...
cara mengatasi sesak nafas karena batuk
5-min read

Tips Ampuh Cara Mengatasi Sesak Nafas karena Batuk yang Efektif

cara mengatasi sesak nafas karena batuk

Jangan panik! Ikuti cara mengatasi sesak nafas karena batuk berikut ini.

Hembusan nafas yang terhenti, dadakan napas tersengal-sengal, dan rasa sesak yang menghampiri. Apakah kamu juga pernah merasakan gejala-gejala ini saat batuk? Jika iya, maka bahasan terkait cara mengatasi sesak nafas karena batuk ini harus kamu simak!

Sesak nafas akibat batuk bisa menjadi momok menakutkan jika tidak segera ditangani dengan tepat. Tapi tenang saja, karena kali ini ada cara yang akan membantu mengatasi masalah ini secara efektif. Jadi, jangan lewatkan kesempatan emas untuk mendapatkan napas lega kembali!

Cara Mengatasi Sesak Nafas karena Batuk

Nggak cuma jadi penyebab dada sakit, batuk juga bisa menyebabkan perasaan sesak nafas apalagi jika keadaan batuknya sudah cukup parah. Nggak usah panik dulu, karena Kostmin punya cara mengatasi sesak nafas karena batuk buatmu.

1. Cara mengatasi sesak nafas karena batuk: Mandi dengan air hangat

Cara termudah yang bisa dilakukan ketika mengalami rasa sesak nafas karena batuk adalah dengan mandi air hangat. Uap dari air hangat dapat membantu mengencerkan lendir di hidung dan mengurangi peradangan.

Dengan mlakukan cara ini, rasa sesak nafasmu bisa mereda untuk sementara waktu. Kamu juga dapat gunakan kompresan handuk dengan air hangat untuk meredakan penyumbatan lendir dan membuka saluran hidung.

2. Cara mengatasi sesak nafas karena batuk: Minum air putih

Cara ini juga jadi salah satu cara paling mudah yang bisa kamu lakukan, tapi ada baiknya kamu lakukan cara ini ketika sesak nafasnya sudah mereda ya.

Dengan banyak minum air putih, caiarn tubuhmu bakalan terjaga, dan penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh saat terserang batuk dan flu.

Tingkat hidrasi yang optimal dapat membantu mengencerkan lendir di saluran hidung, mendorong cairan keluar dari hidung dan mengurangi tekanan di sinus.

3. Cara mengatasi sesak nafas karena batuk: Pakai humidifier

cara mengatasi sesak nafas karena batuk
Source: Halodoc

Pasti banyak dari kamu yang udah nggak asing sama alat yang satu ini. Humidifier sendiri berfungsi menambah kelembapan udara untuk mencegah kekeringan yang dapat menyebabkan iritasi di banyak bagian tubuh, termasuk saluran pernafasan.

Menghirup udara yang lembab juga kabarnya dapat menenangkan jaringan di saluran pernafasan yang mengalami iritasi. Beberapa orang juga setuju bahwa udara yang lembab dapat membantu lendir yang tersumbat mengalir lebih baik. Jadi meminimalisir potensi sesak nafas.

Info wajib baca: 7 Cara Mudah Mengatasi Asam Lambung Naik | Bisa Reda dengan Cepat!

4. Cara mengatasi sesak nafas karena batuk: Posisi tidur yang tepat

Posisi tidur juga ternyata berpengaruh, loh, hal ini biasanya terjadi di malam hari. Makanya, untuk mencegah risiko tersebut, kamu bisa menambah bantal agar posisi kepala tetap tinggi. Selain mengatasi sesak napas, cara ini juga bertujuan untuk melancarkan pernapasan.

5. Cara mengatasi sesak nafas karena batuk: Teh panas

Cara mudah terakhir adalah dengan meminum teh panas. Uap dari panas yang dihasilkan akan membantu membuka dan melemaskan saluran udara dari lendir, sehingga pernapasan dapat menjadi lebih lega.

Apalagi kalau teh yang diminum adalah teh herbal dan mengandung herbal seperti chamomile, jahe, mint, atau jelatang yang bersifat dekongestan ringan, dan mengandung antiinflamasi serta antihistamin, bisa membantu meredakan sakit tenggorokanmu.

Bahaya yang Ditimbulkan oleh Sesak Nafas karena Batuk

cara mengatasi sesak nafas karena batuk
Source: Kompas.com

Sesak nafas yang disebabkan oleh batuk dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang serius. Beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan oleh sesak nafas karena batuk antara lain:

1. Dehidrasi

Batuk yang berkepanjangan dapat menyebabkan dehidrasi karena tubuh kehilangan cairan akibat batuk yang berlebihan. Dehidrasi dapat menyebabkan gangguan kesehatan lainnya dan dapat menjadi masalah serius jika tidak segera ditangani.

2. Kerusakan pada saluran pernapasan

Batuk yang terus-menerus dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada saluran pernapasan, termasuk tenggorokan, bronkus, dan paru-paru. Hal ini dapat menyebabkan gejala sesak nafas yang semakin parah.

3. Pneumonia

Batuk yang berkepanjangan dan menyebabkan sesak nafas dapat menjadi faktor risiko terjadinya pneumonia, yaitu infeksi pada paru-paru. Pneumonia dapat menyebabkan gejala yang serius dan memerlukan perawatan medis segera.

Info wajib baca: 10 Manfaat Minum Air Ketumbar Sebelum Tidur: Makin Nyenyak hingga Napas Segar

4. Asthma exacerbation

Bagi penderita asma, batuk yang berkepanjangan dan menyebabkan sesak nafas dapat menyebabkan eksaserbasi asma, yaitu peningkatan gejala asma seperti sesak nafas, batuk, dan mengi. Keadaan ini memerlukan perawatan medis yang tepat agar tidak berlanjut menjadi serangan asma yang lebih parah.

5. Gangguan tidur

Batuk yang berlangsung terus-menerus dapat mengganggu tidur seseorang. Kurangnya tidur dapat mempengaruhi kualitas hidup dan kesehatan secara keseluruhan.

6. Kekurangan oksigen

Sesak nafas yang parah akibat batuk dapat menyebabkan seseorang mengalami kekurangan oksigen. Kekurangan oksigen dapat menyebabkan pusing, lemas, hingga masalah kesehatan yang lebih serius.


Nah, semoga dengan cara-cara untuk mengatasi sesak karena batuk ini bisa membantu kamu biar nggak panik lagi dan sembuh, ya. Tapi kalau malah semakin parah, ada baiknya kamu langsung cari pertolongan medis, ya.

Ngomong-ngomong soal batuk, kamu tau nggak, sih, walaupun sekilas sama, ternyata ada beda batuk kering dan covid?

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare