...
kedutan bibir kiri atas
5-min read

Arti dan Makna Kedutan Bibir Kiri Atas dari Kacamata Primbon Jawa dan Medis

kedutan bibir kiri atas

Mau tau makna dan arti kedutan bibir kiri atas dari dua sisi berbeda? Baca di sini!

Bibir kiri atas, apa yang sebenarnya sedang terjadi di balik kedutan di area ini? Bagi beberapa orang, ada arti kedutan bibir kiri atas yang bisa jadi dugaan dari nasib seseorang, berdasarkan dari primbon Jawa, tapi adakah makna tentang fenomena ini dari kacamata medis?

Di artikel ini, Kostmin mengajakmu untuk mencari tahu arti dan makna kedutan pada bibir bagian tersebut menurut primbon Jawa dan medis yang mungkin dapat mengungkap rahasia di balik kedutan yang kerap diabaikan ini. Yuk, simak!

Arti Kedutan Bibir Kiri Atas Menurut Primbon Jawa

Kayak yang udah kita tau kalo masih ada banyak orang Indonesia yang percaya dengan ramalan, bahkan hal-hal mistis, nggak terkecuali dalam penjelasan mengenai kedutan bibir kanan bawah dan arti dari kedutan bibir kiri atas.

Kira-kira, apa arti dari fenomena ini menurut primbon Jawa, ya? Apa artinya buruk atau justru sebaliknya? Langsung simak aja di bawah ini!

1. Arti kedutan bibir kiri atas: Bakal menggunjing orang lain

Kalo bibir kiri bagian atasmu berkedut, kabarnya kamu bakal bergunjing tentang orang lain, entah itu teman atau saudara. Nah, hal ini bisa dipakai sebagai peringatan biar kamu hanya berbicara yang baik-baik saja mengenai seseorang.

2. Mendapat pujian

kedutan bibir kiri atas
Source: Lifehacker

Arti kedutan pada bibir bagian berikut juga bisa jadi pertanda kalau kamu bakal dapet pujian dari orang lain, lho. Kedutan yang terus-menerus menandakan kemungkinan kamu bakal mendapat banyak pujian.

Eits, tapi jangan senang dulu, karena pujian-pujian yang dilontarkan bisa jadi adalah sebuah bentuk rasa iri dari seseorang yang sebenarnya menyindirmu lewat pujian. Pujian model ini bisa jadi memang tulus, atau justru hanya tipu daya untuk menjatuhkan kamu.

Makanya ada baiknya untuk tetap bersikap rendah hati walaupun kamu banyak dipuji oleh orang lain, dan jangan sampai jadi pribadi yang sombong, ya.

3. Arti kedutan bibir kiri atas: Keinginan terwujud

Kedutan bibir bagian ini juga bisa berarti kalau keinginan, atau bahkan cita-cita yang kamu dambakan akan segera terwujud dalam waktu dekat!

Ini pastinya jadi sebuah pertanda baik yang seharusnya bikin kamu makin semangat mengejar cita-cita dan keinginanmu. Yuk, jangan sampai lengah biar nantinya kamu dapet hasil terbaik!

Info wajib baca: Selain Berkaitan dengan Gejala Medis, Ini 24 Arti Bersin Menurut Jam dalam Primbon Jawa

Arti Kedutan Bibir Kiri Atas Menurut Medis

Kedutan pada bibir kiri atas adalah salah satu fenomena yang sering kali dihubungkan dengan keyakinan atau mitos dalam berbagai budaya.

Meskipun tidak ada bukti ilmiah yang meyakinkan bahwa kedutan bibir atau bagian tubuh lainnya dapat secara akurat meramalkan peristiwa masa depan atau kondisi kesehatan, ada beberapa penjelasan medis yang bisa dihubungkan dengan fenomena ini.

1. Kedutan otot (myokimia)

Kedutan pada bibir atau area tubuh lainnya sering disebabkan oleh kondisi yang disebut myokimia. Ini adalah kontraksi otot yang tidak terkontrol dan cepat.

Faktor-faktor seperti stres, kurang tidur, kelelahan, konsumsi kafein berlebihan, dan defisiensi mineral tertentu seperti magnesium bisa menyebabkan myokimia. Dalam hal ini, kedutan pada bibir mungkin disebabkan oleh faktor berikut ini dan tidak memiliki kaitan dengan ramalan atau nasib.

2. Arti kedutan bibir kiri atas: Gangguan neurologis

Beberapa gangguan neurologis, seperti dystonia atau sindrom hemifasial spasmus, dapat menyebabkan kekakuan otot wajah yang tak terkendali.

Namun, jenis kondisi ini lebih kompleks dan sering melibatkan lebih dari sekadar kedutan sederhana. Jika ada gejala lain seperti kesulitan berbicara, perubahan dalam ekspresi wajah, atau nyeri, konsultasi medis diperlukan, tuh.

3. Gangguan sistem saraf pusat atau perifer

kedutan bibir kiri atas
Source: Ringtimes Bali – Pikiran-Rakyat.com

Kedutan pada bibir juga bisa menjadi tanda dari masalah pada sistem saraf. Kadang-kadang, gangguan pada sistem saraf pusat atau perifer dapat menyebabkan otot berkontraksi tanpa kendali. Ini mungkin memerlukan evaluasi lebih lanjut oleh seorang dokter.

4. Arti kedutan bibir kiri atas: Defisiensi nutrisi atau elektrolit

Defisiensi mineral seperti magnesium, kalsium, atau kalium dapat memengaruhi fungsi otot dan menyebabkan kondisi seperti myokimia. Mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi atau suplemen dengan arahan medis dapat membantu mengatasi masalah ini.

5. Stres dan kecemasan

Kondisi emosional seperti stres dan kecemasan dapat berdampak pada fungsi tubuh secara keseluruhan, termasuk sistem saraf dan otot. Stres yang berlebihan dapat menyebabkan otot berkontraksi tidak terkendali.

Info wajib baca: Arti Kedutan Mata Kiri Bawah dari Kacamata Islam dan Primbon Jawa, Benarkah Pertanda Buruk?

Penting untuk diingat bahwa kedutan pada bibir atau bagian tubuh lainnya umumnya tidak berbahaya dan biasanya berlalu dengan sendirinya.

Namun, jika kedutan berlangsung dalam waktu lama, disertai dengan gejala lain yang mencurigakan seperti nyeri atau perubahan fisik pada wajah, lebih baik berkonsultasi dengan profesional medis untuk mendapatkan evaluasi lebih lanjut.


Sekarang jadi tau soal arti dari kedutan bibir yang dijelasin di atas, kan? Tapi, kamu ngerasa masih insecure karena bibir hitam? Simak juga cara menghilangkan bibir hitam yang bisa bikin kamu pede lagi!

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media  Infokost sini! Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Medan Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare