...
cara jualan di TikTok Shop
5-min read

Cara dan Tips Jualan yang Efektif di TikTok Shop Agar Makin Cuan!

cara jualan di TikTok Shop

Sudah akun punya TikTok? Yuk, cari tahu cara manfaatkan akun kamu supaya bisa jualan di TikTok Shop 

Nggak bisa dipungkiri bahwa perkembangan teknologi saat ini banyak memudahkan manusia dalam melakukan banyak hal. Termasuk dengan munculnya e-commerce atau aplikasi jual beli online yang bisa memudahkan manusia untuk berbelanja tanpa harus keluar dari rumah.

Dari beberapa aplikasi e-commerce, salah satu yang saat ini sedang ramai adalah TikTok Shop. Fitur ini merupakan inovasi terbaru yang dikembangkan oleh aplikasi sosial media, TikTok, untuk mempertemukan para penjual dan pembeli.

Tak hanya menawarkan kemudahan dalam membeli barang, untuk kamu yang punya usaha juga bisa menjual produk dengan mudah di sini, lho. Ingin tahu cara jualan di TikTok Shop? Eits, kenalan dulu dengan aplikasi satu ini dulu, yuk!

Apa Itu TikTok Shop?

cara jualan di TikTok Shop
Source: Kompas

Buat kamu yang belum tahu, TikTok Shop secara fungsi merupakan fitur yang mirip dengan aplikasi e-commerce lainnya seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli, dan lainnya. Bedanya, fitur ini menggabungkan cara kerja aplikasi sosial media dengan e-commerce. 

Dengan adanya TikTok Shop ini, pengguna dan kreator bisa mempromosikan dan jualan barang lewat TikTok. Fitur ini pun bisa dinikmati khusus buat kamu yang punya akun bisnis di TikTok, nih.

Info wajib baca: Ini Dia 5 Cara Unduh Video TikTok Tanpa Watermark dengan Mudah

Di TikTok Shop, kamu bisa langsung beli barang dari aplikasi TikTok tanpa harus buka aplikasi lain. Tinggal scroll video TikTok, lihat tagar, atau cek katalog produk, kamu udah bisa menemukan barang yang diinginkan.

Kalau kamu mau mau beli barang lewat TikTok Shop juga gampang banget. Tinggal klik barang yang kamu suka, masukin ke keranjang belanja, terus langsung bayar, deh. Serunya lagi, TikTok Shop punya banyak cara pembayaran, mulai dari kartu kredit/debit, transfer bank, sampai pake e-wallet.

Fitur di TikTok Shop juga oke banget buat memudahkan kamu berbelanja, misalnya:

  1. Live Shopping – kamu bisa langsung belanja dari siaran langsung kreator TikTok. Jadi, kalo mereka lagi live, kamu bisa langsung beli barangnya dari sana.
  2. Link Produk di Bio – khusus buat kreator TikTok, mereka bisa nambahin tautan produk ke bio akun mereka. Jadi, kalo pengikut mereka suka, langsung aja beli dari sana dengan klil link tersebut.
  3. Pameran Produk – dengan adanya fitur ini, kamu bisa lihat dan beli produk dari toko TikTok favorit kamu. Seru, kan?

TikTok Shop ini pun nggak hanya oke buat penjual, tapi juga buat pembeli. Penjual bisa jangkau banyak orang karena TikTok punya lebih dari 1 miliar pengguna aktif setiap bulan. Selain itu, tingkat orang yang beli juga tinggi banget karena langsung bisa beli dari TikTok.

Kalau kamu mau coba jualan pake TikTok Shop, caranya tinggal bikin akun bisnis TikTok dan daftarin toko kamu di TikTok Seller Center. Begitu toko disetujui, kamu bisa langsung nambahin produk dan jualan lewat TikTok Shop. Gampang banget, kan?

Syarat dan Cara Jualan di TikTok Shop

cara jualan di TikTok Shop
Source: Diginews

Masih bingung cara mulai jualan di TikTok Shop? Yuk, simak informasi penting di bawah ini supaya kamu bisa mulai memasarkan produk di TikTok Shop!

Syarat jualan di TikTok Shop

  • Sebelum membuat akun jualan di TikTok Shop, ada beberapa syarat yang harus kami penuhi, yaitu:
  • Usia minimal 18 tahun
  • Identitas diri (KTP/SIM/Paspor)
  • Pastikan kamu mempunyai akun TikTok yang aktif. Dalam hal ini, akun kamu harus sudah upload setidaknya 50 video dalam 28 hari terakhir.
  • Rekening bank
  • Produk sesuai ketentuan

Cara jualan di TikTok Shop

Sudah penuhi semua persyaratan? Yuk, langsung saja daftarkan akun kamu dengan cara berikut:

  1. Akses laman TikTok Shop di https://seller-id.TikTok.com/account/welcome
  2. Buat akun atau masuk dengan akun TikTok kamu.
  3. Isi data yang diperlukan tentang jenis bisnis kamu dan verifikasi data pribadi kalau bisnis kamu perorangan.
  4. Lengkapin info toko kamu, termasuk nama toko, alamat, jenis bisnis, dan deskripsi produk. Jangan lupa buat deskripsi yang menarik ya!
  5. Setelah itu, pilih otoritas kamu setelah menyetujui syarat dan ketentuan TikTok Shop. Ini kayak janji kamu buat taat aturan TikTok.
  6. Sekarang saatnya tambahin produk kamu. Kasih deskripsi, nama, kategori, dan merek produk yang kamu jual.
  7. Biar bisa terima duit dari penjualan, hubungkan akun kamu dengan rekening bank.
  8. Buat konten video produk yang menarik. Ini penting buat ngejar perhatian calon pembeli.

Info wajib baca: 7 Lagu TikTok Viral 2023 Beserta Lirik, Lokal dan Internasional!

Tips jualan auto cuan

Source: SIRCLO

Jualan di TikTok Shop nggak cukup dengan menaruh produk di etalase saja, ada sejumlah tips penting lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan penjualan kamu, yaitu:

  • Bikin katalog produk yang eye-catching. Cobalah biat katalog yang unik dari pesaing biar produk kamu kelihatan beda.
  • Gunakan judul produk yang pendek aja, maksimal 34 karakter. Cara ini dimaksudkan supaya informasi produk jelas, padat, dan nggak bikin males calon pembeli untuk membacanya.
  • Gunakan caption yang unik buat membuat pembeli jadi penasaran.
  • Jangan lupa pake hashtag yang relevan dengan produk yang kamu jual. Cara ini berguna buat memperluas jangkauan konten kamu.
  • Tambahin link pembelian di bio TikTok kamu. Hal ini dimaksudkan supaya pembeli bisa langsung akses katalog produk.
  • Tawarkan promo yang bikin pembeli tertarik, misalnya ‘Buy one get three’ atau voucher gratis ongkir.
  • Kalo kamu punya budget lebih, cobalah pakai fitur iklan TikTok, yaitu TikTok Ads. Ini bisa bantu membuat produk kamu jadi lebih dikenal, lho.
  • Tetap konsisten posting produk agar pembeli tahu kamu kamu serius jualan. Jangan lupa juga, semakin sering konten kamu muncul di For Your Page (FYP) TikTok, semakin banyak pembeli potensial yang bisa lihat produk kamu.


Jadi, gimana, Sobat TikTokers? Sekarang kamu sudah tahu cara dan tips buat mulai jualan di TikTok Shop, kan?. Jangan lupa tetap kreatif dan konsisten, ya! Siapa tahu, produk kamu bisa jadi hits di TikTok. Selamat berjualan dan semoga sukses!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare