...
film tentang bencana alam
5-min read

5 Obat Rematik Alami dari Tumbuhan yang Perlu Kamu Ketahui

film tentang bencana alam

Mengatasi rematik nggak perlu pake obat kimia, ya. Cek obat rematik alami dari tumbuhan ini.

Kamu merasakan rasa sakit dan kaku pada sendi-sendi tubuh? Jika iya, kemungkinan besar kamu mengalami rematik. Kali ini, kita bakal simak tentang penyebab rematik dan obat rematik alami dari tumbuhan yang perlu kamu ketahui.

Penyebab Penyakit Rematik

Rematik, atau lebih dikenal dengan istilah penyakit rematik, adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan berbagai kelainan yang terkait dengan sistem muskuloskeletal dan jaringan ikat tubuh, termasuk sendi, otot, tulang, dan ligamen.

Penyakit ini dapat melibatkan rasa sakit pada berbagai bagian tubuh atau sendi, dan dapat memiliki berbagai penyebab, di antaranya:

1. Faktor genetik

Faktor genetik memainkan peran penting dalam kecenderungan seseorang untuk mengembangkan penyakit rematik.

Orang yang memiliki riwayat keluarga dengan rematik, terutama arthritis reumatoid, memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami kondisi serupa. Predisposisi genetik dapat memengaruhi bagaimana sistem kekebalan tubuh berinteraksi dengan lingkungan dan merespons peradangan.

2. Autoimunitas

Banyak jenis penyakit rematik, seperti arthritis rheumatoid, lupus, dan penyakit seliak, terjadi akibat respons sistem kekebalan tubuh yang salah arah.

Sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan tubuh sendiri, menyebabkan peradangan dan kerusakan. Penyebab pasti gangguan autoimun ini belum sepenuhnya dipahami, tetapi faktor genetik dan lingkungan ikut berperan.

3. Faktor lingkungan

obat rematik alami dari tumbuhan
Source: Mitra Keluarga

Lingkungan juga dapat berperan dalam perkembangan rematik. Paparan terhadap faktor lingkungan tertentu, seperti infeksi, polusi udara, atau paparan bahan kimia tertentu, dapat memicu peradangan dan merangsang reaksi autoimun pada individu yang rentan secara genetik.

Beberapa penyakit rematik seperti lupus eritematosus sistemik (SLE) diyakini memiliki hubungan dengan paparan sinar matahari.

Info wajib baca: 10 Obat Alami untuk Luka di Payudara, Mudah dan Ampuh!

4. Gaya hidup dan faktor psikologis

Gaya hidup dan faktor psikologis juga dapat berperan dalam perkembangan rematik. Stres kronis dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh dan memicu peradangan.

Kebiasaan merokok dikaitkan dengan peningkatan risiko pengembangan arthritis reumatoid dan penyakit rematik lainnya. Kekurangan aktivitas fisik juga dapat memperburuk gejala rematik, karena latihan fisik yang cukup dapat membantu menjaga kekuatan otot dan fleksibilitas sendi.

5. Usia dan jenis kelamin

Seiring bertambahnya usia, risiko mengembangkan berbagai jenis penyakit rematik meningkat. Kondisi seperti osteoarthritis umumnya lebih umum terjadi pada orang tua karena penurunan kualitas tulang rawan seiring waktu.

Namun, arthritis reumatoid dapat memengaruhi orang dewasa muda juga. Selain itu, banyak penyakit rematik memiliki kecenderungan lebih tinggi pada wanita dibandingkan pria.

Obat Rematik Alami dari Tumbuhan, Apa Aja?

Rematik ini sebenernya mirip-mirip sama penyakit radang sendi, karena sama-sama membuat persendian di tubuh jadi sakit dan nyeri. Kalau ada anggota keluarga kamu yang butuh obat rematik tapi nggak mau minum obat mengandung bahan kimia, bisa coba beberapa obat rematik alami dari tumbuhan berikut.

1. Obat rematik alami dari tumbuhan: Bawang putih

Siapa sangka salah satu bumbu dapur ini bisa jadi salah satu alternatif pengobatan rematik? Ternyata, bawang putih diketahui mengandung diallyl disulfide, yaitu senyawa anti-inflamasi yang membatasi efek sitokin proinflamasi, sehingga nyeri sendi akibat rematik bisa mereda.

Makanya, bawang putih sendiri bisa dipercaya bisa melawan peradangan sendi, serta mencegah kerusakan tulang rawan akibat radang sendi.

2. Cabai

Bahan kedua yang bikin kamu nggak nyangka bisa membantu mengatasi rematik secara alami adalah cabai! Iya, kamu nggak salah baca, kok. Cabai banyak mengandung senyawa capsaicinoid yang memiliki sifat antiperadangan alami. Ini tentu jadi kabar bagus buat kamu yang suka mengonsumsi makanan pedes, dong,

Selain itu, cabai juga sering dijadikan obat alami untuk masalah pencernaan. Kamu bisa campurin cabai ke dalam makanan yang mau kamu makan. Tapi ingat, jangan sampai kamu mengonsumsi cabai berlebihan, karena kalau kebanyakan bisa-bisa lambung kamu yang malah kena.

3. Obat rematik alami dari tumbuhan: Cengkeh

obat rematik alami dari tumbuhan
Source: Rumah.com

Pernah liat semacam herbal yang bentuknya kayak batang kecil yang bunganya nggak jadi? Itu namanya cengkeh! Biasanya cengkeh ini banyak dijadikan campuran dalam minuan herbal atau teh.

Siapa sangka kalau tumbuhan berikut ini juga memiliki manfaat yang juga bisa menjadi obat rematik, loh! Kamu yang mau mencegah agar nggak terkena rematik juga bisa minum teh herbal dengan campuran cengkeh ini.

Info wajib baca: 7 Cara Efektif Mengeluarkan Kentut Secara Alami | Pencernaan Langsung Lancar!

4. Kayu manis

Kayu manis ini bukan sekadar jadi bumbu aromatik biar masakan jadi lebih wangi atau pemanis kue alami saja. Pasalnya, bahan masakan herbal yang satu ini juga bisa membantu mengurangi rematik!

Kayu manis sendiri memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa meredakan pembengkakan akibat penyakit rematik. Kamu cukup konsumsi kayu manis sebagai bahan campuran teh, atau bisa juga dijadiin salah satu bahan yang dicampur dalam kue.

5. Obat rematik alami dari tumbuhan: Jahe

Lebih dikenal sebagai salah satu herbal yang bisa menghangatkan tubuh saat dingin, jahe juga ternyata bisa membantu mengobati peradangan pada sendi yang terkena rematik, lho.

Jahe mengandung zat kimia gingerol dan shogaol yang berperan sebagai antiperadangan dan bisa membantu mengobati rematik. Bahan alami ini memiliki kemampuan untuk menekan peradangan sekaligus rasa sakit.

Cara konsumsinya? Kamu semua pasti udah tau, yaitu dengan cara dibikin teh atau wedang jahe yang enak banget! Selain badan jadi anget dan tubuh jadi fit, kamu juga jadi terhindar dari rematik, deh.


Semoga rekomendas bahan-bahan alami di atas bisa membantu kamu atau orang-orang terdekatmu terbebas dari rematik, ya.

Oh ya, kalau kamu kurang tidur dan istirahat, jangan lupa juga buat intip cara menghilangkan mata panda dengan alami yang bisa kamu lakuin di rumah!

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media  Infokost sini! Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare