...
5-min read

Yuk, Rayakan Hari Anak Sedunia 20 November Ini! Cek Ucapan untuk Menyambutnya

Hari Anak Sedunia diciptakan agar hak anak terpenuhi untuk menuju masa depan yang lebih cerah.

Tahukah kamu bahwa Hari Anak Sedunia jatuh pada hari ini, Senin, 20 November 2023? Apa pentingnya perayaan ini sehingga perlu dirayakan oleh masyarakat dunia?

Kali ini Kostmin akan menjelaskan kepadamu apa itu Hari Anak Sedunia, ucapan, serta mengapa peringatan penting ini untuk dirayakan setiap tahunnya. Simak artikel ini sampai habis, ya!

Sejarah Hari Anak Sedunia

Hari Anak Sedunia diperingati setiap tanggal 20 November dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anak di seluruh dunia, memajukan dan merayakan hak-hak anak, serta meningkatkan kebersamaan dan kesadaran di antara semua anak.

Pertama kali diumumkan pada tahun 1954, peringatan ini telah memicu beberapa peristiwa penting dalam bidang kesejahteraan anak. Dikutip dari laman resmi UNICEF, hari ini merupakan kesempatan untuk memperingati hari anak ketika Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa mengadopsi Deklarasi Hak-Hak Anak dan Konvensi Hak-Hak Anak.

Melalui konvensi tersebut, OHCHR (Office of the United Nations High Commissioner for Human Rights) menetapkan sejumlah hak anak, seperti hak untuk dilindungi dari kekerasan dan diskriminasi, serta hak untuk hidup, kesehatan, dan pendidikan. UNICEF telah membantu menyelamatkan dan meningkatkan kehidupan anak-anak secara bermakna dibandingkan organisasi kemanusiaan lainnya.

Pada tahun ini, tema Hari Anak Sedunia 2023 adalah “For Every Child, Every Right!”. Hari ini menjadi pengingat yang kuat akan komitmen teguh untuk memastikan bahwa semua anak, terlepas dari latar belakang atau keadaan mereka, diberi kesempatan untuk berkembang dan mencapai potensi penuh mereka.

Ini adalah hari untuk merayakan pencapaian anak-anak, untuk mengadvokasi hak-hak mereka, dan untuk menegaskan kembali tanggung jawab kita bersama untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi mereka.

Info wajib baca: Lirik Lagu Selamat Ulang Tahun Anak beserta Sejarahnya, Cek di Sini!

Mengapa Perayaan ini Penting?

Source: Water.org

Hari Anak Sedunia merupakan kesempatan bagi individu dari semua profesi untuk menyoroti isu-isu mengenai hak-hak anak dan kesejahteraan anak. Hal ini memberikan peluang untuk menggali lebih dalam keputusan-keputusan kecil yang diambil individu untuk generasi muda.

Para ibu dan ayah, guru, tokoh agama dan masyarakat, pengusaha besar, perawat dan dokter, pemimpin pemerintahan dan aktivis masyarakat sipil dan profesional media serta generasi muda dan anak-anak sendiri, dapat memberikan dampak yang signifikan untuk menjadikan Hari Anak Sedunia semakin penting.

1. Merayakan hak dan aspirasi anak

Inti dari Hari Anak Sedunia terletak pada pengakuan bahwa anak-anak bukan hanya penerima perawatan dan perlindungan yang pasif; mereka adalah agen perubahan yang aktif dan memiliki kekuatan untuk menentukan nasib mereka sendiri.

Hari ini menekankan pentingnya memberdayakan anak-anak untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan yang memengaruhi kehidupan mereka, menjadi anggota aktif dalam komunitas, dan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.

Info wajib baca: 10 Film Kartun Anak-anak Terbaik, Bisa Dinikmati Semua Umur!

2. Mengatasi tantangan dan melindungi kesejahteraan anak

Meskipun kemajuan telah dicapai dalam penegakan hak-hak anak, masih terdapat tantangan signifikan yang mengancam kesejahteraan jutaan anak di seluruh dunia. Kekerasan, pelecehan, eksploitasi, dan diskriminasi terus membayangi kehidupan banyak anak. Kemiskinan, konflik, dan kurangnya akses terhadap layanan penting semakin memperburuk tantangan-tantangan ini.

Hari Anak Sedunia berfungsi sebagai seruan tegas untuk mengatasi tantangan-tantangan ini secara langsung. Ini adalah hari untuk berkomitmen kembali dalam melindungi anak-anak dari segala bentuk bahaya, memastikan akses mereka terhadap pendidikan dan layanan kesehatan, serta untuk menumbuhkan lingkungan di mana setiap anak merasa dihargai, dihormati, dan diberdayakan.

2. Call-to-action untuk masa depan lebih baik

Hari Anak Sedunia lebih dari sekadar hari perayaan, tuh. Hari ini merupakan seruan bagi kita semua untuk berperan dalam menciptakan dunia yang nyaman dan aman bagi perkembangan setiap anak. Kita harus bekerja sama untuk melindungi hak-hak anak, meningkatkan kesejahteraan mereka, dan memberdayakan mereka untuk mencapai potensi maksimalnya.

Dengan berinvestasi terhadap pendidikan anak, layanan kesehatan, dan perlindungan sosial, berarti kita berinvestasi untuk masa depan yang lebih cerah bagi semua orang.

Saat memperingati Hari Anak Sedunia ini, yuk, ingat lagi untuk menjunjung tinggi hak-hak setiap anak, memperjuangkan aspirasi mereka, dan menciptakan dunia di mana setiap anak dapat berkembang dan berkontribusi terhadap masyarakat yang lebih adil dan setara.

Ucapan untuk Merayakan Hari Anak Sedunia

  • Semoga hari ini dan selamanya anak-anak dipenuhi oleh kegembiraan, tawa, dan kebahagiaan tiada akhir. Selamat Hari Anak 2023!
  • Selamat Hari Anak! Semoga impianmu sebesar senyumanmu, dan masa depanmu secemerlang mentari.
  • Ini hari petualangan dan penemuan menarik. Selamat Hari Anak untuk para penjelajah cilik dunia!
  • Semoga hatimu selalu baik hati, menyebarkan cinta dan kehangatan, ke mana pun kamu pergi.
  • Untuk pikiran cerah masa depan, Selamat Hari Anak! Teruslah belajar, berkembang, dan mencapai kehebatan.
  • Mari merayakan ikatan persahabatan yang membuat masa kecil tak terlupakan. Selamat Hari Anak 20 November!
  • Salam untuk para pemimpin masa depan dan pembuat perubahan! Selamat Hari Anak untuk penjaga dunia masa depan!

Begitulah penjelasan tentang asal mula perayaan Hari Anak Sedunia. Mari kita rayakan peringatan ini dengan suka cita dan memenuhi hak-hak anak seperti sebagaimana harusnya untuk masa depan yang lebih cerah.

Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid! Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare