...
penyebab pinggang belakang sakit
5-min read

Mengenal Penyebab Pinggang Belakang Sakit dan Cara Mengatasinya

penyebab pinggang belakang sakit

Kena sakit pinggang? Ini dia penyebab pinggang belakang sakit dan cara mengatasinya.

Sakit pinggang belakang sering kali menjadi masalah yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Penyebab sakit pinggang sebelah kiri maupun penyebab pinggang belakang sakit ada bermacam, baik itu karena gaya hidup tidak sehat, kebiasaan buruk, atau bahkan faktor genetik.

Kali ini, kita bakal bahas penyebab umum dari sakit pinggang belakang dan solusi yang efektif untuk mengatasinya. Penasaran, langsung mulai aja, yuk!

Faktor Penyebab Sakit Pinggang Belakang

Sakit pinggang pasti nggak akan terjadi kalau bukan tanpa sebab, dong. Nyeri pinggang belakang adalah masalah yang umum dialami oleh banyak orang di seluruh dunia. Beberapa penyebab umunya berikut ini pasti banyak atau bahkan pernah kamu alami. Apa aja, ya?

1. Salah bantal

Pernah ngira kalo pinggang kamu sakit karena salah posisi tidur atau kasur yang keras? Ternyata penyebabnya bukan cuma dua faktor itu, melainkan juga penggunaan bantal yang salah, tuh.

Kalau kamu mau mengganjal pinggang belakang dengan bantal, lebih disarankan untuk menggunakan bantal yang mendukung pada bagian kurva tulang belakang hingga leher. Jika kamu menggunakan bantal yang kurang nyaman, segera ganti dengan bahan yang terbuat dari viskoelastik atau bantal isi ulang air.

Nggak semua bantal biasa bisa membantu menopang posisi tulang belakangmu, mungkin posisi atau bantal yang kurang nyaman ini bikin pinggang belakang kamu jadi sakit.

2. Kegemukan

Nggak cuma faktor eksternal, faktor internal seperti kegemukan juga bisa jadi alasan seseorang mengalami sakit pinggang belakang. Alasannya, berat badan berlebih memberikan tekanan yang lebih berat pada tubuh, sehingga memicu sakit pinggang.

3. Otot yang tegang

penyebab pinggang belakang sakit
Source: Antaranews

Ketika tubuh melakukan gerakan yang tidak biasa dilakukan, ketegangan otot mungkin terjadi karena tertariknya otot ligamen. Pada tingkat yang lebih parah, biasanya ligamen dan otot bisa saja robek lalu menyebabkan sakit pinggang belakang.

Kondisi ini bisa terjadi karena beberapa kondisi, antara lain posisi duduk atau berdiri yang kurang tepat, tidak melakukan pemanasan sebelum olahraga, dan posisi salah saat mengangkat benda berat (misalnya berdiri dan membungkuk untuk mengambilnya, bukan berjongkok).

Oleh karena itu, posisi membungkuk bakal menambah beban dan regangan pada tulang belakang, sehingga memicu sakit pinggang.

Info wajib baca: Cara Mengatasi Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah hingga Pinggang

4. Salah posisi tidur

Yang paling umum dirasakan dan udah disebutin di atas tadi, adalah salah posisi tidur! Situasi ini bisa terjadi dan sering tidak disadari karena kita sedang dalam keadaan nggak sadar, alias tertidur pulas.

Sebelum kondisi semakin parah, ada baiknya kamu mengambil posisi tidur yang nyaman sebelum tidur. Posisi tidur yang salah bisa memicu sakit di bagian leher, sampai ke sakit pinggang belakang. Untuk mengatasinya, kamu bisa berbaring terlentang dengan punggung lurus di atas kasur.

Letakkan bantal tipis di bawah kepala dan di bawah lutut untuk mengurangi ketegangan pada leher dan punggung bawah. Jika kamu merasa kesulitan untuk terlentang, tidurlah dalam posisi telungkup dengan menempatkan bantal tipis di bawah pinggul untuk mengurangi tekanan pada tulang belakang juga bisa dilakukan. 

5. Kasur terlalu keras

Nggak cuma karena salah posisi tidur, tempat tidur yang kurang nyaman seperti faktor terlalu keras memicu sakit pinggang. Itulah kenapa pemilihan kasur yang tepat dan nyaman menjadi penting dilakukan untuk mencegah sakit pinggang belakang.

Sekarang usdah banyak kasur yang nggak terlalu keras dan lebih nyaman buat tidur, kok, kamu tinggal pilih aja sesuai kebutuhan. Kalau dirasa kasurmu terlalu keras, ada baiknya kamu pakai bantal seperti yang sudah disebutkan tadi.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Belakang

Nah, kalau ada penyebab, pasti ada juga solusinya, dong? Kamu yang udah telanjur mengalami penyebab pinggang belakang sakit ini harus segera mengatasinya kalau rasa sakitnya belum terlalu parah.

Selain dengan meminum obat sakit pinggang, ada juga beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa sakit ini di antaranya:

1. Penyebab pinggang belakang sakit: Tidur dengan posisi benar 

Nggak cuma kuantitas tidur saja yang penting, kualitasnya juga penting. Salah satu cara menjaga kualitas tidur tetap stabil adalah dengan menempatkan posisi tidur yang maksimal. Orang yang tidur menghadap ke atas harus meletakkan bantal di bawah lutut dan pinggang mereka.

Orang yang tidur menyamping harus meletakkan bantal di antara lutut untuk menjaga tulang punggungnya dalam posisi netral. Tidur dengan perut atau telungkup dapat menyebabkan otot leher dan kepala berputar serta dapat memberikan tekanan yang tidak semestinya pada punggung.

2. Jangan terlalu lama berbaring di tempat tidur

Kebanyakan dari kamu pasti berpikir kalau sakit pinggang kita harus melakukan posisi tiduran lebih lama, kan? Tapi, ternyata posisi ini salah, lho.

Orang dengan nyeri pinggang akan merasakan sakit lebih intens jika menghabiskan waktu di tempat tidur dalam jangka waktu lama. Tetap aktif melakukan aktivitas seperti biasa, tapi tetap berhati-hati saat melakukan gerakan dapat membantu proses penyembuhan sakit pinggang bagian belakang. 

3. Penyebab pinggang belakang sakit: Pertahankan postur yang baik

penyebab pinggang belakang sakit
Source: longevity.technology

Postur tubuh yang biasa kamu lakukan juga berpengaruh terhadap kondisi tulang belakangmu, lho. Postur yang kurang baik atau bahkan salah bisa jadi salah satu penyebab pinggang belakang sakit. Tapi hal ini masih disepelekan banyak orang karena rasa sakitnya nggak langsung terjadi atau dirasakan instan.

Rasa sakitnya mungkin akan dimulai setelah latihan yang lama di gym atau duduk berjam-jam di meja kerja tanpa peregangan, tetapi ketegangan yang menyebabkannya mungkin telah berproses selama bertahun-tahun.

Kebanyakan orang memiliki postur tubuh yang buruk saat melakukan aktivitas sehari-hari, sehingga punggung mereka tertekan. Hal ini juga bisa dimulai dari hal-hal kecil, seperti cara berdiri saat menyikat gigi di wastafel, ataupun postur tubuh saat duduk di meja kerja.

Info wajib baca: 7 Cara Mengatasi Sakit Pinggang saat Hamil, Bisa Tanpa Obat

4. Kompres dingin dan panas

Kalo kamu merasakan sakit pada bagian pinggang belakang, kamu bisa pakai bantalan pemanas dan kompres dingin. Dua hal ini dapat menenangkan dan meringankan rasa sakit pada pinggang bagian belakang.

Profesional medis juga merekomendasikan penggunaan kompres es selama 48 jam pertama setelah cedera, terutama jika ada pembengkakan dan kemudian beralih ke kompres panas.

5. Penyebab pinggang belakang sakit: Rajin berolahraga

Cara yang satu ini selain bisa bantu mengatasi sekaligus bisa bantu mencegah pinggang belakang kamu sakit. Melakukan aktivitas ringan merupakan obat terbaik bagi para penderita sakit punggung.

Latihan sederhana seperti berjalan bisa sangat membantu. Ini membuat orang keluar dari postur duduk dan menempatkan tubuh pada posisi netral dan tegak. Namun, tetap ingat untuk bergerak secukupnya. Jauhi aktivitas yang berat seperti berkebun atau mengangkat beban berat.

Selain itu, hindari juga gerakan apa pun yang bisa menyebabkan atau bahkan memperparah rasa sakit. Kamu juga bisa lakukan peregangan sedikit demi sedikit biar ototmu nggak terlalu tegang.


Nah, itu dia lima penyebab pinggang belakang sakit dan juga lima cara mengatasinya dengan mudah. Cara-cara di atas bisa kamu lakuin sendiri di rumah. Tapi kalo rasa sakitnya udah lumayan parah, lebih baik kamu minta bantuan medis, ya.

Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid! Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare