...
hadits tentang ikhlas
5-min read

6 Hadits Tentang Ikhlas yang Orang Islam Wajib Tahu | Lengkap dengan Contohnya!

hadits tentang ikhlas

Ini hadits tentang ikhlas yang umat muslim harus tahu. Yuk, buruan cek di bawah!

Dalam ajaran Islam, konsep ikhlas memiliki peranan yang sangat penting dalam setiap aspek kehidupan seorang muslim. Ikhlas, yang bermakna tulus dan sungguh-sungguh, adalah kunci untuk mendapatkan keberkahan dalam amal perbuatan serta mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Ikhlas berasal dari kata akhlasha-yukhlishu yang artinya membersihkan dan memurnikan sesuatu. Segala sesuatu yang dilakukan, terutama dalam hal ibadah harus dilandasi dengan rasa ikhlas.

Dalam tulisan ini, kita akan memberikan 6 hadits tentang ikhlas beberapa hadits yang perlu umat muslim tahu. Beserta contoh ikhlas dalama kehidupan sehari-hari.

Info wajib baca: 9 Manfaat Peach Gum yang Berguna untuk Kesehatan Tubuh

Hadits Tentang Ikhlas

Source: Pexels.com

1. Hadits tentang ikhlas

عَنْ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رضي الله عنه قَالَ : سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ : إنَّمَا الأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ – وَفِي رِوَايَةٍ : بِالنِّيَّةِ – وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى ، فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ ، فَهِجْرَتُهُ إلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ ، وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إلَى دُنْيَا يُصِيبُهَا أَوْ امْرَأَةٍ يَتَزَوَّجُهَا ، فَهِجْرَتُهُ إلَى مَا هَاجَرَ إلَيْهِ .

Artinya: Dari Umar Bin Khaththab RA ia berkata; Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Amal itu tergantung dengan niatnya, dan bagi setiap orang balasannya sesuai dengan apa yang diniatkannya.

Barang siapa berhijrah dengan niat kepada Allah dan RasulNya, maka ia mendapatkan balasan hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barangsiapa berhijrah dengan niat kepada keuntungan dunia yang akan diperolehnya, atau wanita yang akan dinikahinya, maka (ia mendapatkan balasan) hijrahnya kepada apa yang ia niatkan tersebut.” (HR Bukhari dan Muslim).

2. Hadits tentang ikhlas ketika beramal

وَ رَوَى اْلبُخَارِيُّ وَ مُسْلِمٌ: لَوْ اَنَّ اَحَدُكُمْ يَعْمَلُ فىِ صَخْرَةٍ صَمَّاءَ لَيْسَ لَهَا بَابٌ وَ لاَ كَوَّةٌ لَخَرَجَ عَمَلُهُ كَائِنًا مَا كَانَ. متفق عليه

Artinya: “Seandainya salah seorang di antara kamu melakukan suatu perbuatan di dalam gua yang tidak ada pintu dan lubangnya, maka amal itu tetap akan bisa keluar (tetap dicatat oleh Allah) menurut keadaannya.” (HR Bukhari dan Muslim).

3. Hadits tentang ikhlas berpuasa

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: ”Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu pasti diampuni”. (HR. Bukhari dan Muslim).

4. Hadits tentang ikhlas yang akan ditolong Rasulullah SAW

إِنَّمَا يَنْصُرُ اللهُ هَذِهِ الأُمَّةَ بِضَعِيْفِهَا : بِدَعْوَتِهِمْ وَ صَلاَتِهِمْ وَ إِخْلاَصِهِمْ

Artinya: “Sesungguhnya Allah menolong umat ini dengan orang-orang yang lemah dengan do’a, shalat dan keikhlasan mereka.” (HR Nasa’i, 6/45).

5. Hadits tentang ikhlas sebagai tawadhu

قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {مَنْ تَوَاضَعَ لِلهِ رَفَعَهُ اللهُ وَمَنْ تَكَّبَرَ وَضَعَهُ اللهُ

Artinya: “Nabi SAW bersabda: ‘Barang siapa yang tawadhu’ (rendah hati) karena Allah, maka Allah akan mengangkat (derajat) nya (di dunia dan akhirat). Dan siapa yang sombong maka Allah akan merendahkannya.” (HR Imam Ibnu Mandah dan Imam Abu Nu’aim).

Info wajib baca: 4 Manfaat Minyak Biawak yang Perlu Kamu Tahu | Beserta Mitos dan Bahayanya

6. Hadits tentang ikhlas membangun masjid

مَنْ بَنَى مَسْجِدًا لِلَّهِ كَمَفْحَصِ قَطَاةٍ أَوْ أَصْغَرَ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ

Artinya: “Siapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.” (HR. Ibnu Majah no. 738. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).

Contoh Ikhlas dalam Kehidupan Sehari-hari

Source: Tribunnews.com

1. Memberikan sedekah

Memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan tanpa mengharapkan kompensasi yang lebih besar adalah perilaku yang mencerminkan sikap ikhlas berikutnya. Misalnya, memberikan makanan kepada peminta-minta, memberikan uang kepada pengamen, dan sebagainya.

Ketika seseorang memberikan sesuatu, mereka kadang-kadang mengharapkan bahwa mereka akan diberikan imbalan berkali-kali lipat dalam bentuk harta. Ini jelas bukan sikap ikhlas karena mereka terus mengharapkan imbalan dari tindakan mereka sebelumnya.

2. Membantu tetangga

Saat tetangga kamu mengalami masalah dan meminta bantuan, kamu harus segera membantunya dengan syarat kamu mampu melakukannya. Contohnya, dalam kasus di mana tetangga kamu meminta bantuan untuk mengantarkannya ke rumah sakit karena mereka tidak memiliki kendaraan.

Jika kamu memiliki waktu luang dan tidak memiliki hal lain untuk dilakukan, kamu harus membantu tetangga kamu. Namun, jangan mengharapkan tetangga kamu akan membayar bensin kamu atau membelikan kamu sesuatu sebagai balas jasa.

3. Tidak sombong atau riya

Membeli sesuatu dan menunjukkannya kepada orang lain adalah sesuatu yang menyenangkan bagi sebagian orang. Namun, faktanya, melakukan sesuatu dengan niat untuk dipuji bukanlah perilaku ikhlas.

Jadi, membeli sesuatu harus dilakukan karena kebutuhan, bukan karena ingin mendapatkan pujian dari orang lain. Melakukan kebaikan juga harus dilakukan dengan ikhlas, bukan karena riya.

4. Belajar tanpa mengeluh

Belajar adalah kewajiban yang harus dilakukan sepanjang hidup. Ketika kamu belajar adalah hal yang tidak menyenangkan dan kamu pasti akan selalu mengeluh tentangnya.

Namun, setiap orang harus belajar dengan baik dan mengikuti alurnya. Dengan mempelajari sesuatu dengan tulus, ilmu akan lebih mudah terserap.

5. Beribadah

Selanjutnya, contoh sikap ikhlas yang perlu diterapkan yaitu melakukan ibadah semata-mata karena Allah. Misalnya saja, melakukan puasa dengan niat menjalankan kewajiban agama bukan karena ingin dianggap soleh atau soleha oleh orang lain.

Dengan begitu, ibadah yang dilakukan akan menjadi lebih berkah dan tidak merasa terbebani. Kemudian, akan mendapatkan ganjaran kebaikan dari Allah SWT.


Itulah beberapa hadits tentang ikhlas dalam ajaran agama Islam, beserta dengan contoh perilaku tentang ikhlas. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk kamu, ya!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare