...
misteri gunung padang
5-min read

Misteri Gunung Padang dan Fakta Unik Situs Megalitikum Terbesar di Asia Tenggara Ini

misteri gunung padang

Tau situs megalitikum yang satu ini? Tapi kamu udah tau misteri Gunung Padang ini belum?

Selama berabad-abad, serangkaian teka-teki telah menyelimuti dan jadi misteri Gunung Padang, sebuah tempat yang penuh dengan misteri di salah satu kota kecil Indonesia. Mengesankan dan memikat hati para penjelajah arkeologi dari seluruh dunia, situs ini menjadi saksi bisu akan peradaban kuno yang tak tergoyahkan.

Dalam artikel kali ini, kita akan mengungkap misteri dari wisata arkeologi yang menakjubkan berikut! Siap buat mengetahui fakta menarik dari gunung yang jadi salah satu situs megalitikum terbesar ini?

Sekilas tentang Gunung Padang

Gunung Padang, terletak di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Indonesia, telah lama menjadi pusat perdebatan dan penelitian arkeologi. Situs ini telah menarik perhatian para ahli dan masyarakat umum karena potensi sejarahnya yang sangat kaya serta kontroversi seputar usia dan tujuannya.

Usia Situs Gunung Padang ini diklaim lebih tua dari Piramida Giza yang ada di Mesir, dan belum lama ini, Gunung Padang tercatat masuk dalam film dokumenter “Ancient Apocalypse” yang ada di Netflix.

Situs Gunung Padang sendiri merupakan salah satu Cagar Budaya Peringkat Nasional yang terletak di Kampung Cipanggulan, Kelurahan Karya Mukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Hal tersebut sudah ditetapkan sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 023/M/2014.

Seorang peneliti Belanda, Nicolaas Johannes Krom adalah orang pertama yang menemukan situs ini di wilayah Gunung Melati pada 1914. Namun, tidak ada penelitian atau perbincangan lebih lanjut setelahnya.

Hingga akhirnya pada 1979, barulah seorang warga setempat kembali menemukan situs tersebut yang disebut sebagai peninggalan purbakala. Pusat Penelitian Arkeologi Nasional pun mulai melakukan aktivitas ekskavasi untuk mencari tahu asal muasal batu-batu “misterius” yang berada di daerah itu.

Area situs ini memiliki luas total 291.800 meter persegi, tetapi luas kompleks utamanya hanya 900 meter persegi. Berada di ketinggian 885 meter di atas permukaan laut, Situs Gunung Padang terdiri atas lima teras, yang merupakan situs berbentuk pundenberundak karena bentuknya bertingkat-tingkat.

Info wajib baca: Bikin Merinding, Ini 5 Fakta di Balik Misteri Kota Gaib Saranjana

Misteri Gunung Padang

Nggak cuma misteri Gunung Lawu yang digadang-gadang puncaknya jadi tempat “pasar setan”, misteri Gunung Padang juga nggak kalah seru buat kamu telisik!

Dilansir dari detik.com, nama Gunung Padang itu memiliki aneka arti dan makna, mulai dari cerita Istana Raja Siliwangi yang tak jadi dibangun dalam semalam, hingga disebut sebagai ibu peradaban. Padang sendiri artinya siang atau terang.

Kemunculan situs megalitikum ini ke panggung nasional dibumbui sejumlah cerita legenda yang menarik. Mulai dari adanya harta karun, jadi tempat atlantis yang hilang, peninggalan peradaban makhluk asing, piramida kuno, kekuatan mistis, Prabu Siliwangi, dan aneka cerita lainnya.

Seperti yang udah disebutkan sebelumnya, situ ini bentuknya punden berundak, di mana ada 5 teras di Gunung Padang ini.

1. Lokasi untuk bersemedi

misteri gunung padang
Source: Intisari Online – Grid.ID

Puncak tertingginya sendiri diyakini penduduk setempat sebagai lokasi yang tepat untuk bersemedi. Tak heran kalau teras tingkat ke 5 ini disebut Eyang Perbuka. Memang tak sedikit orang yang datang ke Gunung Padang bersemedi di teras tingkat 5 ini.

Di teras tingkat ke 5 ini ada gundukan batu yang bernama Eyang Prajisakti. Konon kabarnya, mereka yang ingin jadi dokter, dukun beranak, atau suster, bakalan cocok bersemedi di bangunan ini.

2. Singgasana Prabu Siliwangi

Selain jadi tempat bersemedi, ada juga cerita mengenai singgasana Prabu Siliwangi, tokoh yang melegenda di Jawa Barat.

Konon, di teras ke 5 di Gunung Padang yang luas ada juga tempat yang disebut istana atau singgasana milik Prabu Siliwangi. Tempat itu di masanya kerap digunakan Prabu Siliwangi untuk berdoa.

3. Misteri pada batu-batunya

Batu-batu di Gunung Padang juga ada yang menjadi daya tarik karena mengeluarkan bunyi-bunyian yang unik. Kalangan sinden, dalang, atau seniman juga kerap datang dan bersemedi di batu-batu itu, walaupun entah apa yang mereka cari.

Batu gendong juga jadi salah satu batu yang menarik wisatawan, pasalnya kalau kamu bisa mengangkat batu tersebut keinginanmu akan terkabul. Ada juga mata air yang digunakan oleh para wisatawan membersihkan diri sebelum naik ke Gunung Padang.

Info wajib baca: Menyingkap Misteri Aura Jumat Pahing yang Memengaruhi Karakteristik Pemiliknya

3 Fakta Menarik Lainnya Situs Gunung Padang

Kayak yang udah kamu liat di judul, salah satu fakta menarik dari Gunung Padang ini adalah menjadi situs megalitikun terbesar se Asia Tenggara.

Selain fakta menarik tersebut, ada juga fakta lainnya yang bakal Kostmin kasih tau ke kamu! Berikut beberapa fakta unik lainnya dari Gunung Padang:

1. Jadi situs peninggalan peradaban manusia tertua di bumi

Dilansir dari wisatalova.com, berdasarkan hasil berbagai riset terkini yang telah di lakukan baik oleh peneliti dalam Negeri di bawah TTRM (Tim Terpadu Riset Mandiri) maupun peneliti dari luar negeri, di temukan fakta-fakta yang membuktikan bahwa Situs Gunung Padang memiliki usia yang sudah sangat tua. Bahkan ada kemungkinan akan menjadi peninggalan peradaban yang tertua di bumi.

Hal ini didukung dengan berbagai hasil pengujian karbon pada sampel-sampel yang di peroleh dari berbagai titik. Bahkan Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN) milik Amerika Serikat yang bertempat di Miami telah merilis hasil uji karbon pada sampel coring yang ada di sejumlah titik. Hasilnya menunjukkan bahwa usia Situs Gunung Padang ini lebih tua dari 11 ribu tahun.

2. Diperkirakan ada bangunan super besar tertimbun di bawah situs Gunung Padang

misteri gunung padang
Source: Sukabumi Update

Menurut Dr. Ali Akbar, seorang peneliti prasejarah dari UI yang juga merupakan ketua tim riset TTRM, jika di lakukan penggalian di Situs Gunung Padang ini besar kemungkinan akan di temukan bangunan yang besarnya mencapai 3 kali lipat dari Candi Borobudur.

Jika di lihat dari luas keseluruhan kompleks Candi Borobudur yang hanya 1,5 hektar, maka Situs Megalitikum Gunung Padang ini bahkan bisa mencapai 10 kali lebih luas dengan total keseluruhan luas kompleksnya yang mencapai 15 hektar.

3. Lebih tua dari piramida Giza di Mesir

Konon katanya, Situs Gunung Padang ini ternyata usianya lebih tua daripada usia piramida Giza di Mesir yang berumur 2560 SM, loh. Hasil penelitian yang dilakukan di situs megalitikum Gunung Padang menunjukkan kalau tempat ini konon telah berusia 25.000 SM.


Ternyata nggak cuma jadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi karena keindahan dankeunikannya, tapi ada juga fakta-fakta unik dan misteri yang bikin kita makin terpesona, ya! Kamu udah pernah main ke sini belum, gaes?

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare