...
pelembab wajah pria
5-min read

Rekomendasi Pelembab Wajah Pria untuk Kulit Berminyak, Bye Bye Kilap!

pelembab wajah pria

Ini rekomendasi pelembab wajah pria untuk kamu yang punya kulit berminyak.

Apakah kilap wajah yang menyebalkan menjadi masalah utamamu? Jangan khawatir, Kostmin siap untuk memberikan solusi terbaik buat kamu dengan rekomendasi pelembab wajah pria untuk kulit berminyak!

Bakal ada rekomendasi produk dan tips untuk mengontrol kilap wajah untuk menjaga penampilanmu tetap segar sepanjang hari. Tanpa perlu bingung lagi, mari kita mulai menemukan pelembab wajah pria yang sempurna untuk kulit berminyakmu!

Kenapa Kulit Bisa Berminyak?

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan kulit berminyak. Kulit berminyak disebabkan oleh produksi sebum yang berlebihan oleh kelenjar minyak di dalam kulit. Sebum adalah zat berminyak yang diproduksi secara alami oleh tubuh untuk menjaga kelembapan kulit.

Namun, produksi sebum yang berlebihan dapat menyebabkan kulit terlihat berminyak dan berkilau. Beberapa faktor yang dapat memengaruhi produksi sebum dan menyebabkan kulit berminyak antara lain:

1. Faktor genetik atau stres

Kondisi kulit berminyak dapat diturunkan secara genetik. Jika salah satu atau kedua orangtua memiliki kulit berminyak, kemungkinan besar anak juga akan mengalami kondisi yang sama.

Stres juga ternyata dapat memengaruhi keseimbangan hormonal dalam tubuh, gaes. Ya, stres pada akhirnya dapat memicu produksi sebum yang berlebihan.

2. Hormon

Perubahan hormonal, seperti saat masa remaja, kehamilan, atau menopause, dapat memengaruhi produksi sebum. Selama masa remaja, produksi hormon androgen meningkat, yang dapat merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak sebum.

3. Kelembapan dan iklim

Lingkungan dengan kelembapan tinggi atau iklim yang panas dapat merangsang produksi sebum. Hal ini terjadi karena kelembapan tinggi membuat kulit sulit untuk menguapkan kelembapan, sehingga tubuh merespons dengan memproduksi lebih banyak sebum untuk menjaga kelembapan kulit.

4. Penggunaan produk yang tidak tepat

Penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok dengan jenis kulit, terutama produk yang mengandung bahan kimia keras, dapat merangsang kelenjar minyak dan menyebabkan kulit berminyak.

5. Diet dan konsumsi obat-obatan

Pola makan yang tidak sehat, terutama makanan yang mengandung banyak lemak dan gula, dapat berkontribusi pada kulit berminyak.

Selain diet, beberapa obat-obatan tertentu, seperti obat-obatan hormonal atau obat-obatan tertentu untuk kondisi medis tertentu, juga dapat memengaruhi produksi sebum dalam tubuh, dan bisa menyebabkan meningkatnya produksi minyak di wajah.

Info wajib baca: Urutan Pemakaian Skincare Pagi yang Benar untuk Kulit Sehat dan Cerah Sepanjang Hari

Rekomendasi Produk Pelembab Wajah Pria

Kamu para cowok pemilik kulit wajah berminyak yang bingung cari pelembab, tenang, Kostmin udah siapin lima rekomendasi produk pelembab wajah pria yang bisa jadi pilihanmu. Harganya juga masih lumayan terjangkau, kok.

1. Scarlett Whitening Acne Cream Day & Night

pelembab wajah pria
Source: BukaReview

Pasti banyak dari kamu taunya kalau merek yang satu ini cuma bisa dipakai cewek-cewek, eits, nggak juga! Kamu cowok-cowok pemilik kulit berminyak dan cenderung berjerawat juga bisa pakai pelembab ini, kok.

Pelembab ini memiliki kandungan double action salicylic acid, natural squalane, hexapeptide-8, natural vitamin C, triceramide, dan aqua peptide glow yang bermanfaat untuk meredakan peradangan dan kemerahan, meningkatkan kelembapan, memperbaiki tekstur kulit, serta memudarkan bekas jerawat.

2. Pond’s Men Acne Solution AntiAcne Face Moisturizer

pelembab wajah pria
Source: Shopee

Pelembab selanjutnya juga dikeluarin sama salah satu merek skincare terkenal yang juga banyak dipakai cewek-cewek, nah, pelembab yang satu ini dformulasikan khusus buat kamu para cowok, nih.

Pelembab yang satu ini juga cocok banget dipake sama kamu yang punya tipe kulit wajah yang berminyak dan cenderung mudah berjerawat. Mengandung mineral clay, pelembab yang satu ini dapat membantu mengangkat minyak berlebih pada wajah.

3. Garnier Men Acne Fighting Serum Cream

pelembab wajah pria
Source: Lazada

Nah, kalo merek yang satu ini pasti kalian udah tau soal skincare yang dikhususkan buat para cowoknya. Kamu yang punya permasalahan kulit berminyak serta berjerawat juga bisa banget pake pelembab satu ini.

Kandungan utama berupa vitamin, perlite, dan salicylic acid, serta kandungan serumnya untuk mencerahkan kulit kusam, pelembab yang satu ini juga bisa membantu untuk melindungi kulit dari sinar matahari karena ada kandungan UVA/UVB filter di dalamnya!

4. Vaseline Men Oil Control

pelembab wajah pria
Source: Vaseline

Kalau kamu lebih cenderung ke tipe kulit yang berminyak, pelembab yang satu ini mungkin cocok buat kamu pake. Kamu juga pasti udah sering denger atau liat merek skincare yang satu ini.

Pelembab yang satu ini dipercaya dapat mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah pria dan juga menjaga kelembaban kulit. Klaimnya sendiri, nih, wajah kamu bisa bebas kilap selama 12 jam, lho. Tertarik buat cobain pelembab ini?

5. Avoskin Your Skin Bae Glow Concentrate Treatment Tranexamic Acid

Avoskin
Source: blog.avoskinbeauty.com

Kenal merek skincare yang satu ini? Pelembab berikut bisa jadi salah satu pilihan kamu yang punya kulit cenderung berminyak karena nggak akan ngasih efek greasy di wajah. Walaupun nggak ada embel-embel untuk pria, kamu para cowok juga masih bisa pake pelembab ini, kok!

Dengan kandungan utama 1% tranexamic acid dan ekstrak pineapple, pelembab ini dipercaya bisa membantu kamu merawat skin barrier, menenangkan kemerahan dan iritasi, membantu proses regenerasi kulit, menghidrasi kulit secara optimal, serta menjaga elastisitas kulit.

Info wajib baca: Mengungkap 7 Manfaat Retinol untuk Wajah, Bisa Menunda Penuaan!

Tips untuk Mengontrol Minyak di Wajah

Mengontrol minyak di kulit adalah hal penting untuk mencegah kulit berminyak yang berlebihan, munculnya jerawat, dan masalah kulit lainnya. Berikut adalah beberapa tips untuk mengontrol minyak di kulit:

1. Cuci wajah secara teratur

Bersihkan wajah dua kali sehari dengan pembersih wajah yang lembut, khususnya di pagi hari dan sebelum tidur. Hindari menggunakan pembersih wajah yang mengandung bahan kimia keras, karena dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan produksi minyak berlebih.

2. Gunakan produk bebas minyak

Pilih produk perawatan kulit yang bebas minyak (oil-free) untuk menghindari penambahan minyak tambahan pada kulit kamu. Pastikan juga untuk menggunakan pelembap yang ringan dan bebas minyak yang cocok untuk jenis kulit berminyak.

3. Gunakan toner dan Hindari menggosok wajah terlalu keras

Toner dapat membantu mengontrol minyak dan membersihkan pori-pori. Pilih toner yang mengandung bahan-bahan seperti witch hazel, green tea, atau aloe vera yang membantu menyeimbangkan produksi minyak pada kulit.

Usahakan juga untuk mengindari menggosok atau menggaruk wajah terlalu keras saat mencuci muka atau menggunakan toner, karena dapat merusak lapisan kulit dan meningkatkan produksi minyak berlebih.

4. Gunakan masker clay

masker clay
Source: Zoom TV

Masker clay atau masker dengan tekstur seperti tanah liat cenderung efektif dalam menyerap minyak berlebih dan membersihkan pori-pori. Gunakan masker clay sekali atau dua kali seminggu untuk membantu mengontrol minyak di kulit.

5. Kurangi konsumsi makanan berlemak

Makanan berlemak dan makanan cepat saji dapat memengaruhi produksi minyak pada kulit. Cobalah untuk mengurangi konsumsi makanan berlemak dan menggantinya dengan makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan makanan tinggi serat.

6. Jaga kebersihan rambut

Rambut yang lepek dan kotor juga dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit wajah, lho. Pastikan untuk mencuci rambut secara teratur dan menghindari rambut yang kotor menyentuh wajah biar minyak yang dihasilkan dari rambut nggak berpindah ke wajah.

7. Gunakan kertas minyak dan pakai sunscreen yang ringan

Kertas minyak atau blotting paper dapat membantu menyerap minyak berlebih di wajah tanpa menghapus makeup. Bawa kertas minyak dalam tas dan gunakan sesuai kebutuhan.

Kamu juga perlu memilih sunscreen berformula yang ringan dan bebas minyak untuk melindungi kulit dari sinar matahari tanpa meningkatkan minyak berlebih pada kulit.

8. Minum air cukup

Pastikan juga untuk minum air yang cukup setiap hari karena hidrasi yang cukup dapat membantu menjaga keseimbangan minyak di kulit. Kurangnya hidrasi bakal bikin kulit kamu merasa ‘haus’ dan memproduksi minyak atau sebum berlebihan.


Selain pake skincare, kamu bisa mulai rawat wajahmu dengan cara menggunakan aloe vera gel untuk wajah. Kamu yang mau wajah mulus juga bisa kepoin cara menghilangkan bruntusan biar makin keliatan cakep!

Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid! Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare