...
kata bijak gus baha
5-min read

Kumpulan Kata Bijak Gus Baha yang Menginspirasi untuk Hidup Lebih Bermanfaat

kata bijak gus baha

Hidup yang bermanfaat dan penuh inspirasi tentu menjadi dambaan bagi setiap orang. Tidak jarang, kita mencari-cari kata-kata bijak atau motivasi agar dapat menghadapi tantangan hidup dengan lebih baik. Nah, jika kalian sedang membutuhkan semangat baru dalam hidup ini, kamu telah datang ke tempat yang tepat! Di blog post kali ini, kami akan berbagi 7 kata bijak dari sosok inspiratif, Gus Baha. Persiapkan dirimu untuk terinspirasi dan merasakan sentuhan hati melalui kata-kata luar biasa yang akan membimbingmu menuju kehidupan yang lebih bermakna!

Siapa Itu Gus Baha?

kata bijak gus baha
Source: Pandeglang News

Kamu yang baru kenal dengan kyai muda asal Rembang, Jawa Tengah yang satu ini, biar lebih kenal dan lebih tau, simak profil Gus Baha berikut ini, yuk!

Dilansir dari detik.com, Gus Baha memiliki nama lengkap KH Ahmad Bahauddin Nursalim. Gus Baha lahir pada 29 September 1970 di Narukan, Krangan, Rembang, Jawa Tengah.

Gus Baha merupakan putra dari pasangan ulama ahli al-Quran, KH Nursalim al-Hafizh dan Hj Yuchanidz Nursalim. Dari pihak ayah, dia adalah generasi keempat ulama ahli al-Quran.

Sementara dari garis keturunan sang ibu, Gus Baha adalah bagian dari keluarga besar ulama Lasem, Bani Mbah Abdurrahman Basyaiban atau Mbah Sambu.

Sejak belia, Gus Baha belajar Al-Quran dengan ayahnya. Di masa remaja, dia belajar ilmu agama lebih dalam kepada Syaikhina KH Maimoen Zubair (Mbah Moen) di Pondok Pesantren Al-Anwar Karangmangu, Rembang. Di Pesantren, beliau juga dekat dengan para kiai. Ia tampak menonjol dan kerap jadi santri teladan.

Pasca menikah pada 2003, Gus Baha dan istrinya mengawali perjalanannya di Yogyakarta. Lima orang santri alumni Pesantren Al-Anwar menyusulnya ke Yogyakarta agar tetap bisa mengaji dengannya.

Gus Baha dikenal sebagai salah satu ulama ahli tafsir yang memiliki pengetahuan mendalam tentang al-Quran. Selain aktif mengaji, Gus Baha menjabat Ketua Lajnah Mushaf di Lembaga Tafsir Al-Quran Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

Adapun Gus Baha juga mengasuh Pondok Pesantren Tahfidul Qur’an LP3IA dan sejak 2006 mengasuh pengajian tafsir Al-Quran di Bojonegoro, Jawa Timur.

Info wajib baca: Merangkum Kutipan Kata-Kata One Piece yang Bijak dan Memotivasi!

Memiliki banyak pengikut setia dan jadi rais PBNU

Kajian virtual Gus Baha punya tempat tersendiri di hati para pengikutnya. Video-video ceramahnya yang diunggah melalui kanal YouTube meraup banyak penonton. Meski punya pengikut setia di media sosial, Gus Baha tidak memiliki akun media sosial apapun, bahkan nggak punya smartphone. Dia hanya mengandalkan hp jadul untuk berkirim SMS maupun telepon.

Gus Baha juga dikenal sebagai salah seorang Rais Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Gus Baha merupakan satu-satunya ulama yang memiliki latar belakang pendidikan nonformal dan nongelar di jajaran Dewan Tafsir Nasional.

Kumpulan Kata Bijak Gus Baha yang Menginspirasi

Karena seringkali berceramah dan video ceramahnya pun banyak menginspirasi orang, Gus Baha memiliki sejumlah kata bijak yang menginspirasi untuk hidup kamu yang lebih bermanfaat. Kalo kamu lagi cari kata kata bijak Gus Baha buat menginspirasi diri, simak kata-katanya di bawah ini!

  • Kadang kita terjebak bahwa melihan awan yang berbentuk lafadz Allah, ranting pohon yang meliuk membentuk tulisan Allah merupakan mukjizat yang nyata. Padahal awan atau pohon yang biasa saja itu juga mukjizat Allah.
  • Ibadah itu bukan hanya ngaji. Orang nyangkul di sawah, bekerja nafkahi keluarga juga terhitung ibadah.
  • Kayak apa celakanya kita, kalau bahagia menunggu maksiat dulu, harus melakukan hal yang buruk. Allah menyiapkan sekian kesenangan dari hal-hal yang dibolehkan.
  • 4. Banyak mubaligh yang bisa bikin orang nangis karena takut neraka, bukan takut kepada Allah SWT, Dzat yang menciptakannya.
  • Kunci kenikmatan itu cuma satu. Jangan melihat kenikmatan orang lain.
  • Allah akan mengganti semua luka yang pernah engkau rasakan dengan kebahagiaan yang tak pernah terduga.
  • Mencari pasangan hidup (menikah) adalah perintah agama. Jadi, seorang meninggal dalam keadaan jomblo termasuk kategori mati syahid! Kenapa bisa, karena dia telah gugur dalam perintah-Nya.
  • Hidup itu rileks saja. Kalau disenangi orang alhamdulillah, barokah punya teman dalam kebaikan. Kalau didiamkan atau dibenci orang, alhamdulillah, barokah juga. Barokahnya didiamkan atau dibenci itu orang-orang tidak pada hutang dan tidak merepotkanmu.
  • Jangan mengingat orang lain selain kebaikannya. Ada santri kok gemuk, oh itu syukurnya besar. Lihat santri kok kurus, oh tirakatnya bagus. Begitu, paham ya?
  • Jangan membenci orang yang sedang kafir saat ini, bisa saja suatu saat orang tersebutlah yang mensyafaati kamu. Tirulah Kanjeng Nabi Muhammad SAW yang berdoa kepada Allah SWT untuk Sayyidina Umar bin Khattab yang saat itu sedang kafir.

Info wajib baca: 19 Kata Kata Jawa Motivasi untuk Mewarnai Kehidupan Kamu, Biar Makin Semangat!

Kata-kata bijak Gus Baha lainnya

kata bijak gus baha
Source: Kabar Buana
  • Di akhirat, kenangan yang paling indah di dunia adalah, seberapa sering kita sujud kepada Allah SWT.
  • Bagaimana mungkin kita sedekah tidak seberapa, menganggap diri pahlawan. Sedangkan Allah yang memiliki bumi tidak kita anggap pahlawan?
  • Cinta mungkin terkadang membuatmu rapuh, tetapi berterima kasihlah kepadanya, karena cinta darinya bisa membuatmu lebih kuat dari sebelumnya.
  • Sering kali kita mengabaikan hal-hal kecil, padahal dari sanalah sesuatu yang besar lahir dan tumbuh.
  • Jika kau memulai karena Allah, maka jangan menyerah karena manusia.
  • Allah tidak pernah ingkar pada hamba-Nya, meski sekecil biji Zarrah pun janji Allah selalu ditepati.
  • Bahagia paling gampang itu ekspresinya yan guyon. Nunggu punya Alphard dulu jadi report, nunggu punya banyak uang dulu ya repot, kalau guyon kan murah.
  • Selama ini orang-orang yang bersamamu menjaga pertemanan karena aibmu tidak diketahuinya. Hanya Allah yang tahu aib-aibmu dan tetap mengakui kamu hamba-Nya.
  • Ingat mati itu justru membuat kita harus mencintai hidup. Sebab hanya dengan hidup inilah, bekal satu-satunya kita menghadap Allah.
  • Salah satu kebiasaan buruk manusia ialah suka membawa-bawa nama Allah untuk kepentingan dirinya, seolah-olah apa yang ada dipikirannya selalu sesuai dengan yang dikehendaki oleh Allah.
  • Sholat memang bukan variabel dari rezeki, tapi bisa saja Gusti Allah menghalang-halangi rezeki karena hamba-Nya tidak mengerjakan sholat.

Selain kutipan kata-kata bijak Gus Baha yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk terus maju menjalani hidup dan senantiasa mengingat Allah SWT, kata-kata filsafat juga bisa jadi hal menarik buat kamu baca, siapa tau ada kata-kata yang bikin kamu termotivasi atau malah berbunga-bunga?

Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid! Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare