utara.

Info wajib baca: Mengenal Jenis-jenis Musik Pop dan Ciri-cirinya | Genre Musik untuk Semua Kalangan

Sebelum itu, di Tiongkok, gong juga sudah ada sekitar tahun 200 sebelum masehi. Waktu itu, orang Tiongkok sudah banyak yang mainin gendang perunggu yang punya suara mirip dengan alat musik ini.

Sedangkan di Indonesia, gong sudah dikenal lama sejak dari zaman dulu, sekitar awal abad ke-5 masehi. Konon, gong ini datang ke Indonesia melalui sistem barter. Jadi, zaman dulu, orang Indonesia nawarin gendang perunggu sebagai alat barter, dan gongnya diterima.

Keren, kan? Ini sebabnya gong ini banyak dijumpai di kepulauan di Indonesia mulai dari Sumatera, Jawa-Bali, Sumbawa, Maluku, NTT, dan Papua Barat.

Fungsi Alat Musik Gong

alat musik gong
Source: Orami

Sebagai alat musik, gong punya banyak fungsi dalam masyarakat. Yuk, kita kupas satu per satu:

1. Sebagai alat komunikasi

Di wilayah Jawa, gong biasanya punya aturan khusus. Misalnya, gong nggak boleh dimainin waktu ada yang meninggal atau anggota kerajaan yang berpulang.

Tapi di daerah lain, orang malah pakai gong untuk kasih tahu kalau ada yang sedih atau ada berita penting. Di Sumba, contohnya, pemain gong boleh memainkan musik gong yang nyentil kalau ada yang berduka. Tapi setelah itu, dia harus mainin lagu yang riang. Nah, tujuannya biar suara gong ini bisa menyampaikan pesan ke seluruh penduduk di sekitar situ.

2. Gong untuk ritual

Gong nggak cuma sekadar alat musik, tapi juga punya makna mendalam dalam budaya. Alat musik ini sering kali dianggap sebagai simbol pemilik, pusaka keluarga, atau harta berharga. Makanya, gong ini nggak bisa digunakan sembarangan. Jumlah gong pun biasanyalebih dihargai ketimbang nada yang dihasilkan. 

3. Sebagai penyebar berita

Karena fungsinya sebagai alat komunikasi tradisional, gong juga berguna dalam menyebarkan berita. Di Sumba misalnya, pemain gong boleh memainkan lagu yang berarti ada yang meninggal, meskipun sebenarnya nggak ada yang berduka.

Tapi setelah itu, pemain gong wajib memainkan lagu yang riang. Artinya, masyarakat di sekitar sana tahu kalau nggak perlu dateng buat melayat. Bisa menghemat waktu dan tenaga, kan?

4. Alat musik dalam ritual keagamaan

Gong juga digunakan dalam beberapa perayaan agama. Di Minangkabau misalnya, gong sering kali digunakan ketika ada pesta pernikahan atau hajatan.

Sementara itu di Jawa Barat, gong punya peran dalam acara keningratan. Nah, di Kalimantan, Sulawesi, dan NTT, gong bahkan jadi andalan waktu ada acara pengobatan atau acara berkabung.

Info wajib baca: 12 Manfaat Keberagaman Budaya: Warisan Budaya hingga Mendorong Toleransi

Cara Memainkan Alat Musik Gong

Lantas, gimana, sih, cara memainkan alat musik gong ini? Nah, gampang banget, kok! Gong dimainkan dengan cara dipukul, biasanya pakai alat pemukul yang terbuat dari kayu dengan lapisan kain tebal. Cara ini digunakan supaya nggak merusak fisik gong dan menghasilkan getaran yang pas.

Pasalnya, pukulan kayu tanpa kain bisa berbeda suara dengan pukulan yang menggunakan kain, lho. Biasanya, gong punya bentuk bulat tabung, dengan salah satu sisi yang berlubang.

Nah, permukaan yang bulat itu yang bakal dipukul untuk menghasilkan suara. Kalau belum pas, pembuat gong bisa mengerok lapisan kain lagi sampai lebih tipis dan sesuai dengan yang diinginkan.


Itulah beberapa hal yang perlu kamu tahu dari alat musik gong. Apa kamu sudah pernah coba untuk memainkannya? Yuk, share cerita kamu di kolom komentar!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare