...
tragedi kawasan wisata
5-min read

5 Tragedi di Kawasan Wisata, Hati-Hati saat Berlibur

tragedi kawasan wisata

Tragedi di kawasan Wisata pernah terjadi di Indonesia!

Liburan di tempat wisata bareng keluarga, pasangan, maupun teman menjadi hal yang seru dan asyik. Ada berbagai wahana yang bisa kamu coba.

Meski tempat wisata mengklaim jika tingkat keamanan yang dimiliki tinggi, namun tetap saja pernah terjadi kecelakaan di beberapa tempat, bahkan sampai merenggut nyawa. Untuk menghindari terjadinya tragedi tersebut, sebaiknya semua pihak sebaiknya melakukan langkah antisipatif.

Deretan Tragedi di Kawasan Wisata

Berikut ini sederet tragedi di kawasan wisata yang pernah terjadi, di Indonesia maupun di negara-negara lainnya.

Info wajib baca: 5 Wisata Tempat Angker di Indonesia, Dari Jakarta Sampai Bali

1. Tragedi di kawasan wisata, Jembatan Kaca Limpakuwus di Indonesia

Kejadian nahas terjadi di kawasan wisata di Banyumas, tepatnya di The Geong Hutan Pinus Limpakuwus. Salah satu wahana di sana, yaitu jembatan kaca pecah dan menyebabkan seorang wisatawan tewas.

Suara ledakan juga cukup terdengar ketika jembatan kaca pecah. Peristiwa tersebut terjadi pada pagi hari, sekitar pukul 10.00 WIB. Menurut kronologi, ada sekitar 13 orang dari rombongan, terdiri dari 11 orang dewasa dan 2 orang anak-anak yang sama berada di atas jembatan kaca.

Satu rombongan itu terbagi menjadi dua rombongan, satunya berada di sebelah barat. Sementara rombongan lain berada di sisi timur dekat pintu keluar. Saat berjalan di atas jembatan kaca, nggak diduga satu lembar pijakan kaca pecah.

Dari kejadian ini, mengakibatkan satu orang tewas dan tiga wisatawan celaka.

2. Itaewon di Korea Selatan

Selanjutnya ini bukan kawasan wisata, namun menjadi salah satu daerah di Korea Selatan yang sering dikunjungi wisatawan. Peristiwa tragis terjadi ketika malam perayaan Halloween.

Tragedi maut tersebut telah memakan korban jiwa sampai 154 orang. Perayaan Halloween yang awalnya seru berubah menjadi horor saat ratusan ribu orang mulai memadatasi kawasan Itaewon.

Para pengunjung merasa panik dan saling injak satu sama lain. Seratus orang lebih terkapar di jalanan dan mengalami henti jantung. Nggak ada yang menduga, kawasan yang sudah terbiasa dipadati massa, justru berakhir tragis.

Info wajib baca: Menawarkan Keindahan Alam, Berikut 6 Rekomendasi Wisata di Cimahi

3. Expoland di Jepang

Beralih ke negeri Sakura, tepatnya di salah satu kawasan di Osaka, Jepang. Expoland memiliki 40 wahana, namun nahasnya pada tahun 2007, terjadi tragedi mengerikan di wahana bernama Fujin Raijin II.

Satu orang tewas dan puluhan orang mengalami celaka dari kecelakaan di roller coaster ini. Penyebab tragedi tersebut dari adanya kerusakan pada poros dan membuat satu kereta hingga keluar dari jalur.

4. Cyclon di Amerika Serikat

Selanjutnya ada di Amerika Serikat, tepatnya di kawasan wisata beramain The Cyclon. Wahanan roller coaster yang terbuat dari kayu ini pertama kali beroperasi pada tahun 1927.

Selama beroperasi sejak tahun tersebut, The Cyclon telah memakan tiga korban jiwa. Tragedi pertama kali terjadi tahun 1985, yang menyebabkan seorang laki-laki tewas karena kepalanya terbentur batang besar.

Tragedi berikutnya terjadi pada 1988 yang menyebabkan satu orang tewas. Ia jatuh dari ketinggian karena terpental dari tempat duduknya saat menaiki roller coaster. Terbaru terjadi pada tahun 2007 dan menewaskan satu orang.

5. Tragedi di kawasan Wisata, The Oversee Chinese Town di China

Negeri bambu ini membuat simulator pesawat ruang angkasa di taman bermain The Oversee Chinese Town di Shenzhen, China. Kawasan wisata ini memberikan pengalaman terbang di atas ketinggian dengan laju cepat.

Namun tahun 2010, pesawat tersebut jatuh ke tanah dari ketinggian 15 meter. Dari tragedi ini mengakibatkan 10 orang luka parah dan 6 orang tewas.


Itu dia tragedi di kawasan wisata yang pernah terjadi di beberapa negara di dunia, bahkan di dunia. Destinasi wisata yang dapat memberikan rasa nyaman dan aman akan menjadi nilai lebih, lho.

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media Infokost sini!

Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare