...
kelelawar masuk rumah
5-min read

Kelelawar Masuk Rumah Pertanda Apa? Ini Fakta dan Mitos yang Perlu Kamu Tahu

kelelawar masuk rumah

Kelelawar yang masuk rumah umumnya terjadi karena mereka sedang mencari tempat perlindungan

Saat malam hari, pastinya kamu sudah nggak asing dengan binatang kelelawar. Ya, binatang tersebut merupakan salah satu yang aktif pada malam hari untuk mencari makanan.

Namun begitu, kelelawar adalah hewan yang lekat dengan kesan misterius dan sering kali dikelilingi oleh berbagai mitos dan legenda. Banyak orang percaya bahwa kelelawar yang masuk ke dalam rumah membawa pertanda atau kejadian tertentu. Apakah benar?

Yuk, cari tahu mitos dan fakta mengenai pertanda kelelawar yang masuk rumah, serta tindakan yang perlu diambil jika situasi ini terjadi. Simak artikel ini sampai habis, ya!

Bagaimana Kelelawar Bisa Masuk Rumah?

Source: Halodoc

Sebelum kita membahas pertanda yang dikaitkan dengan kelelawar, mari kita pahami terlebih dahulu bagaimana kelelawar biasanya dapat masuk ke dalam rumah.

Nah, kelelawar adalah hewan yang sangat lincah dan bisa terbang dengan sangat cepat. Mereka sering mencari tempat perlindungan di dalam struktur bangunan seperti loteng, ruang bawah tanah, atau celah-celah kecil di dinding.

Info wajib baca: Jangan Panik! Ini 5 Kelemahan Ular Weling yang Bisa Dimanfaatkan Manusia untuk Menyelamatkan Diri

Biasanya, kelelawar masuk ke dalam hunian seseorang melalui celah atau bukaan yang tidak tersegel dengan baik. Ini bisa termasuk ventilasi, lubang ventilasi, atau celah di atap.

Selain itu, mereka juga dapat masuk melalui jendela yang tidak memiliki kawat penahan serangga atau ventilasi yang terbuka. Sebagian besar kelelawar yang masuk hunian warga tidak bermaksud untuk menyerang atau menyebabkan kerusakan, mereka hanya mencari tempat perlindungan.

Mitos tentang Pertanda Kelelawar Masuk Rumah

kelelawar masuk rumah
Source: Prambors

Ada banyak kepercayaan dan mitos di masyarakat dan kepercayaan yang berkembang tentang pertanda kelelawar yang masuk rumah di berbagai budaya. Beberapa mitos tersebut antara lain:

1. Kelelawar masuk rumah pertanda kematian atau nasib buruk

Beberapa orang meyakini bahwa kelelawar yang datang ke rumahmu adalah pertanda kematian atau nasib buruk yang akan datang. Mereka mungkin percaya bahwa kelelawar adalah makhluk yang membawa sial.

2. Kelelawar masuk rumah pertanda kehadiran setan atau roh jahat

Dalam beberapa budaya, kelelawar dikaitkan dengan kehadiran setan atau roh jahat. Mereka percaya bahwa kelelawar yang datang ke rumah seseorang membawa energi negatif atau membuka pintu bagi setan untuk menatap di kediaman tersebut.

3. Kecurangan atau penyamaran

Ada juga kepercayaan bahwa kelelawar yang memasuki rumah adalah simbol kecurangan atau penyamaran dalam hubungan. Ini bisa berarti seseorang dalam rumah memiliki niat jahat atau menyembunyikan sesuatu.

4. Keberuntungan atau kehidupan yang baik

Walau banyak mitos kurang baik mengenai kelelawar, namun hewan satu ini juga dianggap sebagai simbol keberuntungan atau pertanda baik. Orang mungkin meyakini bahwa kelelawar yang memasuki kediaman seseorang adalah berkat dan membawa kehidupan yang baik.

Fakta Mengenai Kelelawar yang Masuk Rumah

kelelawar masuk rumah
Source: detikcom

Sementara mitos seputar kelelawar yang masuk rumah bisa sangat menarik, penting untuk memahami fakta-fakta yang sebenarnya. Berikut di antaranya:

1. Tidak ada hubungan dengan nasib buruk

Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung mitos bahwa kelelawar yang memasuki kediaman seseorang membawa nasib buruk atau kematian. Ini adalah kepercayaan yang bersifat mitologis dan tidak memiliki dasar ilmiah.

Maka dari itu, kamu mempunyai pilihan yang luas untuk memercayai mitos ini atau mengabaikannya

2. Kelelawar masuk rumah tidak berkaitan dengan setan atau roh jahat

Kelelawar adalah hewan malam yang sering berhubungan dengan kegelapan. Namun begitu, tidak ada bukti bahwa mereka membawa energi negatif atau mengundang setan. Pandangan ini adalah produk dari kepercayaan budaya semata.

3. Tidak mewakili kecurangan

Kelelawar adalah makhluk yang tidak terkait dengan moralitas manusia atau hubungan antarmanusia. Mengaitkan kehadiran mereka dalam rumah dengan kecurangan adalah penggambaran yang tidak benar.

4. Bukan pertanda kehidupan yang baik

Selain karena mitos, kelelawar yang memasuki rumah seseorang lebih identik tentang perilaku hewan daripada pertanda atau berkat yang membawa kehidupan yang baik. Mereka mencari tempat perlindungan dan makanan, bukan membawa keberuntungan.

Info wajib baca: Tahukah Kamu? Ini Dia Makna Tersembunyi dari Kejatuhan Cicak di Kaki Kanan dan Bagian Tubuh Lainnya!

Tindakan yang Perlu Diambil Jika Kelelawar Masuk Rumah

Kelelawar yang memasuki kediaman seseorang biasanya tidak membahayakan dan tidak bermaksud menyerang. Mereka hanya mencari tempat perlindungan. Maka dari itu, kamu nggak perlu sampai panik saat menemukannya.

Selanjutnya saat melihat ada kelelawar yang memasuki rumah, tidak disarankan untuk mencoba menangkap kelelawar sendiri. Ini bisa berbahaya karena kamu bisa saja terinfeksi oleh penyakit yang bisa ditularkan oleh kelelawar.

Untuk mengatasinya, cobalah matikan sumber cahaya di ruangan tempat mereka berada. Pasalnya, kelelawar tertarik oleh cahaya sehingga suasana gelap dapat membantu mereka keluar dengan sendirinya.

Namun jika kelelawar tidak segera pergi, segera hubungi ahli yang berpengalaman dalam penanganan kelelawar. Mereka dapat membantu dengan aman mengeluarkan kelelawar dari rumahmu.


Itulah sejumlah penjelasan mengenai fakta dan mitos di balik pertanda kelelawar yang masuk rumah. Nah, apa kamu pernah mengalami kejadian ini? Bagaimana cara kamu mengatasinya? Share jawaban kamu di kolom komentar, yuk!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare