...
benjolan di ketiak kanan sakit bila ditekan
5-min read

Mengenal Penyebab dan Cara Meredakan Benjolan di Ketiak Kanan Sakit Bila Ditekan

benjolan di ketiak kanan sakit bila ditekan

Pernah ngalamin benjolan di ketiak kanan sakit bila ditekan? Ini dia penyebab dan cara mengatasinya.

Kamu pernah mengalami benjolan di ketiak kanan sakit bila ditekan? Jika iya, kamu mungkin bertanya-tanya apa penyebab dari kondisi tersebut dan bagaimana cara meredakannya. Benjolan di ketiak adalah hal yang umum terjadi dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor.

Selain cara menghilangkan benjolan di leher kanan, kali ini kita akan menjelajahi beberapa penyebab umum benjolan di ketiak kanan yang sakit bila ditekan serta memberikan tips tentang cara meredakan gejalanya. Baca lebih lanjut untuk mengetahui lebih jauh!

Penyebab Benjolan di Ketiak Kanan Sakit Bila Ditekan

Benjolan di ketiak kanan yang terasa sakit saat ditekan dapat disebabkan oleh beberapa kondisi medis yang berbeda. Beberapa penyebab umum dari benjolan tersebut termasuk:

  1. Kelenjar getah bening bengkak:
    Kelenjar getah bening berperan dalam melawan infeksi dan membantu membersihkan cairan dan partikel asing dari tubuh. Jika ada infeksi atau penyakit, kelenjar getah bening dapat membengkak dan menyebabkan benjolan di area ketiak. Kelenjar getah bening yang bengkak biasanya terasa nyeri dan sensitif saat ditekan.
  2. Infeksi kulit:
    Infeksi kulit di sekitar ketiak, seperti abses atau folikulitis, dapat menyebabkan benjolan yang sakit saat ditekan. Infeksi kulit biasanya disebabkan oleh bakteri yang masuk melalui pori-pori kulit atau luka kecil.
  3. Lipoma:
    Lipoma adalah benjolan lemak yang tumbuh di bawah kulit. Benjolan ini biasanya tidak berbahaya dan tidak sakit, namun dalam beberapa kasus, lipoma dapat menjadi besar dan menyebabkan ketidaknyamanan.
  4. Hidradenitis suppurativa:
    Hidradenitis suppurativa adalah kondisi kulit yang menyebabkan peradangan pada kelenjar keringat di ketiak atau area tubuh lainnya. Hal ini dapat menyebabkan pembentukan benjolan yang nyeri dan meradang saat ditekan.
  5. Abses kelenjar susu:
    Pada wanita, abses kelenjar susu bisa terjadi, terutama selama menyusui. Ini adalah kondisi di mana kelenjar susu mengalami infeksi dan pembengkakan, yang menyebabkan benjolan yang nyeri di sekitar ketiak.
  6. Kista:
    Kista adalah kantong berisi cairan yang dapat berkembang di bawah kulit, termasuk di daerah ketiak. Kista yang besar atau terinfeksi bisa menyebabkan rasa sakit saat ditekan.

Info wajib baca: Mengenal Penyebab dan Cara Mengatasi Benjolan di Belakang Telinga Bayi

Kapan harus ke dokter?

benjolan di ketiak kanan sakit bila ditekan
Source: KlikDokter

Penting untuk mencatat bahwa tidak semua benjolan di ketiak yang sakit saat ditekan bisa jadi tanda masalah serius, namun ketika benjolan terus berlanjut atau menyebabkan ketidaknyamanan yang signifikan, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan fisik, mengambil riwayat kesehatan, dan jika diperlukan, melakukan tes tambahan untuk mengidentifikasi penyebab benjolan dan merencanakan perawatan yang sesuai.

Jangan menunda kunjungan ke dokter jika kamu mengalami benjolan yang tidak normal atau menyebabkan rasa sakit yang berkepanjangan, ya.

Bagaimana Cara Meredakan Benjolan Di Ketiak Kanan?

Satu-satunya cara untuk mengatasi permasalahan ini adalha dengan sesegera mungkin mencari bantuan dari ahli, atau dengan kata lain sesegera mungkin pergi ke dokter. Tapi, selama menjalani masa pengobatan kamu bisa melakukan beberapa cara berikut ini:

  1. Menghidrasi tubuh dengan minum banyak cairan.
  2. Mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid atau pereda nyeri.
  3. Menjaga kebersihan di daerah ketiak.
  4. Menjaga ketiak tetap kering.
  5. Mencukur bulu ketiak dengan perlahan dan lembut.

Selain itu, seperti yang sudah kamu ketahui benjolan sakit ini juga bisa jadi dikarenakan oleh infeksi, yang mungkin berasal dari iritasi akibat mencukur bulu ketiak. Makanya, kamu disarankan untuk memerhatikan cara kamu mencukur bulu ketiak. Lakukanlah secara perlahan dan lembut untuk mencegah luka yang bisa menyebabkan infeksi.

Kalau kamu udah melakukan hal-hal di atas tapi benjolan yang kamu alami nggak kunjung membaik, makin memerah, dan dibarengi dengan gejala lainnya yang mungkin malah memperparah, ada baiknya kamu langsung menanganinya dengan bantuan tenaga medis.

Info wajib baca: Apa Sebenarnya Penyebab Daging Tumbuh di Gusi? Ini Penjelasan serta Cara Mengatasinya

Apakah benjolan di ketiak kanan berbahaya dan kenapa benjolan ini terasa sakit?

benjolan di ketiak kanan sakit bila ditekan
Source: SehatQ

Dilansir dari web Yoona.id, untuk mengetahui tingkat keparahan dan bahaya dari benjolan yang muncul di ketiak, kamu bisa melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Pemeriksaan akan membantumu mengetahui penyebab munculnya benjolan.

Benjolan sendiri bisa dikatakan berbahaya atau tidak berdasarkan faktor penyebabnya. Biasanya benjolan kecil biasanya cenderung bakal hilang dengan sendirinya dan tidak berbahaya, sedangkan untuk kasus benjolan yang berwarna merah, terasa nyeri, serta menetap dinilai cukup serius.

Nggak cuma warna, rasa nyeri, serta lama waktu benjolan menetap di ketiak, jika benjolan berukuran besar, berwarna merah, terasa sakit atau nyeri yang nggak kunjung sembuh, serta terus membesar, maka benjolan ini juga dianggap berbahaya.

Apabila kamu mengalami benjolan sampai demam selama pembengkakan terjadi, ada baiknya buatmu untuk menghubungi dokter untuk melakukan pemeriksaan sesegera mungkin.

Untuk rasa sakit yang dirasakan, bisa terjadi karena beberapa faktor. Di antaranya ada pori-pori yang tersumbat, pembengkakan kelenjar getah bening, masalah pada folikel rambut, luka kecil yang menyebabkan abses, hingga kista.


Kalau kamu mau mencerahkan, mendingan cobain cara mencerahkan ketiak dengan bahan alami, yang udah terbukti aman buat ketiakmu buat menghindari parahnya infeksi yang terjadi.

Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid! Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare