...
curug di cianjur
5-min read

Rekomendasi Curug di Cianjur yang Segar dan Memanjakan Mata

curug di cianjur

Ternyata ini lho beberapa curug di Cianjur yang bisa kamu kunjungi untuk waktu liburan kamu.

Curug yang diartikan ke dalam bahasa Sunda memiliki arti yang disebut air terjun. Nah, curug di Cianjur menjadi salah satu rekomendasi yang bisa kamu coba lho, karena memiliki keindahan yang luar biasa dan dipenuhi oleh hutan-hutan yang bikin adem.

Mau tahu kira-kira curug yang ada di Cianjur apa saja? Yuk, coba kamu simak ya ulasannya di bawah ini agar kamu bisa menemukan curugnya apa saja.

Info wajib baca: Bukan Hanya Meteor Garden, Inilah Film Terpopuler yang Diperankan Oleh Dylan Wang!

Rekomendasi Curug di Cianjur

curug di cianjur
Source: Detik.com

Bagi kamu yang suka menjelajahi curug atau air terjun, yuk lihat rekomendasi curug yang di Cianjur di bawah ini ya.

1. Curug Ngebul

Curug Ngebul berada di tebing Gunung Lemo pada ketinggian sekitar 100 meter. Namanya berasal dari kata Sunda “kebul”, yang berarti asap.

Berasal dari suara air terjun yang mengebul berwarna putih ketika orang melihatnya dari bawah. Air yang deras meluncur dari ketinggian, menciptakan banyak tempias air yang mirip asap.

Salah satu hal yang menarik tentang air terjun ini adalah banyaknya bunga liar di sekitarnya, yang mempercantik suasana. Selain itu, ada bebatuan alami dan pepohonan di sekitar air terjun.

2. Curug Ciastana di Cianjur

Lokasi Curug Ciastana adalah di Wargasari, Sinar Muda, Bojongkasih, Kadupandak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Air terjun ini mengalir ke bawah danau kecil, yang merupakan ciri khasnya.

Curug Ciastana juga menarik karena terdiri dari dua undakan yang memiliki dua air terjun sekaligus. Air terjun yang berbentuk seperti tirai adalah yang paling menarik.

Untuk mencapai Curug Ciastana, kamu harus menempuh waktu sekitar tiga setengah jam dari pusat kota Cianjur. Jalan menuju air terjun ini dianggap cukup sulit bagi pengendara.

3. Curug Siuh, salah satu curug populer di Cianjur

Curug Siuh adalah tempat yang bagus untuk mereka yang ingin mengunjungi alam tetapi tidak ingin melakukan perjalanan yang melelahkan. Terletak di Salagedang, yang terletak di Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur.

Air terjun ini berada di dataran rendah Sungai Cisaireun atau di balik bukit Situs Ki Buyut Sirna Jaya di wilayah Perhutani. Curug Siuh unik karena berundak-undak dan terdiri dari beberapa bagian goa-goa. Syekh Lingga Jaya juga memiliki makam yang dikeramatkan.

4. Curug Cikondang

Curug Cikondang terletak di Desa Wangunjaya, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur, dan memiliki ukuran 30 meter dan ketinggian 50 meter. Di bawah air terjun ini, tebing menyatu dengan bebatuan.

Dengan deburan air yang turun menghantam bebatuan, curug ini semakin indah. Curug Cikondang sering disebut sebagai “Niagara mini” oleh turis.

Air terjun ini memiliki pemandangan terasering persawahan dan dikelilingi oleh pepohonan hijau yang indah. Wisatawan sering mengambil foto dengan latar Curug Cikondang.

5. Curug Dadali

Ciri khas air terjun Dadali berasal dari lingkungannya yang hijau, termasuk pohon pinus yang rimbun. Ini terletak di Kampung Lebaksaat di Desa Wargaasih, Kecamatan Kadupandak, Kabupaten Cianjur Selatan.

Di belakang air terjun terdapat gua yang terbentuk oleh pengikisan alami. Karena aliran Sungai Cibala yang lebar, Curug Dadali adalah air terjun block waterfall.

Air terjun Dadali memiliki lebar sekitar 50 meter dan ketinggian sekitar 20 meter. Karena curamnya, pengunjung dilarang berenang di area air terjun.

Info wajib baca: Sinopsis dan Pemeran Film Men in Black: International | Kisah Agen yang Epik Melawan Alien

6. Curug Citambur di Cianjur

curug di cianjur
Source: bankbjb.co.id

Curug ini menjadi salah satu lokasi air terjun terkenal di Cianjur. Ramai-ramai orang dengan keluarga dan teman biasanya mengunjungi tempat wisata ini.

Untuk sampai ke Curug Citambur, wisatawan harus melewati perkebunan teh yang tersebar luas di daerah tersebut. Saat melewati kebun teh, wisatawan pasti akan merasakan udara sejuk dan asri karena dikelilingi oleh hijaunya kebun teh.

Setelah sampai di sana, wisatawan akan merasakan kesegaran dan keindahan air terjun yang mengalir.

7. Curug Tilu

Dengan ketinggian lima puluh meter dan debit air yang sangat deras, Curug Tilu diberi nama karena memiliki tiga undakan. Namun, undakan-undakan curug mencegah airnya langsung jatuh ke bawah. Curug Tilu berada di Desa Sukabungah, yang terletak di Kecamatan Campakamulya.

8. Curug Luhur

Curug Luhur merupakan salah satu destinasi wisata alam di Cianjur yang masih alami dan asri serta belum terjamah oleh banyak orang. Mempunyai ketinggian sekitar 30 meter dengan panorama Kota Cianjur yang indah dilihat dari sini.

Tempat ini terletak di Kelurahan Pamoyanan, Batulawang, Cibinong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

9. Curug Cibeureum

Ketika kamu berada di Cianjur, kamu harus datang ke sini. Air terjun ini semakin menarik karena berada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Sangat cocok untuk mereka yang menyukai tantangan dan petualangan karena berada di jalur pendakian. Selain itu, lokasinya tidak terlalu jauh, sehingga siapa pun, termasuk pendaki yang kurang mahir, dapat mencapainya.

10. Curug Ciismun

Kamu mungkin ingin merencanakan liburan di air terjun ini jika kamu sering pergi ke puncak. Curug Ciismun memiliki pemandangan yang luar biasa yang akan menguap segala kelelahan dan kelelahan.

Untuk kamu yang mencari ketenangan, lokasinya cukup sepi. Meskipun akses ke air terjun ini sulit, itu akan menantang. Kamu harus melacak selama sekitar 30 menitan, tergantung dari kecepatan kamu.

Jalan setapak melintasi area, dengan bukit dengan pepohonan yang tinggi di kanan kiri jalan. Jika kamu lelah, lokasinya yang masih asri mungkin sedikit menghibur.


Itulah rekomendasi curug yang ada di Cianjur yang memiliki keindahan alam luar biasa. Memanjakan mata dan membuat ketenangan hati kamu menjadi hal yang utama ketika kamu berkunjung ke air terjun.

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media Infokost sini!

Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare