...
efek kb spiral bagi suami
5-min read

Cek Efek KB Spiral bagi Suami, Kenali juga Jenis dan Perbedaan KB IUD dan Spiral

efek kb spiral bagi suami

Kira-kira, apa aja efek KB spiral bagi suami dan mitosnya?

Apakah kamu sedang mencari solusi kontrasepsi yang aman dan efektif? Atau mungkin, kamu mau tau lebih mendalam tentang KB spiral atau IUD, serta efek KB spiral bagi suami? Tenang, kali ini, kita akan bahas apa itu KB Spiral dan bagaimana efeknya bagi suami.

Ternyata nggak cuma efeknya aja, tapi ada juga dua jenis serta cara kerja yang berbeda dari masing-masing jenis alat kontrasepsi. Jadi, jangan lewatkan informasi menarik yang siap menambah pengetahuan dan pemahaman baru untukmu. Simak sampai habis, ya.

Apa itu KB Spiral atau KB IUD?

efek kb spiral bagi suami
Source: Orami

Kalo KB yang kamu tau pasti bentukannya pil, kan? Alat KB ini punya jenis tersendiri, kamu juga bisa cari tau perbedaan pil KB Andalan dan Microgynon yang banyak beredar di pasaran.

Tapi kamu pernah liat nggak, KB berbentuk huruf T yang pernah ditampilkan di iklan TV tentang keluarga berencana? Nah, itulah KB spiral atau KB IUD, sebenarnya apa, sih KB jenis ini?

Dilansir dari Alodokter, IUD adalah singkatan dari intrauterine device atau bisa juga disebut sebagai KB spiral. KB IUD adalah sebuah alat kontrasepsi berbahan plastik yang memiliki bentuk seperti huruf ‘T’ dan dipasang di dalam rahim untuk mencegah kehamilan.

KB IUD ini terbagi dalam dua jenis, yaitu:

  • IUD yang dilapisi tembaga atau IUD nonhormonal.
  • IUD yang menghasilkan hormon progesteron atau IUD hormonal.

Meski sama-sama KB IUD, tapi kedua jenis KB spiral ini ternyata memiliki cara kerja yang berbeda dalam mencegah kehamilan, lho. Apa aja bedanya?

Cara kerja KB IUD nonhormonal

KB IUD non-hormonal adalah KB spiral berlapis tembaga. Fungsi KB IUD jenis berikut adalah membantu mencegah kehamilan dengan cara menghalangi sel sperma masuk ke dalam saluran antara rahim dengan indung telur (tuba falopi). 

Alat kontrasepsi IUD non-hormonal ini membuat sel sperma tak bisa bertemu sel telur untuk pembuahan. Alhasil, sel telur menjadi lebih sulit untuk dibuahi di dalam rahim.

Cara kerja KB IUD hormonal

Nah, kalau KB yang satu ini, adalah KB spiral yang memiliki kandungan hormon progesteron sintetis. Penggunaan KB IUD yang satu ini dapat menyebabkan lendir serviks mengental dan membuat sperma kesulitan berenang di dalam rahim. 

IUD sendiri adalah alat kontrasepsi yang mampu menipiskan dinding rahim yang seharusnya menebal saat pembuahan terjadi. Hal ini tentu dapat menghentikan terjadinya pelepasan sel telur (ovulasi) dan mencegah sel sperma membuahi sel telur. 

Jenis KB spiral ini juga dapat mengurangi aliran darah menstruasi yang sering kali menyebabkan rasa sakit atau lebih sering dikenal dengan sebutan dismenore.

Info wajib baca: Pantangan Setelah Suntik KB 3 Bulan: Mitos atau Fakta

Apa Efek KB Spiral bagi Suami?

Kalo udah tau jenis-jenisnya, kamu pasti juga mulai penasaran soal efek KB spiral bagi suami, dong? Apalagi buat kamu yang udah berkeluarga dan mau menerapkan program keluarga berencana ke depannya. Nah, berikut ini adalah beberapa efek dari KB spiral atau IUD bagi suami. Disimak, ya.

1. Pasangan mungkin bisa merasakan benang IUD

Perasaan ini mungkin jadi salah satu yang bikin suami kurang nyaman saat berhubungan intim dengan istri yang sedang memakai KB spiral atau IUD.

Biasanya terasa seperti ditusuk-tusuk ketika sedang berhubungan intim. Sensasi ditusuk-tusuk tersebut sebenarnya berasal dari pengaruh benang KB IUD yang terlalu panjang atau ujung benang yang tidak terpotong dengan rata.

Ini juga bisa jadi tanda bahwa IUD sedang tidak berada di posisi yang benar sehingga menyebabkan pasangan merasa tidak nyaman. Selain itu, merasakan benang saat berhubungan juga bisa berarti benang IUD belum melunak dan menjadi hal yang normal dalam beberapa bulan pertama setelah pemasangan.

Tenang saja, seiring berjalannya waktu, benang akan melunak dan tidak akan terasa sama sekali. Tapi, kalo kamu para suami masih merasakannya meski sudah berbulan-bulan menggunakan KB IUD, maka jangan ragu untuk menemui dokter dan meminta ujung benang agar dipendekkan.

2. Tidak akan memengaruhi gairah seks

efek kb spiral bagi suami
Source: POPMAMA.com

KB IUD tipe hormonal maupun nonhormonal, keduanya tidak berdampak pada hasrat seksual pasangan. Walaupun banyak yang mengatakan bahwa alat kontrasepsi ini dapat melunturkan dorongan seks pasangan. Faktanya, tidak ada efek KB IUD bagi suami seperti dikatakan rumor tersebut.

Lagipula, KB spiral dipasang di dalam rongga rahim dengan ukuran yang sangat tipis dan hampir tidak terlihat sehingga kamu maupun pasangan tidak bisa melihat dan merasakannya. Hal ini tidak akan berefek langsung bagi pasangan lantaran pasangan juga mungkin tidak tahu kalau IUD ada di sana. 

Info wajib baca: Jangan Asal, Begini Cara Mengatasi Step agar Tidak Kambuh Lagi

3. Bebas melakukan gaya seks apa pun

Hal lain yang juga dikhawatirkan para pasangan jika memasang KB jenis ini adalah soal gaya berhubungan intim. Padahal faktanya efek KB IUD bagi suami tidak memengaruhi posisi seks. Posisi seks apa saja bisa dilakukan saat sedang bercinta.

Seperti yang sudah diberitahukan sebelumnya, spiral dipasang di dalam rahim, bukan di vagina atau leher rahim. Oleh karenanya penis tidak bisa masuk sampai ke dalam rahim. Hubungan seks setelah pasang KB IUD juga akan tetap aman dan tidak akan membuat KB ini terlepas dari rahim.

4. Seks yang ‘kasar’ tidak akan memengaruhi IUD dan bisa melakukan hubungan secara spontan

Karena segala posisi bercinta bisa dilakukan dengan aman walaupun sedang memakai alat KB yang satu ini, itu artinya tidak ada efek KB IUD bagi suami yang berarti saat harus melakukan hubungan seks yang ‘kasar’ sekali pun.

Para istri nggak perlu khawatir kalau alat kontrasepsi ini akan bergeser atau bahkan keluar dari rongga rahim, karena kemungkinan bergeser atau keluarnya IUD di awal-awal pemakaian sangat kecil.

FYI, 5 persen dari kasus bergesernya IUD sendiri terjadi karena banyak faktor, salah satunya adalah rongga rahim perempuan yang terlalu kecil sehingga sulit untuk menerima IUD secara nyaman. Jadi, kamu para istri nggak perlu khawatir mengenai hal tersebut, ya.

Para suami juga bisa melakukan hubungan seksual kapan saja tanpa perlu mencemaskan jadwal minum pil KB atau harus repot memasang kondom terlebih dahulu, alias secara spontan.


Nah, mulai sekarang, para pasangan suami istri nggak usah mengkhawatirkan mitos-mitos yang beredar terkait efek KB spiral bagi suami lagi, deh. Oh ya, kamu tau nggak, kalau ada makanan ngidam teraneh di dunia? Berani coba?

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media  Infokost sini! Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare