...
tugas malaikat mikail
5-min read

Selain Membagikan Rezeki, Ini Tugas Malaikat Mikail

tugas malaikat mikail

Tugas malaikat Mikail yang perlu kamu ketahui!

Dalam Islam, malaikat adalah makhluk ciptaan Allah yang nggak memiliki kemampuan untuk berdosa dan memiliki tugas khusus dalam mengurus alam semesta. Malaikat Mikail adalah salah satu dari 10 nama malaikat utama dalam agama Islam.

Namanya sering kali dihubungkan dengan tugas-tugas yang berkaitan dengan rezeki, keberuntungan, dan kesejahteraan manusia. Menghormati perannya adalah bagian penting dari kehidupan seorang Muslim dan membantu mengingatkan kita akan pentingnya bersyukur, dan menjaga lingkungan.

Tugas Utama Malaikat Mikail

Source: Suara.com

Keberadaan malaikat Mikail telah disebutkan dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 98.

“Barang siapa yang menjadi musuh Allah SWT, malaikat-malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, Jibril dan Mikail. Maka sesungguhnya Allah musuh bagi orang-orang kafir.”

Info wajib baca: Mengenal Nabi Sulaiman AS: Kisah dan Mukjizatnya

1. Tugas malaikat Mikail untuk membagikan rezeki

Malaikat yang memiliki tugas menurunkan air hujan adalah Malaikat Mikail. Tugas pokok Malaikat Mikail adalah mengatur distribusi rezeki yang diberikan oleh Allah SWT kepada seluruh makhluk di planet Bumi.

Rezeki tersebut dapat berupa bermacam-macam hal, termasuk harta materi, pertumbuhan tumbuhan, hujan, dan sejenisnya.

2. Mengatur hujan angin

Nggak hanya itu, Malaikat Mikail juga memiliki tanggung jawab dalam mengontrol hujan dan angin. Ia juga memberikan bantuan kepada Malaikat Jibril dalam situasi-situasi tertentu.

Misalnya saja ketika membantu dalam peristiwa pemecahan dada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam untuk mengambilkan air zam-zam yang kemudian digunakan untuk membersihkan hati Rasulullah SAW.

Info wajib baca: Kisah Hidup dan Mukjizat Luar Biasa Nabi Daud AS | Kitab Zabur hingga Mampu Lelehkan Besi

3. Hadir dalam peristiwa Isra’ Miraj

Lebih lanjut, Malaikat Mikail juga terlibat dalam peristiwa Isra’ Mi’raj, di mana ia bersama dengan Malaikat Jibril menemani Rasulullah SAW dalam perjalanan spiritualnya.

Selain itu, bersama dengan Malaikat Izrail, Malaikat Mikail juga memiliki tugas untuk menyampaikan informasi mengenai nama, lokasi, dan alasan pengambilan nyawa setiap individu manusia.

4. Tugas malaikat Mikal yang pernah menahan matahari

Malaikat yang memiliki tugas menurunkan air hujan adalah Malaikat Mikail. Selain tugas-tugas yang telah disebutkan sebelumnya, dalam suatu riwayat, terdapat cerita bahwa Malaikat Mikail pernah memiliki peran dalam menahan peredaran matahari.

Cerita ini dimulai ketika Rasulullah SAW sedang memimpin shalat Subuh berjamaah. Tiba-tiba, Malaikat Jibril datang dan membuka sayapnya di punggung Nabi yang sedang dalam posisi rukuk.

Aksi ini membuat Rasulullah SAW melakukan rukuk lebih lama dari biasanya. Setelah Malaikat Jibril pergi, barulah beliau bisa bangkit kembali dan melanjutkan shalat hingga selesai.

Ada yang bertanya, “Apa yang terjadi, ya Rasulullah, sehingga engkau memperpanjang rukuk seperti itu?”

Mendengar pertanyaan tersebut, Rasulullah SAW memberikan penjelasan, “Ketika aku sedang dalam rukuk dan membaca subhana rabbiyal adzim, ketika hendak mengangkat kepala dari rukuk, tiba-tiba Malaikat Jibril datang dan membentangkan sayapnya di punggungku, dan itu membuat rukukku berlangsung lebih lama. Hingga sayapnya diangkat, baru aku bisa mengangkat badan.”

Seorang sahabat bertanya lagi, “Mengapa hal itu terjadi?”

Nabi menjawab, “Aku tidak mengetahui alasannya, dan aku tidak bisa bertanya kepada Malaikat Jibril.”

Cerita malaikat Mikal yang pernah menahan matahari

Kemudian, Malaikat Jibril datang dan memberikan penjelasan mengenai peristiwa tersebut kepada Nabi. “Wahai Muhammad, Ali ingin bergabung dalam jamaah shalat, tetapi di depannya ada seorang lelaki Nasrani tua yang berjalan sangat pelan. Ali tidak ingin mendahului lelaki tua tersebut karena menghormatinya. Oleh karena itu, Allah memerintahkan aku untuk menahanku dalam posisi rukuk agar Ali bisa bergabung dengan jamaah.”

Penjelasan dari Malaikat Jibril ini membuat Nabi terkesan. Malaikat Jibril kemudian menceritakan yang lebih menakjubkan, “Yang lebih menakjubkan, Allah memerintahkan Malaikat Mikail untuk menunda peredaran matahari dengan sayapnya, sehingga waktu Subuh tidak berakhir menunggu kedatangan Ali!”

Rasulullah kemudian memanggil Ali untuk memastikan informasi yang disampaikan oleh Malaikat Jibril. Ali menjawab, “Apakah ini benar, Ya Rasulullah? Lelaki tua itu berjalan sangat lambat, dan saya tidak ingin mendahuluinya karena menghormatinya. Ternyata, dia tidak datang untuk shalat. Beruntung Anda masih rukuk, sehingga saya tidak ketinggalan shalat berjamaah dengan Anda!”

5. Malaikat yang nggak pernah tersenyum

Malaikat yang memiliki tugas menurunkan air hujan adalah Malaikat Mikail. Tugas utama Malaikat Mikail adalah mengatur distribusi rezeki yang diberikan oleh Allah SWT kepada semua makhluk di bumi.

Meski tugas Malaikat Mikail adalah membagikan rezeki kepada semua makhluk di bumi, namun Malaikat Mikail dikenal sebagai malaikat yang tidak pernah tersenyum. Mikail adalah malaikat yang sangat taat dan penuh rasa takut kepada Allah. Fakta ini terbukti dari kisah yang terkenal saat Rasulullah shalallahu alaihi wassalam melakukan perjalanan Isra’ Mi’raj.

Pada saat itu, para malaikat menyambut kedatangan Nabi di langit, dengan Jibril sebagai pendamping di samping Nabi shalallahu alaihi wassalam. Namun, tampak ada satu malaikat yang memiliki ekspresi wajah datar dan tidak menunjukkan senyum sedikit pun ketika Nabi datang.

Cerita malaikat yang nggak pernah tersenyum

Nabi Muhammad kemudian bertanya kepada Jibril, “Siapakah malaikat itu dan mengapa saya tidak pernah melihatnya tersenyum?”

Jibril menjawab, “Itu adalah Mikail. Ia telah berhenti tersenyum sejak saat neraka diciptakan dan diperlihatkan kepadanya.”

Kisah tersebut terdapat dalam hadis yang dicatat oleh Imam Ahmad dalam al-Musnad, dan para ulama memiliki berbagai pandangan tentang keabsahannya.

Beberapa ulama menyatakan hadits ini sebagai hasan, seperti yang disebutkan oleh al-Hafidz al-Iraqi (Takhrij Ihya, 4/181). Hadits ini juga diriwayatkan oleh al-Ajuri dalam as-Syariah (no. 932). Meskipun demikian, ada juga ulama yang menganggapnya dhaif, seperti pendapat Syuaib al-Arnauth.


Dalam agama Islam, malaikat adalah makhluk ciptaan Allah yang nggak terlihat oleh mata manusia. Mereka memiliki beragam tugas yang mereka jalankan atas perintah Allah. Ada banyak malaikat yang mencurahkan diri untuk melaksanakan berbagai tugas di alam semesta ini.

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media Infokost sini!

Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare