...
KTT ASEAN 2023
5-min read

KTT ASEAN 2023 Diselenggarakan di Jakarta, Ini Tema, Rangkaian Kegiatan, beserta Tujuannya

KTT ASEAN 2023

Menggali makna, sejarah, dan penyelenggaraan KTT ASEAN 2023.

KTT ASEAN ke-43 resmi diadakan di Jakarta, pada tanggal 4-7 September 2023. KTT edisi kali ini bertemakan ‘ASEAN Matters: Epicentrum of Growth’. Tema ini akan menjadi pembahasan utama dan menghasilkan sejumlah pembahasan yang lebih spesifik dan mendetail.

KTT dihadiri oleh para pemimpin negara anggota ASEAN, serta kepala negara dan kepala pemerintahan dari negara-negara mitra ASEAN. Nah, sebelum kita mengetahui rangkaian acara dari KTT ASEAN ke-43 tahun 2023 ini, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu dulu apa itu KTT ASEAN hingga sejarahnya. Yuk, baca sampai habis!

Apa itu KTT ASEAN?

KTT ASEAN 2023
Source: kompas.id

KTT ASEAN atau Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN adalah pertemuan puncak antara pemimpin negara-negara anggota ASEAN yang dilakukan setiap tahun. KTT ASEAN merupakan forum tertinggi dalam organisasi ASEAN, dan merupakan wadah untuk membahas berbagai isu yang berkaitan dengan kerja sama regional di Asia Tenggara.

Pada KTT ASEAN, para pemimpin negara anggota akan membahas berbagai isu, seperti:

  • Kerja sama ekonomi dan perdagangan
  • Kerja sama politik dan keamanan
  • Kerja sama sosial dan budaya
  • Kerja sama di bidang pendidikan, kesehatan, dan lingkungan
  • Kerja sama dengan negara-negara di luar ASEAN

KTT ASEAN juga menjadi kesempatan bagi para pemimpin negara anggota untuk saling menyapa, bertukar pikiran, dan memperkuat hubungan antarnegara.

Info wajib baca: Bersejarah, Ini 5 Baju Tradisional Korea yang Wajib Kamu Tahu

Sejarah KTT ASEAN

ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967, ketika lima negara anggota awal, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand, menandatangani Deklarasi Bangkok. Tujuan utama pembentukan ASEAN adalah untuk mempromosikan perdamaian dan stabilitas di kawasan Asia Tenggara yang saat itu tengah dilanda ketegangan dan konflik.

Negara-negara pendiri percaya bahwa dengan bekerja sama, mereka dapat mengatasi berbagai tantangan politik dan ekonomi yang mereka hadapi. KTT ASEAN pertama kali diadakan pada tahun 1976 di Bali, Indonesia. Pertemuan ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama antara negara-negara anggota dan membahas isu-isu penting yang dihadapi oleh kawasan ini.

Pada saat itu, fokus utama KTT adalah pada upaya untuk menciptakan stabilitas politik dan keamanan di Asia Tenggara. Selama tahun-tahun awal, KTT ASEAN juga berfokus pada peningkatan ekonomi dan perdagangan di antara negara-negara anggota.

Seiring berjalannya waktu, KTT ASEAN berkembang menjadi forum yang lebih kompleks dan multifungsi. Pertemuan ini tidak hanya membahas isu-isu keamanan dan ekonomi, tetapi juga menyentuh isu-isu seperti hak asasi manusia, lingkungan, pendidikan, dan kesehatan. KTT ASEAN menjadi lebih inklusif dengan bergabungnya negara-negara anggota baru seperti Vietnam, Laos, Kamboja, Myanmar, dan Brunei.

Selama beberapa dekade terakhir, peran KTT ASEAN dalam diplomasi regional dan global semakin meningkat. Organisasi ini telah membentuk hubungan yang erat dengan banyak negara di luar ASEAN dan juga menjadi anggota aktif dalam berbagai forum internasional seperti ASEAN Regional Forum (ARF), East Asia Summit (EAS), dan ASEAN Plus Three (China, Jepang, dan Korea Selatan).

Rangkaian Kegiatan KTT ASEAN Ke-43 2023

Source: detik.com

Dilansir CNBC.com, berikut ini merupakan rangkaian agenda selama diselenggarakannya KTT ASEAN ke-43 tahun 2023 di Jakarta:

Sabtu, 2 September 2023

  1. Meeting of the Committee of Permanent Representatives to ASEAN (CPR) atau Pertemuan Komite Perwakilan Tetap untuk ASEAN (CPR)

Minggu, 3 September 2023

  1. ASEAN Senior Officials’ Meeting (SOM) atau Pertemuan Pejabat Senior ASEAN (SOM)

Senin, 4 September 2023

  1. ASEAN Foreign Ministers’ Meeting
  2. 27th ASEAN Political-Security Community (APSC) Council Meeting
  3. 34th ASEAN Coordinating Council (ACC) Meeting
  4. Signing Ceremony of the Instrument of Accession to the Treaty of Amity and Cooperation in Southeast Asia (TAC)

Selasa, 5 September 2023

  1. Opening Ceremony of the 43rd ASEAN Summit/Upacara Pembukaan KTT Ke-43 ASEAN
  2. 43rd ASEAN Summit (Plenary Session)
  3. Opening of ASEAN-Indo-Pacific Forum: Implementation of the AOIP
  4. 43rd ASEAN Summit (Retreat Session)

Rabu, 6 September 2023

  1. 26th ASEAN-China Summit
  2. 24th ASEAN-Republic of Korea (ROK) Summit
  3. 26th ASEAN – Japan Summit
  4. 26th ASEAN Plus Three (APT) Summit
  5. ASEAN – U.S. Summit
  6. ASEAN – Canada Summit

Kamis, 7 September 2023

  1. 20th ASEAN – India Summit
  2. 3rd ASEAN – Australia Summit
  3. 13th ASEAN – UN Summit
  4. 18th East Asia Summit
  5. Closing Ceremony of the 43rd ASEAN Summit and Related Summits and Handing
  6. Over of the ASEAN Chairmanship to the Lao People’s Democratic Republic
  7. Press Conference by Joko Widodo, President of the Republic of Indonesia

Info wajib baca: 10 Urutan Kota Terbesar di Indonesia berdasarkan Jumlah Penduduknya

Tujuan KTT ASEAN Ke-43 di Jakarta

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 di Jakarta memiliki fokus yang berbeda dibandingkan dengan KTT ke-42 yang diadakan di Labuan Bajo. KTT ke-42 membahas isu-isu internal ASEAN dan tantangan di dalam dan di luar kawasan, sementara KTT ke-43 akan lebih berfokus pada perkembangan dan penguatan kerja sama ASEAN dengan mitra eksternal.

Pertemuan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta akan memaparkan beberapa tema penting yang mencakup berbagai aspek. Agenda utamanya mencakup Code of Conduct terkait Laut Cina Selatan, South East Asia Nuclear Weapon Free Zone (SEANWFZ), ASEAN Maritime Outlook, ASEAN Outlook in Indo Pacific (AOIP), dan isu-isu yang berkaitan dengan Myanmar.

KTT ke-43 ASEAN di Jakarta memiliki tujuan yang jelas, yaitu untuk menguatkan pencapaian dan dasar visi ASEAN 2045. Pertemuan ini diharapkan dapat memberikan landasan bagi penguatan struktur kelembagaan ASEAN, khususnya dalam hal pembuatan keputusan yang efektif dan efisien.


Nah, itulah informasi mengenai KTT ASEAN Ke-43 tahun 2023 di Jakarta beserta sejarahnya. Kamu punya informasi lainnya terkait hal tersebut? Jangan ragu untuk share di kolom komentar, ya!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare